Saturday, December 19, 2015

14 Ide Judul Postingan Menarik yang Bisa Anda Gunakan Sekarang

judul postingan yang menghasilkan ide tulisan
Bagi blogger, aktifitas menulis sudah menjadi bagian dari periode masa hidupnya. Tujuan mulia untuk berbagi ilmu dengan sesama menjadi pelecut semangat untuk terus berkarya lewat tulisan. Apalagi ada dukungan tambahan penghasilan dari aktifitas mengelola blog tersebut.

Namun, tidak jarang seorang blogger 'mati gaya' di depan layar monitar gara-gara kehilangan ide untuk dituangkan ke dalam tulisan. Tangan sudah siap-siap di atas papan keyboard, tetapi tak ada lintasan kata-kata apapun yang hadir di pikiran. Akhirnya, menurunkan kembali jemari tangan dari atas papan keyboard, lalu mengarahkan mouse ke menu Shutdown. Komputer mati, dan selesai. Dan gagal membuat tulisan.

Atau bisa pula terjadi, seorang blogger sudah memiliki banyak ide dan rangkaian kata-kata yang akan dituangkan ke dalam tulisan, namun ada satu yang jadi penghalang. Yakni sulitnya membuat rangkaian judul yang menarik. Berkali-kali menulis, lalu dihapus. Tulis lagi, kemudian dihapus lagi. Tampak ragu dengan judul yang ia buat.
Artikel terkait Cara Mudah Merubah Judul dan Deskripsi Blog.
Apakah sahabat pernah merasakan situasi seperti di atas? Jika demikian, mari kita sama-sama sharing tentang bagaimana membuat rangkaian judul yang menarik. Kenapa judul? Dan bukan isi artikel? Sebab judul adalah ide awal paling efektif untuk membuat artikel. Lalu seperti apa rangkaian judul yang menarik itu? Berikut beberapa contoh rangkaian kalimat untuk membuat judul yang menarik.
 

Ide judul postingan menarik yang menghasilkan ide tulisan

1. Panduan Pemula Untuk ...

Jika sahabat kehabisan ide, gunakan judul di atas untuk merefresh kembali kemampuan yang sahabat miliki. Sahabat bisa membuat robot, pandai utak-atik origami, bisa service laptop atau handphone dan sebagainya, maka tuangkan segera dalam bentuk tulisan. Saya yakin, tidak perlu lagi mencari referensi keterampilan itu, sebab sahabat telah menguasainya.

2. Cara Membuat ...

Hampir mirip dengan poin di atas. Judul ini tidak memerlukan tambahan informasi yang lengkap, sebab semua telah dikuasai sebelumnya.

3. (5) Tips dan Trik Untuk ...

Judul sederhana namun mudah diingat. Judul yang sangat cocok bagi sahabat yang sering memberikan nasihat atau konsultasi.

4. Panduan Lengkap dari A-Z ...

Judul ini memang membutuhkan dokumen yang lengkap guna menyesuaikan judulnya. Namun judul ini sangat mudah didapatkan meski sebelumnya tidak pernah terfikir untuk membuat artikel dengan judul tersebut.

5. Postingan Terbaik (Bulan) Ini ...

Sahabat tidak perlu repot-repot mencari ide baru. Judul ini sudah cukup dipakai untuk membuat postingan baru.

6. Pro dan Kontra Soal ...

Jika sahabat memiliki pendapat pribadi yang tidak bersesuaian dengan pendapat umum, maka judul di atas bisa digunakan untuk merespon balik sebagai tambahan informasi.

7. (Lima) Cara Untuk ...

Menggunakan range angka juga merupakan cara efektif untuk meletakkan kefokusan sebuah ide.

8. Apa yang Dikatakan Para Ahli Tentang ...

Jika sahabat kehabisan ide, judul ini adalah jawabannya. Sahabat tidak perlu lagi membuat rangkaian kata-kata, sebab semua telah ada dalam perkataan para ahli tersebut.

9. Aturan Tentang ...

Sahabat akan mudah menuangkan tulisan yang berkaitan dengan aturan tentang suatu hal yang sahabat pahami sebelumnya. Misal judul 'Aturan tentang Cara Pendaftaran CPNS yang Benar' akan terasa mudah disampaikan oleh pegawai balaikota. Dan contoh lainnya.

10. Hasil Interview dengan Pengusaha Sukses ...

Tidak perlu merangkai kalimat lagi, sebab semua telah disampaikan oleh si pengusaha tersebut. Bisa diganti dengan kalimat lain, misal Ahli, Profesor, Gubernur, Mantan Preman dan sebagainya.

11. Cara yang Salah dalam ...

Penguasaan sesuatu membuat seseorang mudah menganalisanya. Mudah pula mengatakan bahwa sesuatu itu salah. Sehingga tergelitik untuk membuat tulisan yang isinya meluruskan yang salah itu.

12. Cara Terpopuler Untuk ...

Tidak perlu repot-repot lagi membuat artikel semacam ini. Karena informasinya sudah ada dan jumlahnya banyak.

13. Benarkah ...?

Sahabat tidak perlu ikut menjawabnya. Hanya menuliskan realita dan fakta tentang sesuatu. Lebih mudah lagi jika itu adalah pengalaman pribadi.

14. Fakta Tentang ...

Tidak perlu repot-repot merangkai kata, sebab semua telah ada dalam berita. Tinggal menuliskan kembali dengan sedikit permak.
Rekomendasi artikel Tips Terbaik Membuat Blog bagi Pemula : Advice para Master.
Sementara saya cukupkan sekian dulu. Saya yakin masih banyak macam dan contoh lainnya yang juga tak kalah menarik dan mudah untuk diterapkan sebagai bahan membuat tulisan.

Demikian ulasan dari saya. Jika ada yang tidak tepat, silakan ikut meralat. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

1 comment:

Setiap komentar yang masuk akan dimoderasi. So, waspadalah.