7 Langkah Mendapatkan Backlink Berkualitas dari Link Exchange

7 Langkah Mendapatkan Backlink Berkualitas dari Link Exchange
Link exchange atau biasa disebut sebagai tukar link bukanlah istilah baru bagi dunia blogging. Bahkan hadirnya istilah ini beriringan dengan munculnya link itu sendiri. Dan link didapatkan dari sebuah situs atau blog. Sehingga, awal mula blogging, berarti pula awal mula link exchange.

Program pertukaran link ini memiliki tempat yang tidak bisa dianggap enteng oleh admin blogger. Mengingat manfaat yang didapatkannya juga sangat baik bagi perkembangan blog itu sendiri. Baik dari segi index page google, jumlah trafik, hingga sebagai ajang komunikasi sesama blogger. 


Manfaat link exchange

Berikut beberapa manfaat yang didapatkan melalui program link exchange ini.
1. Meningkatkan index pencarian google.
2. Meningkatkan trafik pengunjung.
3. Meningkatkan posisi page rank.
4. Menjalin komunikasi antar sesama blogger.
5. Mendapatkan backlink berkualitas.

Saya yakin, minimal 3 dari 5 manfaat di atas sudah membuat para admin makin bersemangat untuk menjalankan program ini. Apalagi manfaat kelima. Sebab, memiliki backlink berkualitas menjadi syarat pokok kekuatan blog di mata google. Lalu bagaimana langkah-langkah mendapatkan link exchange dari situs berkualitas yang kita inginkan? Berikut strategi yang bisa dicoba.
Artikel terkait Manfaat Tukar Link untuk Menaikkan Trafik Blog.


7 langkah mendapatkan backlink berkualitas dari link exchange

1. Cari partner link yang potensial

Usahakan mendapatkan partner yang baik, kuat dan berkualitas. Caranya adalah searching google. Lalu gunakan tools untuk mengetahui informasinya. Usahakan hanya mencari yang berpage rank tinggi dan alexa ramping. Juga melihat isi konten dalam arsip situs untuk mengetahui kualitas konten dan niche yang dipakai.

2. Taruh linknya ke dalam blog

Jika situs sudah didapatkan, catat linknya, lalu taruh link tersebut ke dalam blog kita. Link yang dibuat bisa berupa link aktif biasa maupun link yang berupa anchor text. Namun lebih baik memakai link aktif yang biasa saja, yakni yang memuat alamat URL lengkap. Ini berguna untuk langkah selanjutnya.

3. Dapatkan kontak detailnya

Setelah menaruh link ke dalam blog, langkah selanjutnya adalah mencari informasi kontak pengelola admin tersebut. Kontak yang diperlukan adalah alamat email, akun media sosial, dan bagus lagi bila bisa mendapatkan kontak nomor ponsel.
Artikel terkait Cara Membuat Link di Blog untuk Mengaitkan Antar Halaman dan Postingan.

4. Hubungi admin partner

Setelah link aktif diletakkan di dalam blog, langkah berikutnya adalah menghubungi admin melalui kontak yang didapatkan. Sampaikan dengan bahasa yang sopan, bahwa link dari situsnya telah diletakkan di dalam blog. Lalu sertakan alamat URL blog yang memuat link calon partner tersebut.

Lebih bijak lagi, sebelum menghubungi, usahakan mengetahui nama admin calon partner tersebut. Hal ini untuk memberikan penghormatan. Sebab biasanya seseorang akan lebih merasa terhormat bila dipanggil dengan nama lengkapnya.

Lalu jelaskan seputar blog kita. Kontennya berisi apa. Lalu sampaikan pula mengapa sahabat lebih memilih situsnya untuk dijadikan partner link exchange. Tentunya dibumbui dengan sanjungan akan pentingnya situs milik calon partner tersebut.

5. Kirim reminder

Setelah komunikasi dilakukan, buat inteval tempo beberapa hari, misal 14 hari untuk mengetahui respon dari calon partner. Dan jika selama tempo tersebut belum ada tanda-tanda respon darinya, kirim kembali pesan pengingat. Tujuannya untuk mengingatkan kembali akan komunikasi sebelumnya tentang program link exchange ini. Tetap menggunakan kata-kata yang sopan, dan hindari penggunaan kata-kata paksaan.
Artikel terkait Cara Membuat Semua Eksternal Link di Blog Terbuka pada New Tab Window.

6. Buat daftar calon partner

Tulis semua situs calon partner yang telah dihubungi dan link-linknya juga sudah tersemat di dalam blog. Pisahkan mana yang menerima, mana yang menolak dan mana yang tidak merespon.

Hapus link calon partner yang menolak untuk dijadikan partner. Demikian pula link calon partner yang tidak merespon. Buat daftar tersendiri, lalu save dalam drive.

Untuk situs yang menerima, pelihara link yang telah tersemat di dalam blog. Tidak lupa pula sampaikan ucapan terima kasih karena telah mengizinkan ikut menjadi partner link exchange dengannya. Kemudian sampaikan pula sebuah opsi seputar link yang ada. Apakah tetap dalam bentuk link aktif biasa atau berupa anchor text.

7. Cek link secara berkala

Semua link blog kita yang telah tertanam di dalam situs partner hendaklah dicek secara berkala. Bisa seminggu sekali, atau sebulan dua kali. Pastikan link blog kita masih aktif tertanam di dalam situs partner tersebut. Namun jika kedapatan link blog kita sudah tidak ada lagi tanpa pemberitahuan untuk kita, maka lakukan reminder ulang. Sampaikan perihal link blog yang tidak ada. Apakah link tersebut broken, error atau memang sengaja dihapus. Lalu gunakan kembali kalimat yang baik untuk membujuk situs partner memunculkan kembali link blog milik kita.

Namun jika reminder tidak ditanggapi, saran yang paling tegas dan lugas adalah menghapus link partner tersebut.
Artikel pilihan Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas dari Google Plus.
Demikian tujuh langkah guna mendapatkan backlink berkualitas dari link exchange. Bagi pemula, memang agak sulit untuk diterapkan. Sebab calon partner tentu akan berfikir dua kali jika harus menyematkan link untuknya. Tetapi, kegigihan dan proses yang bijaksana lebih baik dari hanya sekedar bertukar link. Ada sisi komunikasi yang pasti diminati oleh admin situs yang memahami arti silaturahim.

Don't stop and increase yourself..

I am not mastah or newbie, but I am a Blogger.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

comments
Feb 7, 2016, 9:21:00 PM delete

silakan simak artikel ini sob Link Exchange. Lalu ikuti aturannya.

Reply
avatar

Setiap komentar yang masuk akan dimoderasi. So, waspadalah.