Featured Post, Widget Blogger Terbaru (Fungsi, Manfaat dan Cara Pemasangannya)


Featured Post, Widget Blogger Terbaru (Fungsi, Manfaat dan Cara Pemasangannya)
Blogger semakin menunjukkan kemapanannya dalam memperbarui desain platform blog. Setelah sebelumnya dimunculkan fitur alamat URL menggunakan https yang lebih aman baik bagi admin maupun visitor, kini muncul lagi dengan fitur baru yang lebih menarik.

Featured post, demikian widget teranyar besutan blogger ini. Widget ini seakan menjawab beberapa keinginan admin blog tentang postingan yang bisa ditampilkan sebagai headline secara tersendiri. Jika sebelumnya admin blog harus mengutak-atik kode-kode html tertentu untuk menampilkannya, kini fitur widget baru ini sangat mudah dipasangkan. Karena telah tersedia dalam blogger, tanpa menggunakan bahasa HTML. Lalu apa fungsi widget featured post ini?
Atikel terkait Seputar HTTPS dan Cara Mengaktifkannya pada Blog.

Fungsi dan manfaat featured post

Fungsi featured post adalah menampilkan postingan yang bisa dijadikan headline atau fokus bacaan pada periode tertentu. Biasanya, dari beberapa postingan yang sudah ditampilkan, pasti ada satu atau beberapa postingan yang menonjol dan menarik. Sehingga dengan menampilkannya sebagai headline, diharapkan mampu menarik perhatian pengunjung. Selain itu juga bisa digunakan sebagai ajang promosi maupun iklan yang disematkan dalam bentuk postingan. Untuk blog yang fokus pada review produk, featured post bisa dipakai untuk menampilkan postingan produk yang diandalkan. Atau blog yang fokus pada news atau berita, featured post bisa digunakan untuk menampilkan berita terkini dan terhangat. Dan seterusnya. Intinya, widget featured post ini sangat mendukung desain tampilan dan performa blog di mata pengunjung.
Artikel layak baca Cara Menyematkan Kode Embed Peta Pada Postingan Blog.

Kekurangan

Namun demikian, featured post dari blogger ini masih ada kekurangannya. Yaitu jumlah postingan yang disematkan terbatas. Hanya satu postingan saja. Hal ini tentunya belum sepenuhnya memadai untuk menampung postingan menarik lainnya yang juga layak untuk ditampilkan sebagai headline. Seperti halnya beberapa template blogger yang beredar secara gratis lainnya yang bisa menampilkan jumlah postingan yang banyak ke dalam featured post.

Kekurangan lainnya, featured post ini bentuknya terbilang masih sederhana. Memuat judul postingan, gambar dan snippet secara terpisah. Belum bisa menampilkannya dalam satu image tersendiri. Selain itu, widget ini hanya disediakan satu saja. Sehingga, tidak bisa membuat widget featured post lainnya.
Widget lainnya Cara Memasang Widget Translate Keren pada Blog.
Namun demikian, munculnya widget featured post dari blogger ini menambah tampilan blog yang makin variatif. Lalu bagaimana cara memasang widget featured post ini ke dalam blog? Caranya sangat mudah sekali. Berikut tahapannya.

Cara pemasangan widget featured post di blog

1. Masuk dasboard blogger.
2. Tambah widget baru dengan klik Add a new gadget pada menu Layout.
3. Klik Featured post. (lihat gambar thumnail di atas)
Featured Post, Widget Blogger Terbaru (Fungsi, Manfaat dan Cara Pemasangannya)
Keterangan :
Isi Gadget Title sesuai keinginan. Post Snippet untuk penampilan widget. Show post title untuk menampilkan judul postingan. Show image untuk menampilkan gambar thumbnail postingan. Kemudian, pilih postingan yang akan dimasukkan dalam featured post. Lihat hasil sementara pada gambar Preview sebelah kanan.
4. Akhiri dengan Save.

Widget ini bisa diletakkan sesuai keinginan. Bisa di side bar, di atas body post, di bawah header, dan bahkan di footer. Saran saya, agar terlihat menonjol sesuai fungsinya, letakkan saja di atas body post.
Referensi Bacaan Wajib : Cara Menaikkan Peringkat Alexa Rank.
Demikian ulasan seputar widget terbaru dari blogger, yaitu featured post dan cara pemasangannya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

5 comments