Ide Brillian Membuat Konten Postingan Untuk Blog Bisnis

ide membuat artikel konten postingan blog bisnis
Seorang blogger memang dituntut untuk senantiasa kreatif dalam pengelolaan blognya. Bukan hanya seputar pada SEO blog semata, namun juga harus pandai dalam mengkombinasikan konten isi blog yang berkualitas dan sesuai dengan tema blog secara keseluruhan. Meski pada dasarnya keduanya harus terus beriringan guna mencapai kemajuan blog yang lebih baik di mata pengunjung dan mesin penelusuran google. Sebab dua komponen inilah yang sebenarnya berpengaruh kuat dalam kemajuan blog itu sendiri. Baik dari sisi jumlah trafiknya maupun meningkat pula di dalam daftar hasil penelusuran google.

Blog Bisnis

Sahabat blogger pasti sudah paham bahwa terdapat beragam niche atau tema yang diusung pada sebuah blog. Semuanya terpusat pada pemakaian kata kunci utama untuk memunculkan tema yang terfokus. Sehingga muncul banyak blog dengan niche yang berbeda-beda. Seperti tentang blogging, seperti blog ini. Juga niche olah raga, kesehatan, pendidikan, peluang usaha, lowongan kerja, kuliner, bisnis dan lain sebagainya. Bahkan tidak sedikit pula blog yang memanfaatkan banyak kata kunci untuk membuat blog yang memiliki tema beraneka ragam. Blog seperti ini biasa diistilahkan sebagai blog gado-gado. Namun fokus artikel berikut ini adalah pada blog dengan tema bisnis.
Simak Teknik Meningkatkan Optimasi Blog yang Lebih Baik
Seperti yang kita pahami, bisnis juga merupakan salah satu kata kunci populer dalam pencarian google. Jenis dan macamnya berbeda-beda. Ada yang mengusung tema bisnis secara global, peluang bisnis, enterpreneur, UKM, bisnis syariah, perbankan, industri, toko online dan masih banyak lagi. Akan tetapi, ternyata masih banyak blogger yang masih merasa kesulitan dalam membuat postingan untuk blog bisnis yang mereka kelola. Padahal konten postingan bagi sebuah blog adalah wajib hukumnya. Karena pada prinsipnya, sebuah blog adalah kumpulan artikel konten. Maka kehadiran artikel konten dalam postingan tetap harus terus diusahakan ada dan kontinyu.


Ide membuat konten postingan blog bisnis

Berikut ini saya sampaikan beberapa ide menarik untuk membuat postingan pada blog bisnis. Jika sahabat memiliki blog dengan tema bisnis, silakan cermati ide-ide menarik berikut ini.

Tips dan Panduan

Gunakan dua frase ini untuk menarik perhatian banyak visitor. Mayoritas mereka mencari berita seputar bagaimana membuat bisnis dan bagaimana menyelesaikan masalah pada bisnis tertentu. Kualitas yang dihadirkan terletak pada konten yang ringan namun terfokus pada inti permasalahan. Kelengkapan multimedia seperti gambar, video atau flash bisa disematkan di dalamnya untuk mempermudah uraian yang ada. Terutama pada konten yang berisi panduan.
Artikel menarik Segarkan Blogmu dengan 10 Cara Ini.

Studi kasus

Konten yang berisi studi kasus, analisa bisnis serta pemasaran juga banyak diminati. Ambil peluang ini untuk menggaet visitor. Studi kasus lebih sering diakses bagi mereka yang hendak memulai dan mengembangkan bisnisnya. Kelebihan dari pembuatan artikel tentang studi kasus adalah pada long time page views-nya. Karena studi kasus membutuhkan pemikiran lebih dalam dibanding artikel lainnya. Sehingga lama visitor dalam mengakses blog makin panjang. Efeknya adalah pada prosentase bounce rate blog makin ramping. Sangat baik bagi kualitas SEO blog di mata google.

Kabar berita seputar bisnis

Selanjutnya adalah menyediakan konten berupa berita yang terkait dengan tema bisnis dalam blog. Berita bisa didapatkan dari google trends atau berita terkini yang beredar di media masa. Misalnya, jika blog sahabat adalah blog peluang usaha. Maka sahabat bisa membuat konten yang terkait dengan berita peluang usaha terbaru dan terpopuler. Hal ini akan sangat mempengaruhi tingkat perayapan google bot pada blog, karena kata kunci berita populer biasanya akan membludak.
Artikel pilihan 20 Tips Marketing Buat Para Blogger.

Profil pengusaha sukses

Jika blog sahabat bertema tentang bisnis tertentu, misal bisnis UKM, toko online, dan lainnya, maka sahabat bisa memanfaatkan ketenaran seseorang yang telah sukses dalam bidang yang sesuai dengan tema blog. Misal profil almarhum Bob Sadino dengan agrobisnisnya, Ciputra dengan bisnis protertinya, Sandiaga Uno pada profil bisnis UKM dan sebagainya. Tentu saja, setiap pengalaman dan proses meniti sukses yang dicantumkan akan membuat visitor makin tertarik dan termotivasi. Blog sahabat makin mudah diterima.

Daftar perusahaan sukses

Selain profil pengusaha sukses, sahabat juga dapat memanfaatkan kabar berita tentang perusahaan sukses sesuai bidang dalam tema blog sahabat. Sahabat bisa menjadikannya sebagai tambahan motivasi sekaligus menambah referensi bagi konten blog.

Kisah sukses pelanggan

Sebagai pemanis blog, sahabat juga bisa memanfaatkan pelanggan bisnis dalam blog sahabat. Misalnya, blog sahabat adalah toko online yang menyediakan kesempatan usaha bagi pelanggan untuk menjadi reseller atau dropshiper. Dari sekian banyak pelanggan yang ikut, pasti ada yang menonjol dari sisi penjualannya. Berikan kesempatan pelanggan ini untuk menyampaikan bagaimana kisah suksesnya saat menjadi reseller di blog toko online sahabat. Kemudian beri ruang untuknya guna menyampaikan testimony selama menjadi pelanggan dan reseller. Inilah cara efektif untuk meningkatkan jumlah pelanggan dan tentunya jumlah trafik visitor juga akan bertambah.
Layak dibaca Sumber Inspirasi untuk Mencari Kata Kunci.

Wawancara

Teknik wawancara merupakan salah satu konten postingan yang banyak diminati. Hal ini disebabkan karena berisi fakta konkret pada suatu hal, bukan hanya teori semata. Jika blog sahabat adalah kepanjangan tangan dari sebuah indutri tertentu, maka manfaatkan wawancara ini untuk menyambungkan antara pelanggan dengan pejabat dalam perusahaan tersebut. Sahabat bisa mewawancarainya pimpinan perusahaan, CEO, staff khusus dan sebagainya.

Kontes atau lomba berhadiah

Banyak orang menyukai hadiah. Dan salah satu sarana untuk mendapatkannya adalah dengan mengikuti kontes atau lomba. Ini cara efektif menggaet banyak visitor dan pelanggan. Sahabat hanya menyiapkan konten terkait produk, jasa, layanan atau apapun yang ada di dalam blog untuk digunakan sebagai bahan kontes. Tentu saja juga menyiapkan hadiah yang menarik. Selain mendapatkan visitor dan pelanggan baru, cara ini juga sangat baik untuk membuat backlink. Maka wajar jika kontes berhadiah jutaan rupiah dibuat dengan tujuan mendapatkan backlink. Dengan banyaknya backlink yang tertaut, tentu saja blog makin populer di mata mesin penelusur google.

Undian

Selain lomba berhadiah, sistem undian juga menjadi konten yang banyak diminati. Cara ini sangat efektif untuk menggaet sebayak-banyaknya visitor. Mereka cenderung akan kembali mengakses blog lagi untuk mendapatkan informasi undian yang ada. Selain itu, cara ini juga baik untuk meningkatkan interaksi pada blog dengan memanfaatkan kolom komentar blog. Dan hadirnya komentar akan memadatkan kata kunci dan mempengaruhi update blog secara otomatis.
Simak pula Fakta Menghasilkan Uang Melalui Blog yang Layak Anda Pahami.

Demikianlah beberapa ide yang bisa dipakai untuk membuat konten blog bisnis. Saya yakin sahabat memiliki pandangan lain seputar ide konten postingan blog bisnis ini. Untuk itu, silakan tambahkan wawasan dan ide sahabat pada kolom yang ada. Semoga menambah pengetahuan bagi blogger yang lain.

I am not mastah or newbie, but I am a Blogger.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Setiap komentar yang masuk akan dimoderasi. So, waspadalah.