Cara Membuat Widget Alexa Rank pada Blog

Bagi admin blog, nama Alexa bukanlah nama yang asing lagi. Bahkan sebagian blogger menganggap, bahwa pengetahuan tentang alexa mutlak diperlukan guna memahami posisi blog yang dikelolanya dalam search engine. Mereka berlomba-lomba bagaimana caranya agar blog miliknya mendapatkan alexa rank yang paling kecil. Sebab, semakin kecil konfigurasi angka pada alexa rank tersebut, itu menunjukkan kualitas yang semakin baik bagi sebuah blog. Baca Perkecil Rangking Blog dengan Cara Klaim di AlexaLalu apa sebenarnya alexa rank itu dan bagaimana cara mengetahui alexa rank blog milik kita? Berikut paparan singkatnya.

Definisi Alexa Rank

Secara garis besar, alexa rank adalah sebuah rangking atau peringkat yang dibuat oleh alexa berdasarkan jumlah trafik atau kunjungan pada sebuah situs atau blog. Tetapi seiring berjalannya waktu, ada sedikit tambahan bahwa jumlah yang mengunjungi situs atau blog tersebut harus sudah memasang toolbar alexa pada browsernya. Meski definisi tambahan seperti ini ada pula yang menyangkalnya. Yang jelas, inti pengertian alexa rank adalah nominal jumlah trafik yang tersemat dalam sebuah situs atau blog.

Cara membuat widget Alexa Rank

Bagaimana mengetahui alexa rank sebuah situs atau blog itu? Ada dua diantara beragam cara yang ada.

Pertama, menggunakan alexa toolbar pada browser yang kita gunakan. Caranya silakan unduh aplikasinya pada tautan berikut.
Install hasil unduhan, kemudian jalankan toolbar tersebut. Maka di sana akan nampak detail tentang ranking sebuah blog atau situs yang dibuka.
Artikel rekomendasi Traffik Blog Melimpah dengan System Traffic Exchange.
Kedua, dengan memasang widget alexa rank pada situs atau blog. Namun cara ini hanya bisa dilakukan oleh admin. Cara membuat widgetnya adalah melalui tahapan berikut.

1. Masuk ke akun blogger. Menuju ke layout dan pilih Add a new gadget. Klik HTML/Javascript. Lalu copy paste kode berikut :
<a href="http://www.alexa.com/siteinfo/URL-BLOG.com"><script type="text/javascript" src="http://xslt.alexa.com/site_stats/js/t/a?url=URL-BLOG.com"></script></a>
2. Ganti URL-BLOG.com dengan Blog sahabat. Hasilnya akan tampak pada gambar ini.
Cara Membuat Widget Alexa Rank pada Blog
3. Gambar di atas adalah untuk contoh widget tanpa links in. Untuk widget yang menampilkan links in blog adalah menggunakan kode berikut :
<a href="http://www.alexa.com/siteinfo/URL-BLOG.com"><script type="text/javascript" src="http://xslt.alexa.com/site_stats/js/s/a?url=URL-BLOG.com"></script></a>
Hasilnya akan tampak sebagai berikut.
Cara Membuat Widget Alexa Rank pada Blog
Catatan: Kedua kode di atas tidak berlaku bagi blog yang menggunakan HTTPS. Selengkapnya mengenai blog HTTPS, silakan baca ARTIKEL INI.

Demikian ulasan seputar alexa dan cara membuat alexa rank pada blog. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

I am not mastah or newbie, but I am a Blogger.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Setiap komentar yang masuk akan dimoderasi. So, waspadalah.