Cara Memasang Playlist Video Youtube di Blog


Cara Memasang Playlist Video Youtube ke dalam BlogTidak dapat dipungkiri, bahwa salah satu situs berbagi video gratis yang paling populer seantero jagad adalah youtube. Jutaan video tersedia di dalamnya. Tidak hanya disimak secara gratis, namun kini pengembang youtube memperbolehkan penggunanya untuk mengunduh video dalam bentuk file dengan berbagai macam ukuran resolusi.

Di lain pihak, youtube juga menjadi ajang pengeruk dolar yang paling digemari. Banyak youtuber sukses dan kaya raya melalui akses upload video di youtube tersebut.

Nah, blog tutorial blogging kali ini tidak membicarakan detail bagaimana sukses dari pengelolaan video dari youtube, namun akan berbagi informasi yang tidak kalah pentingnya dalam hal sharing video dari youtube ini. Yakni bagaimana cara memasang playlist video ke dalam blog.

Sebelum menuju ke pokok pembicaraan, ada baiknya sahabat memahami apa playlist video tersebut. Playlist video bisa diartikan daftar putar video. Maksudnya adalah ada beberapa video yang disematkan dalam satu tempat untuk diputar secara bersambung secara berurutan hingga selesai. Berbeda dengan single video atau video tunggal yang hanya menampilkan satu video saja.

Baiklah mari kita lanjutkan untuk memahami bagaimana cara memasang playlist video youtube ke dalam blog. Berikut tahapan-tahapannya.

Cara Memasang Playlist Video Youtube ke dalam Blog

1. Masuk situs youtube.
2. Buka Creator Video milik sahabat. Ini hanya untuk sahabat yang sudah memiliki upload video pada akun youtube. Untuk yang belum memiliki, silakan cari playlist video yang ingin dipasang dengan mengetik kolom search.
3. Setelah didapatkan playlist videonya, scroll atau gulirkan ke bawah, kemudian klik Share.
4. Pilih Embed, lalu copy kode yang sudah tersedia di dalam kolom tersebut.
Cara Memasang Playlist Video Youtube ke dalam Blog

5. Masuk akun blogger, menuju ke Layout, kemudian Add New Gadget. Pilih HTMLJavascript.
6. Pastekan kode yang didapat tadi ke dalam kotak yang tersedia. Tulis judul pada bagian atas kolom. Lalu edit manual panjang dan lebar video agar sesuai dengan tampilan blog.
7. Dan selesai.
Kini sahabat telah berhasil memasang playlist video youtube ke dalam blog. Bagaimana mudah bukan.

Demikianlah pembahasan cara memasang playlist video youtube ke dalam blog. Semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan atau sekedar sharing informasi, silakan masukkan ke dalam kolom komentar.

1 comments: