Segarkan Blogmu dengan 10 Cara Ini

Setelah beberapa bulan atau beberapa tahun berjalan, adakalanya tampilan blog perlu diberi sedikit sentuhan perubahan. Tujuannya adalah agar blog terlihat segar dan tidak monoton di mata pengunjung atau subscriber blog.

Proses menyegarkan blog bukan berarti melakukan perbaruan seperti membuat artikel postingan baru. Bukan pula merubah keseluruhan tampilan melalui costumisasi maupun pergantian template baru. Akan tetapi hanya perlu sedikit perubahan minor saja, agar tidak begitu mencolok namun sudah terlihat berbeda dari sebelumnya.


Cara refresh blog

Bagaimana caranya? Mari kita simak beberapa cara agar blog terlihat lebih fresh. 

#1. Perbarui halaman about me

Mungkin ada sedikit perubahan dalam biografi kita sebagai admin yang perlu diinformasikan. Bisa pula mengisi beberapa prestasi yang telah dicapai atau sekedar berbagi informasi terkini tentang blog. Informasi seperti ini sudah cukup menambah daya tarik tersendiri terutama bagi para subscriber yang selalu ingin mengetahui kondisi terkini admin. Bisa pula dengan menghapus informasi yang tidak berlaku lagi bagi blog.
Halaman terkait Tutorial Cara Mudah Membuat Halaman Privacy Policy.

#2. Perbaruan foto profil

Salah satu perubahan minor namun tampak mencolok adalah mengganti foto profil. Meski tidak mempengaruhi keseluruhan isi, namun perubahan ini bisa mengundang daya tarik tersendiri. Luangkan waktu guna memilih foto profil yang terlihat fotogenik dan menarik dipandang.

#3. Menghapus widget tidak perlu

Mengevaluasi sebentar untuk melihat keseluruhan tampilan widget yang ada. Jika terdapat widget yang kurang menarik dan kehadirannya tidak begitu penting, ada baiknya untuk menghilangkannya. Ganti dengan widget baru atau bisa pula dengan merubah posisi widget. Dari sidebar ke footer, dan sebagainya.
Referensi widget Cara Termudah Membuat Widget Flag Counter di Blog

#4. Merubah header

Perubahan drastis akan tampak terlihat sangat kentara, manakala yang diganti adalah gambar header. Sebab, tampilan pertama yang disimak oleh pengunjung biasanya header blog itu sendiri. Maka, tidak ada salahnya untuk merubahnya. Perubahan yang kontraspun tidak masalah, asalkan desain yang ada masih tetap relevan dengan konten blog.


#5. Mengganti font

Pergantian font juga bisa dilakukan sebagai upaya untuk membuat blog tampak berbeda. Justru fokus pembaca lebih tertarik dengan perubahan font ini. Namun, tetap diperhatikan, bahwa font yang simple, elegan dan mudah dibaca tetap menjadi alasan utama pembaca enggan beralih terlalu cepat dari artikel dalam blog tersebut. Maka, pertimbangkan baik-baik jenis font yang akan digunakan.


#6. Tampilan homepage

Perubahan juga bisa dilakukan dengan merubah tampilan pada homepage atau halaman utama blog. Bisa dengan cara menghilangkan gambar image thumbnailnya, atau bisa pula hanya menampilkan judul postingan saja. Tampilan baru ini akan membuat pengunjung lama jadi penasaran.
Artikel terkait Cara Menampilkan Judul Postingan Saja pada Homepage Blog

#7. Revisi artikel

Isi artikel 2015 mungkin tidak berlaku lagi untuk tahun 2016. Maka, sisihkan waktu untuk membuat perubahan sederhana, terkait isi artikel agar tetap relevan dengan perubahan zaman.

#8. Periksa link

Setiap link yang ada di dalam tubuh blog, menjadi asset untuk menjaga bounce rate yang tidak tinggi. Selain itu, juga bisa menjadi salah satu cara untuk menambah jumlah time page views blog. Maka, pastikan semua link yang ada masih aktif saat diklik. Gunakan tools untuk mencari link yang broken. Atau bisa pula menggunakan layanan dari google webmaster tools.


#9. Penambahan labels

Kadang dalam beberapa artikel dalam satu kategori label jika diperhatikan lebih teliti bisa dipecah lagi menjadi label baru. Sehingga diperlukan tags label baru untuk mengelompokkannya.


#10. Pergantian tab menu header

Menu header juga merupakan fokus penglihatan yang sering dilihat oleh pengunjung. Jika sedikit saja ada perubahan, tentu sudah cukup untuk membuat blog lebih fresh.
Trik terkait Menambah Elemen Halaman atau Page di Bawah Header Blog

Kesimpulan

Blog yang lebih fresh memberikan banyak manfaat dan eksistensi sebuah blog. Cara penyegarannya pun sangat banyak. Sehingga tidak ada salahnya untuk rutin secara berkala melakukan penyegaran ini.

Demikian yang yang bisa saya sampaikan. Saya yakin, para sahabat blogger juga memiliki trik atau cara lain untuk membuat agar blog tetap fresh. Terima kasih atas atensinya.

I am not mastah or newbie, but I am a Blogger.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

comments
Feb 21, 2016, 10:14:00 PM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
Feb 25, 2016, 8:18:00 AM delete

klik contact us, lalu masukkan penawaran produknya. good luck.

Reply
avatar

Setiap komentar yang masuk akan dimoderasi. So, waspadalah.