Teknik Optimalisasi SEO untuk Blog Baru

Teknik Optimalisasi SEO untuk Blog Baru
Teknik Optimalisasi SEO untuk Blog Baru adalah artikel lanjutan dari beberapa artikel sebelumnya. Sehingga ada baiknya sahabat mereview atau membaca kembali agar mendapatkan penjelasan yang runtut. Silakan simak Alexa Rank Meluncur Drastis dalam 21 Hari, kemudian Optimalisasi SEO untuk Blog Baru dan Teknik SEO buat Blog Baru.

Jika sebelumnya telah dibahas bagaimana langkah selanjutnya setelah blog selesai dibuat, yakni dengan cara mendaftarkan blog ke google webmaster tools, dilanjutkan dengan mensubmit sitemap dan URL konten blog. Maka bahasan kali ini masih melanjutkan seputar optimalisasi SEO untuk blog baru. Berikut uraiannya.

Teknik optimalisasi SEO untuk blog baru

Submit blog ke bing webmaster

Selain google search, blog juga butuh untuk diindex ke search engine lainnya. Dan salah satu mesin pencari terbesar selain google adalah bing. Jutaan pengguna bing terafiliasi dengan pengguna Mac. Sehingga sangat ampuh untuk mendapatkan calon visitor. Selain itu, bing juga merupakan satu-satunya search engine dengan pagerank paling tinggi dibanding lainnya.
Artikel terkait Keunggulan Bing dan Cara Mendaftarkan Blog di Bing Webmaster.

Buat properti ke google analytics

Google analytics merupakan salah satu fitur produk dari google. Layaknya google webmaster tools, dalam google analytics ini juga menyediakan tools seputar statistik blog. Statistik yang diperoleh adalah tentang jumlah visitor, pageviews, sessions, dan lain-lain. Statistik yang terdapat pada google analytics lebih lengkap dibandingkan statistik default dari blogger maupun statistik pada webmaster tools.

Fungsi mendaftarkan blog ke google analytics adalah selain terdaftar menjadi propertinya, juga mendapatkan analisa yang baik untuk perkembangan blog. Analisa yang didapatkan akan menjadi parameter dan tolok ukur bagaimana agar blog lebih baik dari waktu ke waktu.
Artikel terkait Cara Daftar dan Memasang Kode Google Analytics di Blog.

Klaim blog di Alexa

Tidak diragukan lagi tentang reputasi Alexa di dunia website. Bukan rahasia lagi jika peringkat yang diberikan Alexa pada tiap website yang telah terklaim di dalamnya menjadi parameter kabaikan website itu sendiri. Web atau blog dengan peringkat Alexa tinggi, berarti blog tersebut telah mendapatkan perhatian visitor dengan time spend page views serta bounce rate nya di atas rata-rata.

Selain itu, peringkat Alexa juga menjadi tolok ukur penilaian dan biaya advertising di dalamnya. Makin baik rangkingnya, makin tinggi pula harga tiap klik iklan didalamnya. Maka wajar, blog yang memiliki ranking baik, peluang memonetisasi blog tersebut akan makin besar.

Maka, gunakan kesempatan baik ini untuk memperkecil rangking Alexa dengan cara mengklaim blog ke Alexa tersebut. Cara klaimnya, silakan simak Perkecil Rangking Blog dengan Cara Klaim di Alexa.

Setelah itu, pasanglah widget Alexa di blog untuk memancing sekaligus mempercepat rangking di Alexa tersebut. Untuk caranya, silakan simak Cara Membuat Widget Alexa Rank pada Blog.

Submit blog ke web direktori

Selain cara-cara di atas, blog juga butuh untuk diindex oleh web directory. Web directory ini berisi kumpulan situs dan blog dalam berbagai niche dan tema. Adapun fungsinya adalah memudahkan visitor untuk mendapatkan informasi dalam satu tempat. Dengan harapan, blog yang kita daftarkan ke web direktori ini akan ikut mendapatkan visitor yang menjadi subscriber web direktori ini. Sehingga, pemilihan web direktori juga harus diperhatikan. Sebaiknya hanya mendaftarkan blog ke web direktori yang bereputasi baik dan berpage rank tinggi.
Artikel rekomendasi Daftar Web Direktori High PR untuk Mempercepat Index di Search Engine.

Rajin berkomentar di blog commentluv

Blog walking, demikian istilan bagi blogger yang berinteraksi dengan blogger lainnya melalui komentar. Blog walking sangat dianjurkan bagi blogger baru. Tujuannya adalah untuk mendapatkan tautan atau link balik atau biasa disebut backlink dari blog tersebut. Maka, agar mendapatkan backlink yang baik, rajinlah berkomentar pada blog yang berpage rank tinggi.

Untuk menyamarkan link yang disisipkan, sebaiknya gunakan anchor text. Apa itu anchor text? Silakan simak Cara Membuat Komentar Anchor Text yang SEO Friendly. Sedangkan jika blog tersebut tidak memperbolehkan link aktif, maka gunakan cara open ID. Apa open ID dan bagaimana cara membuatnya? Silakan simak Cara Mengaktifkan Open ID untuk Komentar Backlink.

Demikian trik lanjutan seputar optimalisasi SEO buat blog baru. Untuk trik dan teknik lainnya, akan diulas pada kesempatan mendatang, insya Alloh. Semoga bermanfaat.

I am not mastah or newbie, but I am a Blogger.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

8 comments

comments
Dec 3, 2015, 1:19:00 AM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
Jan 2, 2016, 3:49:00 PM delete

Ane udah praktekin semua gan :D

Reply
avatar
Jan 13, 2016, 12:15:00 PM delete

Wah ya ini nih artikel yang aneh cari-cari... thanks ya gan... sangat bermanfaat..

adminkumat

Reply
avatar
Jan 21, 2016, 1:55:00 AM delete

semoga ada hasilnya gan. dan tetap bersabar dan terus berkarya meski terkadang hasil belum sesuai yang diharapkan. :)

Reply
avatar
Jan 21, 2016, 1:57:00 AM delete

ya gan, silakan akses semua info yang ada. semoga sukses.

Reply
avatar
Jan 28, 2016, 5:06:00 AM delete

maaf sob, silakan berkomentar yang relevan. jika memang ingin iklan, silakan hubungi admin blog ini melalui form contact us.

Reply
avatar

Setiap komentar yang masuk akan dimoderasi. So, waspadalah.