20 Tips Marketing Buat Para Blogger

tips marketing blog
Setiap hari, jumlah blog makin banyak dan terus meningkat. Munculnya blog yang kain melimpah, menjadi tantangan sekaligus misteri bagi blogger untuk tetap eksis dan menonjol diantara yang lainnya. Persaingan menuju puncak dalam mesin pencari menjadi target utama, selain komponen yang lain, seperti trafik, visitor dan monetisasi blog.

Melihat persaingan yang begitu ketat, maka muncullah istilah marketing blog. Yang memiliki arti, bahwa blog tidak akan populer jika hanya didiamkan saja. Terdapat begitu banyak perlakuan yang harus diterapkan agar blog cepat berkembang dengan baik. Pada sisi ini, sudah menjadi informasi umum bahwa banyak perusahaan membutuhkan jasa konsultan blog untuk menaikkan citra dan brand perusahaannya. Selain itu, segudang jasa penyedia backlink, SEO optimizer, hingga advertisement terus bermunculan.

Sedangkan bagi blogger yang memiliki dana investasi terbatas cenderung memakai trik gratis untuk mengoptimalkan blog miliknya. Dan beberapa tips marketing blog berikut ini mungkin akan membuka wacana bagi kita sesama blogger.

Tips marketing blog

  1. Hal utama adalah nama domain atau subdomain. Nama ini memegang peranan paling utama dalam marketing blog. Sebaiknya menggunakan kata-kata yang mudah diingat dan dieja. Bisa memakai nama sendiri, nama produk atau perusahaan.
  2. Memilih platform blog yang tepat. Terdapat banyak pilihan platform blog yang bisa digunakan. Seperti blogger, wordpress, thumblr, dan lainnya. Saran saya adalah menggunakan platform blogger atau wordpress. Sebab secara SEO mereka lebih unggul dibanding platform yang lain.
  3. Pemilihan template yang tepat. Template blog yang baik adalah yang simple, fast loading dan responsive.
  4. Pemilihan kata kunci yang ideal, sebab kata kunci adalah hal yang sering ditelusuri oleh mesin pencari. Dan tentunya sangat berpengaruh di dalam hasil penelusuran.
  5. Submit blog ke dalam webmaster tools, baik dari google, bing maupun yang lainnya. Sekaligus memvalidasi blog serta mendaftarkan sitemap di dalamnya.
  6. Daftarkan blog dalam google analytics untuk mendapatkan analisa perkembangan blog setiap saat.
  7. Pastikan setiap postingan artikel terdapat label yang menghubungkannya dengan artikel yang terkait.
  8. Mendaftarkan blog dalam feedburner untuk mempermudah mengelola calon pelanggan baru.
  9. Submit RRS feed blog dalam situs web direktori.
  10. Jika memungkinkan, daftarkan blog ke dalam google news feed.
  11. Meminta review dari sesama blogger melalui forum diskusi yang relevan. Atau bisa pula dalam grup komunitas online facebook.
  12. Usahakan untuk tetap rajin membuat postingan. Tidak ada parameter harus berapa artikel dalam setiap hari atau setiap bulannya. Namun fakta bahwa mesin google lebih menyukai artikel fresh dan original tentu menjadi pertimbangan utama agar blog senantiasa harus diperbarui.
  13. Memonitor lalu lintas link yang hadir dalam blog kita. Baik link ke dalam atau ke luar blog. Pastikan kesehatannya agar tidak termasuk dalam kategori page not found.
  14. Menjawab setiap komentar yang ada dengan baik. Apalagi komentar yang berisi pertanyaan, penambahan atau ralat artikel yang relevan.
  15. Selalu menjalin kontak dengan blogger yang lain. Baik online maupun offline, jika dimungkinkan.
  16. Menulis kutipan dari blogger terkemuka. Dan jangan khawatir akan penilaian orang mengenai kutipan dan sumber link tersebut. Sebab, biasanya pemilik kutipan tersebut lebih merasa dihargai saat namanya ikut dicantumkan.
  17. Rajin berdiskusi di dalam forum dan jejaring sosial. Berinteraksi dengan akhlak yang baik, sebab bepribadian yang baik akan mudah diingat oleh akun member yang lain.
  18. Wawancarai blogger sukses. Dengan sendirinya, blog kita akan ikut terangkat secara otoritas.
  19. Tunjukkan lencana atau logo saat blog telah mencapai target. Misal telah mencapai page rank sekian, ranking alexa sekian, dan jumlah subscriber sekian. Hal ini untuk menunjukkan kredibilitas blog kita di mata visitor.
  20. Pemakaian multimedia sebaiknya disertai link dan sumbernya. Seperti video, wallpaper, gambar, foto dan sebagainya. Agar terbebas dari royalty, gunakan yang benar-benar free.
Artikel terkait:
15 Platform Gratis Terbaik untuk Membuat Blog 
Daftar Web Direktori High PR untuk Mempercepat Index di Search Engine 
Best 5 Simple Seo Fast Clean Responsive Blogger Template 
Seputar Error 404 : Page Not Found - Halaman Tidak Ditemukan 
Ledakkan Visitor Blogmu di Google News Feed dan Cara Mendaftarnya 
Beberapa tips di atas saya tulis dengan kemampuan yang terbatas. Saya yakin, para sahabat yang telah menjadi marketer professional memiliki banyak saran yang lainnya. Maka, saya sangat berterima kasih jika kolom komentar menjadi ajang untuk saling menambah dan meralat artikel ini. Demikian, semoga bermanfaat. Trims

I am not mastah or newbie, but I am a Blogger.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

comments
Jan 24, 2016, 2:58:00 PM delete

Blognya keren sob tulisannya juga Rapi

Reply
avatar
Jan 25, 2016, 5:24:00 PM delete

agar para pembaca tidak bosan dan merasa betah sob.

Reply
avatar

Setiap komentar yang masuk akan dimoderasi. So, waspadalah.