Jawab 10 Pertanyaan Berikut untuk Mengukur Sejauh Mana Kemajuan Blogmu

indikator mengukur tingkat kemajuan blog
Hampir sebagian besar blogger menetapkan target untuk mendapatkan penghasilan yang besar dari blog yang mereka kelola. Lalu bisa mengantongi ratusan ribu dollar. Kemudian mengatakan, 'Aku telah sukses menjadi seorang blogger'.

Memang sah-sah saja membuat target seperti itu. Dan juga tidak ada salahnya. Tidak pula sepenuhnya benar. Masih ada faktor lain yang menjadi tolok ukur kemajuan sebuah blog itu. Dan mendapatkan penghasilan lewat blog adalah salah satu dari faktor tersebut, namun bukanlah yang utama. Apa saja parameter sebuah blog dikatakan telah mengalami kemajuan? Silakan sahabat jawab beberapa pertanyaan berikut sebagai ukuran seberapa jauh tingkat kemajuan yang terjadi pada blog milik sahabat.


Indikator tingkat kemajuan blog

1. Berapa page ranknya?

Indikator utama kemajuan blog adalah nilai page rank. Sebab memberikan pengaruh paling kuat bagi blog di mata google. Mesin google lebih mengutamakan situs berpage rank tinggi saat harus menampilkan hasil perayapan di hasil pencarian google. Dalam konteks keyword yang sama.
Artikel terkait Strategi Ampuh Meningkatkan Page Rank Blog.
Jika page rank masih N/A, maka harus lebih ekstra lagi dalam mengelola blog. Artinya, blog belum ada kemajuan berarti. Dan jika nilai page rank 10, maka selamat, blog sahabat sangat super duper bagus. Karena nilai 10 adalah puncak posisi page rank. 

2. Berapa Alexa Ranknya?

Indikator kemajuan blog selanjutnya adalah posisi alexa rank. Meskipun banyak perdebatan mengenai rangking Alexa ini, namun tidak diragukan lagi, bahwa nilai alexa juga menentukan baik tidaknya blog di mata para advertise. Mereka lebih memilih iklannya terpasang di blog yang berpage rank rendah.
Artikel pilihan Alexa Rank Meluncur Drastis dalam 21 Hari. 
Berdasarkan pengalaman saya, bila rutin mengupdate postingan, maka dalam jangka waktu 6 bulan, nilai page rank bisa mendekati 1 juta. Berapa alexa rank sahabat setelah 6 bulan berjalan? Saya ucapkan selamat jika bisa mendekati angka seratus ribu. Dan bila masih ternilai belasan juta atau bahkan N/A, maka sahabat harus kembali utak-atik SEO untuk optimalisasi blog. 

3. Berapa jumlah visitornya?

Ramai tidaknya blog tergantung dari banyaknya pengunjung yang hadir mengakses blog tersebut. Makin tinggi jumlahnya, makin baik pula posisi blog di mata pengunjung. Berarti blog telah menjadi rujukan pengunjung untuk mendapatkan informasi.

Setelah berjalan beberapa bulan, seharusnya telah memiki pengunjung dalam blog. Meski hanya beberapa gelintir. Bandingkan jumlah visitor bulan pertama hingga terakhir ini. Apakah ada perbedaan? Lalu seberapa besar perbedaan tersebut?


4. Berapa jumlah page viewsnya?

Page views adalah jumlah halaman yang dikunjungi visitor. Jumlah visitor boleh sama, namun page views bisa berbeda. Karena tiap-tiap visitor berbeda-beda dalam mengakses blog. Adakah perbedaan jumlah visitornya dari awal pertama kali mengelola blog sampai sekarang? Perbedaan jumlahnya mencolok atau biasa-biasa saja? Meningkatnya jumlah pageviews menandakan blog sudah mendapatkan perhatian dari pengunjung.


5. Berapa jumlah postingannya?

Jarangnya blogger membuat postingan akan menurunkan tingkat perayapan mesin google. Indeks blog di pencarian google pun makin menurun. Sebaliknya, jika sering membuat postingan secara kontinyu, maka dipastikan jumlah postingan blog akan bertambah. Googlebot akan mendapatkan sinyal keyword baru dari blog yang rutin diupdate. Apalagi bila postingan yang ada memiliki kualitas isi yang baik dan original.
Artikel terkait Update Blog Setiap Hari, Kenapa Tidak?
Bila rutin tiap hari membuat satu buah postingan, berari setelah berjalan 6 bulan, paling tidak sudah ada 180 postingan. Berapa jumlah postingan blog milik sahabat? Setelah 6 bulan, jumlahnya di atas atau di bawah 180 buah?

6. Berapa prosentase bounce rate-nya?

Bounce rate atau biasa disebut sebagai rasio pentalan, adalah tolok ukur sejauh mana blog tersebut diakses oleh pengunjung. Makin tinggi nilai bounce rate, berarti blog tidak disukai oleh pengunjung. Mereka lebih suka meninggalkan blog tanpa mengakses konten di dalam blog yang lainnya. Usahakan nilai bounce rate di bawah 50%.
Artikel terkait Trik Agar Bounce Rate Blog Tidak Gendut.

7. Berapa jumlah komentar yang ada?

Makin banyak pengunjung yang ikut merespon dalam komentar, menunjukkan bahwa blog sudah mendapatkan tempat bagi mereka. Selain itu, jumlah komentar yang banyak dan berkualitas, akan memperbanyak keyword dalam blog tersebut. Begitu pula, secara tidak langsung, hadirnya komentar yang masuk akan ikut meperbarui blog itu sendiri.


8. Berapa banyak pelanggan RSS-nya?

Pelanggan RSS adalah pengunjung setia yang ikut mendapatkan informasi terbaru dari blog melalui email. Dengan menjadi anggota RSS blog, pengunjung akan mudah mengakses semua informasi dan postingan terbaru dari blog. Sehingga, makin banyak pelanggan RSS, makin besar peluang blog untuk diakses. Dan tentunya, trafik dan page views juga makin meningkat.


9. Berapa jumlah backlinknya?

Backlink adalah link yang mengarah pada blog. Sangat berpengaruh dalam memberi kekuatan blog di hasil pencarian. Makin banyak jumlah backlink dalam sebuah blog, makin baik pula di sisi google. Namun perlu diperhatikan, hanya backlink yang berkualitas yang memberikan pengaruh kuat bagi blog. Apa saja backlink berkualitas itu? Diantaranya adalah dari situs high PR dan satu niche dengan blog.
Artikel referensi Update, Daftar Link Jurus Tandur Backlink Edisi Nov'15.

10. Berapa jumlah share di media sosial?

Indikasi terakhir adalah jumlah postingan yang dishare di media sosial. Makin banyak yang ikut share menandakan bahwa blog memuat informasi yang berguna. Selain itu tentunya, dengan seringnya postingan dishare, maka peluang mendapatkan trafik akan meningkat.

Demikian beberapa pertanyaan terkait dengan perkembangan sebuah blog. Sengaja tidak saya cantumkan uang atau dollar sebagai salah satu indikatornya. Sebab blogging lebih sebagai tempat berbagi dan memberikan manfaat bagi orang lain.


Bagaimana menurut sahabat?

I am not mastah or newbie, but I am a Blogger.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

12 comments

comments
Dec 25, 2015, 9:55:00 PM delete

Nah itu gan,kita sedang berusaha bagaimana cara agar menjadi lebih baik dalam hal menulis dan memperbaiki kualitas blog kita, dari segi page rank maupun banklinknya :D

Reply
avatar
Dec 27, 2015, 6:18:00 AM delete

sangat membantu sekali ilmunya, saya jadi ingin lebih giat lagi setelah memvaca ini. mantap.

Reply
avatar
Dec 28, 2015, 6:08:00 AM delete

Memiliki blog ramai pengunjung memang menyenangkan dan bikin semangan nulis makin melesat. Melihat indikator diatas bisa dikatakan blog yg saya kelola sudah cukup baik. Terimakasih atas sharingnya. Salam by CEPITHEA

Reply
avatar
Dec 28, 2015, 12:56:00 PM delete

@Naufal: Nah itu pointnya, menjadi baik dan lebih baik lagi. :)

Reply
avatar
Dec 28, 2015, 12:57:00 PM delete

@Syaiful: happy blogging kalo gitu mas.. :)

Reply
avatar
Dec 28, 2015, 12:58:00 PM delete

@Bang Ali: selamat kalau begitu mas. moga tahun depan blognya makin meningkat kemajuannya. :)

Reply
avatar
Dec 28, 2015, 12:59:00 PM delete

@Dewiq: lalu bagaimana dengan jawabannya Sist? hehe :)

Reply
avatar
Dec 28, 2015, 9:01:00 PM delete

hahahaha jangan cuman tanya dong min. kunjungi juga dong ikutin bantu saya.
barangkali mau mampir ini ya min web nya :D
http://www.agenwisatakarimunjawa.com

Reply
avatar
Dec 29, 2015, 7:58:00 AM delete

karimunjawa is so beautifull destinations. maaf ikut usul ya. kalo situs yg lbh ke penawaran spt travel, paket pariwisata, tour dll ga ada salahnya ikut program traffic exchange. sy yakin banyak yg minat terutama visitor dr luar negeri. saya pernah mengalaminya. yang jelas program itu gratis dan jangkauannya global.

Reply
avatar
Jan 23, 2016, 11:50:00 AM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
Jan 23, 2016, 1:02:00 PM delete

mau iklan di blog tutorial blogging ini? silakan hubungi admin melalui form contact us. dan dapatkan penawaran yang menarik.

Reply
avatar

Setiap komentar yang masuk akan dimoderasi. So, waspadalah.