Optimalisasi SEO untuk Blog Baru


optimalisasi seo untuk blog baru
Artikel dan postingan blog boleh banyak. Setiap hari sudah rutin membuatnya, bahkan hingga 5 postingan setiap hari. Lalu mengapa blog saya masih adem-adem saja? Visitor tidak tambah. Statistik tidak pernah beranjak naik. Ditambah lagi setiap kali memasukkan keyword atau kata di kotak pencarian google, nama dan URL blog kita tidak muncul. Jangankan di halaman pertama, sampai halaman ke-5 saja masih belum nampak. Padahal kata kunci yang dimasukkan hampir mirip dengan judulnya. Ada apa ini? Apakah memang blog saya tidak bagus? Tidak SEO friendly? Atau yang lainnya?

Pertanyaan-pertanyaan di atas mungkin pernah menghinggapi sebagian admin blogger. Saat itu, seakan semua jerih payahnya dalam membuat blog tidak ada hasilnya. Waktu, tenaga dan pikiran telah terkuras untuk mendesain blog agar menarik. Template, widget dan menu navigasi sepertinya sudah komplit dan terlihat menarik. Belum lagi susah payah membuat postingan dengan konten original tanpa copy paste sedikit pun. Namun setelah melihat hasilnya, dahi berkerut, kemudian semangat mulai terkikis dan akhirnya menghilang.

Don't panic

Hal yang demikian ini sebenarnya bukanlah masalah yang terlalu dipusingkan. Bagi blogger pemula, adalah wajar bila belum ada hasil apapun yang dinikmati. Jangankan yang baru mengenal blog dan baru membuat satu blog saja, para master pun tidak berbeda. Mereka juga mengalami hal yang sama. URl error, template dan widget tiba-tiba menghilang, image thumbnail tidak muncul di homepage, kesalahan memformat robot txt, banyaknya broken link, bahkan berkali-kali harus berurusan dengan banned dari google dan sebagainya. Jika dilihat tingkat kesalahannya, justru tingkat kesulitan yang dialami oleh para master itu lebih rumit. Hanya satu perbedaanya, bahwa cara mengatasi para master blogger lebih elegan dan on target.

Ini artinya, blogger pemula harus menyadari sepenuhnya, bahwa memang blog yang ia buat belumlah apa-apa di mata search engine. Justru harus rela bersabar dan memahami situasi yang ada. Diam sejenak, lalu lihat baik-baik blog yang dibuat, dan perhatikan secara seksama. Layakkah blog itu muncul dan mendapatkan respon yang baik dari visitor?

Yes or No?

Jika kita para blogger yang notabene masih pemula, ada baiknya menyimak beberapa pertanyaan balik seputar blog kita. Kemudian jawab satu persatu pertanyaan yang ada. Apabila 50% jawabannya adalah Tidak atau Salah, maka kita layak untuk komplain ke google, jika sekiranya itu bisa terjadi. Apa saja pertanyaan balik tersebut? Silakan simak baik-baik dan jawablah dengan jujur apa adanya.

1. Umur blogmu di bawah 6 bulan sejak pertama kali membuat postingan?
2. Tidak membuat sitemap dan disubmit ke webmaster tools google dan bing?
3. Tidak mendaftarkan property blog di google analytics?
4. Tidak mensubmit URL blog ke google bookmark?
5. Tidak mensubmit semua link ke Fetch as Google?
6. Tidak klaim URL blog di Alexa?
7. Tidak menyusun meta tags dan search description?

Dari 7 pertanyaan di atas, berapa jawaban Tidak atau Salah pada setiap pertanyaan itu? Saya tidak bisa memastikan bahwa jawabannya adalah 50% ke atas adalah Tidak atau Salah. Namun saya yakin bahwa prosentasenya masih di bawah itu.

Optimalisasi SEO blog

Satu hal yang bisa kita ambil kesimpulan adalah, sudah layakkah blog kita hadir di mesin pencari google jika memang belum bisa memaksimalkan teknik pengoptimalan SEO blog?

Selanjutnya akan kita bahas, apa pengaruh SEO bagi blog kita dan apa saja teknik pengoptimalisasian SEO blog itu. Stay tuned..

1 comments: