Tuesday, October 6, 2015

Menambah Elemen Halaman atau Page di Bawah Header Blog

Lay out pada blogger template berbeda-beda, tergantung dari masing-masing desain. Biasanya, template bawaan dari blogger memang masih mentah dan belum ada variasinya. Berbeda dengan template yang sudah dirubah menjadi lebih SEO dan responsive. Biasanya sudah ada tambahan elemen halaman pada lay outnya.

Fokus lebih lanjut, bagi beberapa template yang tidak terdapat elemen page atau halaman tambahan di bawah header pada layoutnya meski telah memakai template racikan, bukan dari default blogger, maka berikut akan saya uraikan ulasan bagaimana menambah elemen halaman di bawah header.

Fungsi di bawah header

Pertanyaan selanjutnya adalah, kenapa harus di bawah header ? Salah satu jawaban yang mungkin bisa mewakili adalah agar bisa menambah informasi tambahan pada blog dan bisa pula untuk menempatkan iklan 'adsense'. Letak yang strategis, yakni tepat di bawah header, memungkinkan pengunjung langsung dapat melihatnya, sebab loading page terbuka mulai dari atas ke bawah.

Namun sebelumnya, sebaiknya template blog milik sahabat yang sekarang dibackup dulu agar jika terjadi kesalahan tidak bingung untuk memperbaikinya. Meskipun sebenarnya mudah mengembalikan ke template semula. Yakni, Ctrl+Z hingga ke HTML awal sebelum dirubah, lalu Save lagi. 

Cara menambah elemen page blog

Baiklah, berikut tahapan penambahan elemen page di bawah header. 
1. Masuk ke blogger. Pilih menu template, klik HTML.
2. Cari kode ]]></b:skin>. Lalu letakkan kode berikut tepat di atasnya.
3. Kemudian cari kode berikut.
4. Pastekan kode berikut di bawah kode poin 3.

Akhiri dengan Save template.

Coba cek layout blog milik sahabat. Apakah sudah muncul elemen halaman tambahannya ? Mudah-mudahan sukses ya.

1 comment:

  1. tq infonya Mas..gak ngerti masalah seo..tlng pencerahannya..<buat tagnya tempatnya dmn.?

    ReplyDelete

Setiap komentar yang masuk akan dimoderasi. So, waspadalah.