Cara Cerdas Menghidupkan Kembali Postingan Lama


Cara Cerdas Menghidupkan Kembali Postingan Lama
Setiap membuat postingan baru, maka berarti postingan  sebelumnya akan tertumpuk di bawahnya. Demikian seterusnya hingga benar-benar sebuah postingan lama akan ditumpuki pundi-pundi gunung artikel yang dibuat setelahnya.

Perilaku pengunjung yang lebih memilih postingan update dan fresh membuat postingan lama makin terpendam. Mereka merasa bahwa postingan lama memuat informasi yang tidak terkini. Sehingga muncul kekhawatiran, bila mengikuti informasinya akan ikut ketinggalan zaman. Pada akhirnya, seakan-akan postingan lama tidak memiliki kualitas yang dibutuhkan.
Artikel terkait 10 Tips Agar Artikel Lebih SEO Friendly dan Disukai Google. 
Lalu bagaimana agar postingan lama masih bisa diakses oleh pengunjung dan memiliki kualitas yang baik serta tidak ketinggalan zaman? Ada beberapa hal yang bisa digunakan untuk menghidupkan kembali postingan lama tersebut. Berikut ulasannya.

Cara menghidupkan kembali postingan lama

Perbarui isi konten

Luangkan waktu untuk kembali membaca isi konten postingan lama di blog sahabat. Kemudian, garis bawahi setiap informasi yang sudah berubah. Misalnya tentang SEO. Jika dulu kualitas backlink dari jenis niche apapun memiliki pengaruh kuat, maka sesuai dengan algoritma google, hanya backlink dari link sejenis yang memiliki pengaruh kuat. Bisa pula dengan mengecek link yang ada di dalam postingan. Jika link tersebut broken atau sudah tidak aktif, ada baiknya dihapus atau diganti dengan link yang serupa dengan tema. Perbaruan semacam ini akan meningkatkan kredibilitas blog yang menampilkan informasi yang benar dan mengikuti perkembangan zaman.

Linking silang

Setiap membuat postingan baru, berilah ruang untuk menempatkan link yang mengarah ke postingan lama. Namun usahakan link tersebut sesuai dengan tema postingan. Sehingga, pengunjung akan mudah menemukan kembali postingan lama tanpa harus mencari-cari dalam navigasi blog. Dan tentunya metode linking seperti ini akan mengurangi bounce rate.
Artikel pilihan Strategi Efektif Meningkatkan Internal Linking Blog.

Share ke media sosial

Tidak ada salahnya membagikan kembali postingan lama ke akun media sosial, seperti facebook, twitter, google plus dan lain-lain. Selain trafik bertambah, metode ini juga cukup efektif untuk menghilangkan kejenuhan admin saat tidak mendapatkan bahan atau ide guna membuat postingan baru.


Gunakan related posts

Fitur related posts sangat efektif untuk memunculkan link postingan lainnya yang satu tema atau satu tags kategori. Sehingga, postingan lama yang berkategori yang sama dengan postingan baru, akan muncul kembali. Memudahkan pengunjung untuk kembali mengaksesnya.


Optimalisasi SEO postingan lama

Postingan yang lama biasanya belum memiliki kualitas SEO yang mumpuni. Hal ini dimungkinkan karena biasanya saat awal-awal pertama kali membuat postingan belum memahami benar bagaimana cara optimalisasi SEO blog. Maka, kini postingan lama bisa kembali direfresh dengan sentuhan SEO on page yang lebih kuat. Sehingga akan kembali mampu bersaing dengan postingan baru secara kompetitif.
Artikel pilihan Daftar Seo Tools Gratis Terbaik untuk Optimalisasi Blog.

Gunakan link subscriber

Usahakan di dalam blog telah memiliki widget atau fitur untuk mendapatkan pelanggan dari pembaca. Melalui fitur inilah bisa dimanfaatkan untuk kembali mengirim ulang postingan lama ke sejumlah pelanggan melalui email. Dengan demikian, postingan lama kembali bisa diakses.

Demikian ulasan untuk menghidupkan kembali postingan lama. Saya yakin sahabat memiliki cara cerdas lainnya yang bisa diterapkan. Silakan ikut menambahkannya dalam kolom komentar.

8 comments