Teknik SEO buat Blog Baru

teknik optimalisasi seo buat blog baru
Teknik SEO buat Blog Baru, Ada sebuah pertanyaan menarik. Setelah saya buat blog baru, dan buat postingan serta mendesain tampilan blog, lalu apa lagi yang harus saya lakukan? Atau pertanyaan serupa yang intinya adalah seputar perlakuan atau pengelolaan lanjutan setelah blog baru selesai dibuat.

Perlu dipahami, bahwa pertanyaan semacam itu bukan hanya dihinggapi oleh para admin blogger pemula, seperti saya, akan tetapi ternyata para master blogger pun juga merasakan hal serupa. Bedanya, mereka telah siap dengan teknik yang akan dilakukan setelah membuat postingan baru di blog mereka. Optimasi SEO blog bagi mereka tetap dilakukan meski blognya telah baik di mata search engine. Hal ini mereka lakukan agar blog mereka tidak down goole search akibat persaingan yang ada.

Parameter blog baru

Tahap awal bagi blogger pemula adalah bukan pada persaingan di search engine result. Saya yakin, blog baru akan kesulitan bersaing dengan blog yang sudah lebih dulu dikelola oleh blogger lainnya. Paling tidak, ketika kita menulis alamat URL blog kita di kotak search, dan blog kita sudah ada di sana, maka itu 'sementara' sudah cukup. Meski tataran dan tingkat kepuasan masing-masing pribadi berbeda-beda.

Untuk itu, kembali lagi, bahwa optimalisasi blog bagi blog baru adalah hal wajib yang meski dilakukan. Semakin baik pengelolaan blog, maka tidak mustahil jika blog sahabat yang masih barupun bisa cepat beradaptasi dengan google search dan ikut menjadi pesaing bagi blog yang sudah ada. Mari kita simak, teknik optimalisasi SEO apa saja yang harus dilakukan untuk meningkatkan kualitas blog kita di mata search engine. Teknik-teknik ini merupakan lanjutan dari postingan saya sebelumnya, yaitu Alexa Rank Meluncur Drastis dalam 21 Hari dan Optimalisasi SEO untuk Blog Baru.

Teknik SEO buat blog baru


Daftarkan blog ke webmaster tools

Blog yang telah jadi, langsung saja didaftarkan ke google webmaster tools. Tujuannya adalah, agar blog kita telah terindex oleh google. Proses dan tahap mendaftarkan blog ke google webmaster tools bisa sahabat simak dalam artikel Cara Agar Blog Cepat Terindex Google. Selain itu, daftarkan pula blog tersebut ke Bing webmaster. Sebab search engine dari Bing ini sangat banyak peminatnya dan juga memiliki pengaruh dalam mempercepat blog terindex. Silakan simak Keunggulan Bing dan Cara Mendaftarkan Blog di Bing Webmaster.

Submit sitemap blog

Setelah blog didaftarkan ke google webmaster tools, langkah selanjutnya adalah mendaftarkan sitemap blog. Tujuannya adalah agar semua link atau tautan yang terdapat dalam blog ikut terdaftar dalam index google. Sedangkan mengenai cara membuat dan mendaftarkannya, silakan sahabat simak artikel Cara Membuat Sitemap dan Mendaftarkan di Webmaster Tools.

Submit konten blog

Blog yang telah didaftarkan belum memiliki kekuatan pendukung guna mempercepat semua konten terindex google. Maka diperlukan cara untuk mempercepatnya. Dan teknik yang bisa dilakukan adalah dengan mensubmit postingan ke google webmaster tools. Cara ini adalah lanjutan dari submit sitemap pada poin di atas. Tahapan yang perlu dilakukan silakan simak Agar Konten Blog Cepat Terindex Google.

Buat postingan minim satu dalam sehari

Makin banyak postingan yang dibuat dalam rentang waktu sehari, hasilnya akan lebih baik. Namun saya sarankan, agar sementara maksimal 5 postingan dulu dalam sehari agar tidak menimbulkan kecurigaan bagi google. Sebab blog kita termasuk masih baru.

Untuk waktu dan kapan postingan dipublikasikan, tidak ada parameter tertentu. Silakan membuat jadwal sendiri untuk waktu publikasi postingan tersebut.

Adapun maksud pembuatan postingan baru adalah membrikan perhatian bagi google akan blog yang senantiasa terus update. Sebab googlebot, mesin perayap google, lebih menyukai blog yang sering diupdate melalui postingan. Karena, keyword yang ada tentunya akan lebih gemuk.

Buat artikel original

Berkali-kali para master memberikan garis bawah akan pentingnya artikel yang original, bukan copy paste dari artikel yang lain. Apalagi kini algoritma google lebih menyukai kualitas artikel yang original. Konten yang original, secara logika akan membentuk kode-kode unik dalam mesin pencarian. Kode-kode unik tersebut berbeda dengan kode unik dari blog yang semisal.

Untuk kedua poin di atas, sahabat bisa mengoptimalkan artikel seperti pada 10 Optimalisasi SEO Agar Artikel Lebih SEO Friendly. Kemudian untuk artikel yang disertai gambar, silakan simak 7 Cara Optimalisasi Image Agar Lebih SEO Freindly.

Saya cukupkan ini dulu sementara. Untuk teknik SEO blog selanjutnya, silakan simak artikel Teknik Optimalisasi SEO untuk Blog Baru. Semoga masih diberi kesempatan untuk berbagi. Terima kasih atas atensinya dan semoga bermanfaat.

I am not mastah or newbie, but I am a Blogger.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Setiap komentar yang masuk akan dimoderasi. So, waspadalah.