Bagaimana Mengatasi Duplicate Title Tags dengan Mudah


Trik Mengatasi Duplicate Title Tags
Maksud dari duplicate title tags adalah terjadinya duplikasi atau double pada tags judul. Munculnya duplikasi ini biasanya terjadi karena mesin google juga mengindeks blog page dalam versi mobile.

Meskipun banyak perbincangan mengenai, benarkah google telah melakukan kesalahan saat mengindeks blog page pada versi mobile. Namun yang pasti, munculnya duplikasi ini mengurangi kesempurnaan blog itu sendiri. Gambar berikut akan mempermudah memahaminya.
Trik Mengatasi Duplicate Title Tags
Cara melihat duplicate title tags pada google webmaster tools adalah klik Search Appearance, lalu pilih HTML Improvements. Klik Duplicate title tags. Tanda panah merah adalah semua hasil duplikasi title tags. Kemudian kotak hitam itulah terjadinya duplikasi title tags. Jika melihat modelnya, mengindikasikan bahwa kemunculan duplicate title tags ini dari title versi mobile. 

Dalam google webmaster tools pun tidak disebutkan secara pasti apa dampak duplicate title tags ini. Berikut keterangan yang terdapat dalam google webmaster tools :
Your title provides users and search engines with useful information about your site. Text contained in title tags can appear in search results pages, and relevant, descriptive text is more likely to be clicked on. We recommend reviewing the list and updating the title tags wherever possible.
Dari pernyataan di atas, bisa ditarik kesimpulan bahwa title tags sangat dibutuhkan blog agar mudah dirayapi oleh mesin google. Dan kemudian menghadirkan hasil yang relevan dalam hasil pencarian. Google webmaster tools hanya menyarankan sebisa mungkin agar memonitor ulang dan memperbarui title tags tersebut. Tidak disebutkan dampak buruk yang terjadi bila duplikasi ini terus berlanjut.
Artikel pilihan Cara Agar Tampilan Blog di Handphone Sama Seperti pada Versi Desktop.
Baiklah, berikut akan saya coba bagikan bagaimana cara mengatasi terjadinya duplicate title tags ini.

Trik mengatasi duplicate title tags

#1. Konfigurasi robot text

1. Buka dasboard blogger.
2. Pilih Search Preferences pada menu Setting.
3. Klik Edit pada Robot txt. Lalu ganti atau masukkan kode berikut dalam kotak yang tersedia.
User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:
User-agent: Googlebot
Disallow: /search
Disallow: /?m=1
Disallow: /?m=0
Disallow: /*?m=1
Disallow: /*?m=0
User-agent: *
Disallow: /search
Sitemap: http://URLBLOG.blogspot.com/feeds/posts/default?
orderby=UPDATED
4. Ganti URLBLOG dengan URL blog milik sahabat. Lalu akhiri dengan Save changes.

Melalui konfigurasi robot txt ini, maka mesin google akan dicegah untuk merayapi title yang berkaitan dengan versi mobile. Hasil yang diindeks pun tidak akan menyertakan title yang telah diblok oleh robot txt tersebut. Sehingga, tidak akan terjadi lagi adanya duplicate title tags.
Artikel pilihan Bagaimana Google Search Bekerja dan Pengaruhnya bagi Blog.

#2. URL Parameters

1. Buka google webmaster tools.
2. Pilih Crawl, lalu klik URL Parameters.
3. Klik Add Parameters.
Bagaimana Mengatasi Duplicate Title Tags dengan Mudah
4. Sesuaikan dengan gambar di atas. Akhiri dengan Save.

Parameter "m" adalah untuk mengeja URL mobile. Konfigurasi pada URL Parameters ini selain lebih mudah dilakukan, hasil yang didapat pun sudah cukup untuk menghilangkan title yang dikonfigurasi.
Menurut pengalaman, kedua cara ini sangat efektif mengatasi terjadinya duplicate title tags. Silakan sahabat memilih salah satu dari keduanya. Atau bisa pula menggunakan kedua cara tersebut.

Demikian trik mengatasi duplicate title tags pada blog. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

16 comments