20 Tips Esensial Guna Menjadi Blogger Sukses Pemilik Jutaan Visitor

Tutorial blogging - Dalam satu dekade terakhir, perkembangan dunia perbloggingan kian hari kian pesat. Banyak bermunculan blogger pemula yang mengisi ruang informasi online dalam berbagai tema komunikasi. Hal ini menjadi sebuah progresivitas tersendiri, mengingat perkembangan teknologi juga makin pesat.

Ada geliat rasa ingin berbagi yang terbungkus dalam blog. Selain pula sisi bisnis yang tak kalah mendapatkan banyak perhatian. Bahkan paradigma yang terjadi adalah blogging menjadi salah satu cara untuk kaya. Sehingga blogging sudah melewati batas dalam kehidupan sehari-hari. Bukan lagi sebuah hobi dan komunikasi, akan tetapi menjadi sebuah ladang bisnis yang sangat menguntungkan.

Terlepas benar tidaknya paradigma kaya lewat blogging itu, namun faktanya tidak sedikit pula para blogger berjatuhan di tengah jalan. Dan sedikit yang berhasil mengecap keberhasilan melalui blog.

Parameter visitor ?

Berbicara mengenai keberhasilan mengembangkan blog, semua tidak akan terlepas dari jumlah visitor atau pengunjung yang ikut menikmati informasi di dalamnya. Bahkan jumlah trafik visitor menjadi parameter atau tolok ukur kepopuleran sebuah blog. Hal terlihat dalam fakta bahwa banyak advertiser atau pengiklan lebih mengutamakan jumlah visitor dalam blog. Meski terdapat komponen lain yang menjadi pertimbangan, seperti posisi dalam google search dan sebagainya.

Tips Memulai Blogging yang Sukses

Baiklah sahabat, kali ini kita akan mencoba menelaah bersama soal bagaimana cara memulai menjadi blogger yang sukses memiliki jutaan visitor dalam blognya. 

1. Temukan nama domain yang bagus

Nama domain adalah pokok utama yang mencerminkan isi keseluruhan dalam blog. Tempatnya terletak pada bilah alamat situs web. Jika sahabat masih dalam platform blogger, maka akan menjadi subdomain. Misalnya www.bloging-gampang.blogspot.com.

Dalam kasus ini, penamaan domain blog sangat terkait isi di dalamnya. Seperti nama blog ini, yang lebih fokus dalam memberikan informasi sekaligus motivasi kepada pembaca akan gampangnya membuat blog. Artinya, membuat blog itu bukan perkara yang sulit. Sehingga, dari penamaan ini sudah memberikan imej positif bagi pengunjung.

2. Buat template semenarik mungkin

Bagi blog, template ibarat desain interior sebuah toko. Makin menarik, peluang mendapatkan pengunjung makin banyak. Sebab aktifitas membaca lebih banyak diperankan oleh mata yang mudah menikmati keindahan.

Dalam dunia blog, sudah demikian banyaknya model desain template tersedia, baik yang gratis hingga versi premium berbayar. Kedua model ini hanya sedikit berbeda pada sisi profesionalitas saja. Akan tetapi dari segi tampilan, tidak jauh beda, bahkan ada beberapa template gratis yang lebih menarik daripada versi premium.


Guna mengakomodir pemakaian teknologi ponsel atau smartphone, telah banyak dikembangkan desain tema template yang responsive pada mode mobile. Demikian halnya dengan meningkatnya kecepatan loading page.

3. Buat konten yang bernilai

Konten adalah raja. Sebab faktanya, ada nilai yang ingin diserap oleh pembaca. Pembaca lebih menginginkan isi dibanding tampilan dan nama blog. Mereka akan terpuaskan dengan informasi yang mereka inginkan semenjak membuka tab blog. 

Dalam tataran google serach, kualitas konten menempati urutan teratas dalam hasil pencarian. Sekarang tidak lagi mengacu pada robot yang mudah di’akali’. Akan tetapi kode rankbrain milik google menampatkan kapabilitas isi dan kekuatan konten blog.


Jadi, tulis artikel konten yang sahabat sukai atau yang sahabat kuasai, lalu berikan nilai di dalamnya, kemudian bagikan ke dunia.

4. Temukan topik yang kuat

Apapun yang sahabat tulis, tidak ada masalah jika sudah terdapat topik yang kuat yang diinginkan pembaca. Dua hal yang perlu ditekankan, yakni pertanyaan umum dalam dunia nyata dan solusinya.

Jika sahabat berhasil menemukan persoalan umum yang terjadi di tengah-tengah masyarakat, kemudian merangkai tulisan untuk memberikan solusi, maka akan mendapatkan peluang sukses dalam blogging.

5. Lakukan ekstra

20 Tips Esensial Guna Menjadi Blogger Sukses Pemilik Jutaan Visitor
Siapkan segala kemampuan sahabat untuk menulis konten yang lebih banyak dari blogger lainnya. Persiapkan riset yang mendalam pada setiap topik yang hendak ditulis. Cara terbaik untuk mendapatkan pengalaman pembaca terbaik adalah menghadirkan kulitas konten yang dalam. Sehingga membutuhkan tenaga guna mendapatkan sumber yang tepat.

Memang, panjangnya tulisan bukan parameter utama kualitas sebuah blog. Akan tetapi paling tidak, menjadi bukti akan kredibilitas penulis dalam mempersiapkannya. Lain dari pada itu, time loading page tiap artikel juga menjadi lama.

6. Sebarkan konten blog

Sebaik apapun konten yang sahabat buat, jika tidak diinformasikan ke khalayak, maka tidak akan mudah mendapatkan perhatian. Jangan sungkan untuk segera membagikan konten setelah terpublish. Agar pembaca online mengetahui keberadaan blog yang sahabat kelola. Terlebih lagi, bagi sahabat yang baru memulainya.


Eksistensi inilah yang perlu sahabat bangun mulai dari awal. Kepercayaan pembaca akan menghadirkan calon pembaca baru lainnya. Bisa pula menambah jumlah pelanggan blog atau subscriber yang setia menanti update postingan. Dan seterusnya, hingga kemudian visitor blog makin kian berlipat.

7. Kolektor email

Penyebaran hasil postingan blog akan mudah jika sahabat memiliki banyak daftar email dalam list kontak. Apalagi sahabat termasuk kolektor email. Manfaat besar yang bisa sahabat dapatkan dengan memiliki banyak kontak email adalah banyak terlibat dalam komentar, umpan balik, cerita pengalaman dan inspirasi baru bagi pembaca. Selain itu bisa dijadikan bahan informasi yang ingin dibagikan kembali oleh pembaca yang menyukainya. Khusus untuk blog bisnis atau produk, tentu saja akan meningkatkan nilai jual dan kuantitas pemasaran.

Cara mendapatkan email secara gratis dan tertarget adalah dengan menambahkan subscribe box pada side bar blog atau tepat di bawah postingan blog. Sekali lagi, soal kualitas dan kedalaman konten yang sangat berpengaruh pada banyaknya subscriber atau pelanggan. Untuk itu, perbaiki konten adalah yang utama guna menjaring pelanggan blog.

8. Siapkan profil blog di media sosial

20 Tips Esensial Guna Menjadi Blogger Sukses Pemilik Jutaan Visitor
Media sosial merupakan sarana yang tepat untuk membagikan konten. Maka buatlah profil tentang blog di facebook, twitter, instagram, linkedIn dan lainnya. Setiap postingan yang yang terpublish, langsung kirimkan melalui profil tersebut. Lalu libatkan diri dengan pembaca yang memberikan komentar. Cara ini sangat efektif guna mendongkrak trafik visitor blog. Apalagi jika konten dalam blog terbilang viral. Profil ini bisa berbentuk fanpage facebook, profil google plus dan sebagainya.

9. Loading blog makin penting

Kecepatan membuka tiap halaman blog menjadi sangat penting. Jangan sampai pembaca blog menekan tombol back hanya gara-gara loading page blog lambat. Bahkan pada kondisi ini, sangat berpengaruh pada hasil pencarian blog dalam google search.


Ada banyak cara untuk menghasilkan page blog yang cepat termuat. Diantaranya adalah pilihan template yang fast loading. Jangan lupakan template responsive untuk mobile device, karena banyak pembaca kini beralih pada perangkat ponsel cerdas atau smartphone. Kemudian bersihkan halaman dari iklan yang tidak perlu atau iklan yang memberikan sedikit pemasukan. Hindari pemakaian iklan pop up, karena jarang disukai pembaca dan mempercepat pengalihan pada tab baru di luar blog. Sahabat juga bisa mengurangi widget yang tidak perlu agar halaman lebih ringan termuat.

10. Cari cara hindari kejenuhan dan mati ide

Sebagian blogger menganggap aktifitas ngeblog itu sangat membosankan. Apalagi saat kreatifitas mudah hilang dari ingatan. Hanya terpaku di depan layar monitor tanpa ada kata yang tertulis di dalamnya. Hal ini selalu jadi penyakit bagi setiap blogger. Namun hanya blogger cerdas yang mampu mengalahkan kejenuhan dan mati ide tersebut. 

Jika sahabat mengalami kejenuhan dan mati ide, ada baiknya selalu membuat perubahan saat mengelola blog. Sahabat bisa merubah interior ruangan, membuat postingan di luar ruangan, selingi dengan camilan sehat di samping laptop dan sebagainya. 


Untuk kehilangan ide bisa sahabat kurangi dengan selalu membawa catatan kecil di saku guna menangkap setiap ide yang terlintas meski tidak berada di depan layar komputer. Atau bisa pula dengan memakai aplikasi memo di smartphone. Ide yang terkumpul dapat dievaluasi untuk kemudian dipindahan dalam bentuk postingan. Selain itu juga dapat mencari info saat nonton film, saat liburan, saat ngobrol membaca, mendengar berita di televisi dan lain sebagainya.

11. Tentukan jadwal postingan

Tidak ada parameter yang pas untuk membuat tulisan. Entah itu setiap hari, seminggu sekali atau dua kali. Sebulan sekali atau beberapa kali dan seterusnya. Namun untuk memulainya, sahabat sempitkan frekuensi postingan. Seperti setiap hari beberapa kali postingan. Hal ini untuk memberikan pengaruh blog pada google search.


Kemudian setelah memiliki banyak pelanggan, ada baiknya frekuensi postingan sedikit dikurangi frekuensinya. Alasannya adalah agar pelanggan tidak terlalu sering mendapatkan update postingan yang dapat menimbulkan kejenuhan.

Idealnya adalah senantiasa terus menjaga komunikasi dengan pembaca dengan intensitas postingan yang terjadwal dengan baik. Tidak terlalu sering, pun juga tidak terlalu lama.

12. Gunakan judul semenarik mungkin

Pengaruh terbesar bagi calon pembaca adalah saat melihat untaian kalimat dalam judul yang menarik dan memberikan sensasi penasaran untuk membacanya. Terlepas dari kualitas isi konten, judul menempati pilihan utama pembaca. Sahabat bisa meriset judul dengan melihat post populer pada beberapa blog yang ada.

Namun demikian, jangan sampai pembaca kecewa akibat isi konten yang tidak semenarik judulnya. Sehingga melewatkan blog hanya dalam bilangan detik tanpa akses lanjutan pada halaman blog yang lain. Maka pastikan membuat konten yang juga bagus. 

13. Pakai gambar yang menarik

Gambar atau image ibarat pemanis. Makin manis, maka makin enak untuk dirasakan. Meski bukan urutan utama dalam menjaring ketertarikan pembaca, akan tetapi pemakaian gambar atau foto yang tepat dapat memperjelas makna konten yang ada. Terutama konten yang berisi tutorial, cara, trik dan sebagainya. Hadirnya gambar akan memudahkan pembaca dalam menyerap informasi.

Pemakaian gambar yang tepat juga bisa memberikan efek yang menonjol ketika postingan dibagikan di media sosial seperti facebook, instagram atau pinterest. Jika sahabat memiliki budget, silakan menyematkan gambar premium yang lebih profesional dan menarik. Namun kini telah banyak penyedia konten gambar yang berlisensi gratis yang tak kalah menariknya dengan versi premium.

14. Format konten yang rapi

20 Tips Esensial Guna Menjadi Blogger Sukses Pemilik Jutaan Visitor
Sahabat bisa membayangkan, bagaimanya jenuhnya pembaca jika melihat sekumpulan teks yang memenuhi layar. Mereka akan mendesah, resah bahkan pusing, untuk kemudian menutupnya. Untuk itu, gunakan gaya penulisan yang terstruktur. Seperti penempatan gambar di sela-sela teks, pemakaian mode bentuk teks miring, tebal atau bergaris bawah, besar kecil font,  sisipan video terkait dan sebagainya.

Susunan tulisan juga berpengaruh bagi pembaca. Umumnya berisi pembukaan, isi dan penutup. Artinya, isi postingan harus memiliki struktur umum tersebut. Ada pembukaan masalah, kemudian diselesaikan di dalam isi konten, dan diakhiri dengan kesimpulan pada penutup. 

15. Cerdik dalam berinvestasi

Dunia blogging juga termasuk area bisnis. Artinya, ada masa depan yang dapat diambil sebagai bagian dari keuntungan. Sehingga diperlukan kecermatan dalam menginvestasikan modal guna mengembangkannya.

Memang banyak komponen yang bisa diambil secara gratis. Selama tenaga dan pikiran masih mampu melakukannya, pilihan gratis terbilang lebih hemat. Seperti membuat postingan sendiri, mengelola template sendiri, meningkatkan SEO blog sendiri dan seterusnya.

Namun demikian, pilihan modal guna mempercepat pengembangan blog juga bisa dilakukan selama penempatannya tepat. Tidak asal-asalan dan salah perhitungan. Pemakaian modal hanya untuk pengembangan blog, bukan yang lain.

16. Rencanakan jauh ke depan

Rencana merupakan sebongkah kesuksesan. Gagal merencanakan berarti bersiap untuk gagal. Sebaliknya, sukses merencanakan berarti telah meniti proses kesuksesan. Blogger sukses mampu menuliskan sekarang untuk solusi masa mendatang. Perkiraan kasus dan permasalahan dalam dua hingga tiga bulan ke depan sudah dianalisis.

Jika perencanaan semacam ini berhasil dilakukan, maka proses perkembangan blog akan lebih cepat dari lainnya. Konten dalam google search telah tersemat jauh-jauh hari dari blog serupa. Blog akan mudah menempati hasil teratas dalam tema dan pencarian yang serupa. Inilah mengapa banyak blogger yang mulai meriset kasus dan permasalahan yang terjadi di masa mendatang.

17. Sabar dan realistis

Sukses tidak datang begitu saja. Butuh proses dan tahap yang meski dilalui. Siapa saja boleh bermimpi, hanya blogger sukses yang selalu istiqomah atau konsisten dalam mengelola blog. Sebab terlalu banyak blogger yang berhenti dan jatuh di tengah jalan oleh karena alasan masing-masing. Ada pula yang telah begitu banyak mengeluarkan modal tapi tak kunjung menghasilkan. Akhirnya berhenti total dari dunia blog.

Harus realistis dalam melihat perkembangan yang ada. Sebulan, dua bulan, setahun, dua tahun dan seterusnya bukanlah tolok ukur masa kesuksesan seorang blogger. Penantiasan masa penuh kesabaran, disertai konsisten dan tetap realistis melihat situasi perkembangan blog adalah cara tepat agar tercapai setiap tahap kesuksesan.

18. Jangan takut kritik

20 Tips Esensial Guna Menjadi Blogger Sukses Pemilik Jutaan Visitor
Pada setiap kepala ada pikiran yang berbeda. Sudut pandang masing-masing dalam melihat sesuatu tidak harus sama. Sehingga pasti ada celah untuk mendapatkan komentar atau atensi. Hal yang demikian ini umum terjadi. Tidak perlu khawatir menghadapinya, karena pasti akan terjadi.

Saat sahabat membuat blog, menulis konten pertama, maka hilangkan pikiran apakah konten yang saya tulis bagus ataukah tidak. Apakah artikel ini terlalu buruk. Jangan-jangan informasi di dalamnya tidak sesuai dengan yang sebenarnya, dan seterusnya.

Tulislah semampu sahabat. Jangan takut kritik, komentar, atensi, pertanyaan dan sebagainya. Karena itu semua hadir karena dampak atas tulisan yang kita buat. Jika ada kesalahan, segera ralat. Lalu jangan ragu untuk mengucapkan terima kasih pada pembaca yang telah meralatnya. Tanggapi komentar miring dan negatif dengan bahasa lugas dan santun. Tidak perlu menggurui, apalagi emosi.

19. Rajin memeriksa email

Dunia blogging merupakan aktifitas online, sehingga tidak akan terlepas dari email. Integrasi akun blogger dengan email memastikan seorang blogger senantiasa terkoneksi. Untuk itu periksa email secara berkala guna mengakses informasi terbaru yang terkait dengan blog. Baik masuknya komentar baru, penawaran pengelolaan blog dari google atau perusahaan SEO web, mengecek aktifitas adsense, hadirnya reader baru, mengecek inbok media sosial yang sudah dikaitkan dengan akun email dan lainnya.

20. Berbagi pengalaman

Suka duka dalam mengelola blog jadi bumbu yang menarik untuk dibagikan. Tidak ada pribadi yang sempurna. Setiap orang pasti pernah salah, pernah jatuh dan gagal. Sebaliknya, setiap orang pun layak jaya dan sukses. Untuk itu, jangan sungkan untuk berbagi kisah nyata dalam dunia perbloggingan. Ceritakan kisah gagal dan kisah sukses sahabat. Pengalaman sahabat akan berarti bagi pembaca yang hendak meniti aktifitas yang sama dengan sahabat.

Bahkan pada beberapa hal, justru biografi dan pengalaman orang sukses lebih mudah terserap pembaca dari pada ilustrasi semata.

Akhir kata

Sekali lagi, siapa saja berhak sukses. Setiap blogger berhak menyandang gelar sukses. Sukses mengelola blog. Sukses menjaring jutaan visitor. Sukses menghasilkan jutaan rupiah. Dan lebih dari itu, seorang blogger sukses yang mampu memberikan nilai bagi orang lain.

Saatnya action sekarang juga. Tidak perlu menunda lagi. Hindari mengatakan pada diri sendiri untuk memulainya pada suatu hari ini.


Selanjutnya, terdapat banyak konten menarik di dalam blog ini sebagai penunjang informasi pengelolaan blog. Ambil langkah demi langkah, lalu terapkan satu per satu dalam blog yang sahabat kelola. Semoga kita dimudahkan untuk meniti sukses.

0 comments