Tips Terbaik Membuat Blog bagi Pemula : Advice para Master


Tips Terbaik Membuat Blog bagi Pemula
Seseorang dianggap sebagai pemula bila ia baru masuk awal menjadi bagian tertentu. Seorang pemula pasti sangat membutuhkan dukungan dan bimbingan untuk mengikuti bidang baru yang ia jalani. Begitu juga halnya dengan blogger. Seorang blogger pemula pasti masih memiliki segudang pertanyaan guna membuat sebuah blog yang baik. Kemudian bertanya pada teman, kawan, atau kolega yang pernah membuat blog. Juga intensitas searching google tentang membuat blog pun makin besar.

Namun demikian, seorang yang telah sukses dalam blogging pun juga seharusnya tetap terus belajar. Belajar bagaimana meningkatkan perkembangan blognya hingga belajar bagaimana blog yang telah ia kelola mampu memberi manfaat tidak hanya pada dirinya sendiri, tapi juga bermanfaat untuk orang lain.

Tips Terbaik Membuat Blog bagi Pemula

Nah, kesempatan kali ini penulis akan membagikan kepada siapapun sahabat yang masih ingin belajar membuat blog. Bukan berarti saya yang paling pandai, tidak, tidak sama sekali. Masih jauh rasanya. Hanya tuntutan menularkan ilmulah yang membuat penulis ingin membagikannya. Dan tips-tips ini saya kumpulkan dari kesimpulan para master blogger. Berikut beberapa tipsnya.

Tulislah apa yang sahabat sukai

Hasil tulisan orang yang paham dalam bidangnya akan terlihat lebih dalam dan detail. Berbeda dengan blogger yang memaksakan dirinya membuat tulisan yang tidak ia pahami. Mulailah menyukai sesuatu yang kini sahabat pahami. Lalu tularkanlah dalam bentuk tulisan. Misalnya sahabat paham tentang salon mobil, namun karena alasan tertentu, sahabat tidak menyukai bidang itu lagi. Maka, mulai sekarang sukailah bidang salon mobil itu. Lalu terapkan apa-apa yang sahabat pahami tentang salon mobil dalam sebuah tulisan. Tulis dalam sebuah blog. Gunakan judul yang menarik, misalnya, Seputar Modif dan Salon Mobil.

Bedalah dengan yang sudah ada

Jika bidang yang sahabat pahami ternyata sudah banyak yang share di blog, maka carilah celah-celah informasi yang sekiranya belum ada. Atau jikapun ternyata telah ada dan menggunakan tema yang sama, maka gunakanlah judul, deskripsi dan artikel dengan kata-kata yang lebih detail dan spesifik. Blog jenis ini pasti akan banyak menyerap pembaca dibanding blog yang monoton dan global dalam menyajikannya.
Artikel pilihan 14 Ide Judul Postingan Menarik yang Bisa Anda Gunakan Sekarang.

Tulislah seperti saat bicara

Maksudnya adalah, menulis yang isinya bisa dua arah. Seperti orang ngobrol. Atau tulisan yang isinya mengajak pembaca untuk ikut bicara. Paling tidak, pembaca blog mempunyai pertanyaan-pertanyaan yang akhirnya terjawab pada artikel blog yang ia baca.

Intinya adalah pada isi yang bagus

Calon pembaca akan lebih tertarik membaca artikel yang menarik. Isinya diuraikan dengan terstruktur dan spesifik. Serta mampu memberkan jawaban atas persoalan yang sedang ia cari.

Gunakan gambar yang menarik

Pada blog, keberadaan gambar memang bukan menjadi fokus utama, kecuali pada blog share image dan semisalnya. Namun, adanya gambar akan membuat judul makin hidup. Bahkan bila sahabat pandai dalam membuat gambar, maka gunakanlah gambar tersebut untuk mengarahkan tema dan judul artikel.
Referensi pilihan Jadilah Komentator yang Baik.

Lakukan yang terbaik

Aktifitas dan pekerjaan apapun bila dikerjakan dengan setengah-tengah, maka hasilnya pun tidak maksimal. Demikian halnya blogger. Buatlah sebuah blog secara maksimal dan sesempurna mungkin.

Jalin pertemanan

Tidak bisa tidak, bahwa kesuksesan seseorang itu tidak bisa didapatkan tanpa bantuan orang lain. Menjadi seorang blogger meski memiliki hubungan baik dengan orang lain. Blog yang berhasil dibuat akan mudah dikunjungi dengan bantuan sharing dari teman-teman. Dengan demikian, sedikit demi sedikit blog sahabat akan dikunjungi visitor.
Wajib baca 15 Alasan Mengapa Anda Gagal Mengelola Blog.
Saya cukupkan dulu ulasan mengenai tips membuat blog bagi pemula. Saya yakin, masih banyak lagi tips lain yang bisa dicoba.

Demikian, semoga bermanfaat dan keep spirit.

3 comments