Update Blog Setiap Hari, Kenapa Tidak?

manfaat update blog setiap hari secara kontinyu
Pernah saya buat thread di salah satu forum blogger yang cukup terkenal di negeri ini. Saya tulis beberapa alasan mengapa rangking blog saya di alexa sangat cepat naiknya. Dalam sebulan mendapatkan rangking dari N/A hingga jadi di bawah 2 juta untuk global dan 20ribuan untuk lokal. Dan salah satu alasan sekaligus anjuran yang saya tulis dalam thread itu adalah rajin membuat 3 postingan setiap hari.

Dari beberapa yang berkomentar, ada satu anggota yang melontarkan kata-kata tidak yakin bisa membuat 3 postingan setiap hari. Bisa keriting jari saya, katanya.
Simak Alexa Rank Meluncur Drastis dalam 21 Hari.

Dampaknya jauh lebih besar

Maka, saya jawab. Kenapa tidak? Dampak blog yang diupdate tiap hari sangat besar dibanding waktu dan tenaga yang kita curahkan untuk menulis postingan. Benarkah?

Taruh saja kita buat satu postingan membutuhkan waktu sejam. Ditambah setengah jam untuk istirahat. Maka untuk membuat 3 postingan dibutuhkan waktu 4,5 jam, sudah termasuk waktu istirahatnya. Bukan waktu yang lama bukan? Bahkan jika sudah terbiasa, membuat 1 postingan tidak butuh waktu hingga sejam, tergantung isi dan banyaknya karakter dalam postingan. Itu pun bisa dikerjakan saat waktu longgar. Artinya tidak dibatasi harus jam sekian sampai jam sekian.

Lalu mengapa dikatakan dampak update blog lebih besar daripada waktu dan tenaga yang kita curahkan? Sebab, dengan rajin mengupdate, maka blog akan lebih fresh. Fresh tentang informasinya juga fresh untuk mesin google. Googlebot lebih senang dengan blog yang senantiasa terupdate. Sebab mereka mendapatkan ping atau sentuhan otomatis dari blog kita.
Simak Bagaimana Google Search Bekerja dan Pengaruhnya bagi Blog.
Manfaat selanjutnya adalah mengindikasikan penilaian yang baik dari pengunjung. Mereka akan merasa bahwa blog yang senantiasa terupdate itu terurus dan terawat dengan baik. Ini poin plus untuk memikat mereka untuk menjadi subscriber atau visitor langganan.

Artikel adalah asset

Selain itu, pada prinsipnya, setiap artikel dalam postingan adalah asset berharga yang dimiliki oleh admin blogger itu sendiri. Semakin banyak assetnya, makin mudah dikenali google. Sebab, keyword atau kata kuncinya akan tersebar terus setiap teraupdate. Demikian pula, bahwa informasi dalam postingan juga akan memberikan nilai tambah bagi si admin. Informasi yang baik, berkualitas, informatif dan apa adanya, akan membuatnya merasa bernilai dan bermanfaat bagi orang lain. Sehingga, menjadi blogger ibarat menjadi juru dakwah secara tidak langsung. Setiap kebaikan informasi yang didapatkan bagi pengunjung, akan berbalas kebaikan bagi admin blogger itu. Sehingga tidak terasa, ada banyak pahala yang didapatkan meski pada kenyataannya jarang membuat postingan untuk tujuan berdakwah.
Rekomendasi Daftar Seo Tools Gratis Terbaik untuk Optimalisasi Blog.
Dengan melihat manfaat ini, bukan lagi menjadi alasan untuk tidak mengupdate blog yang kita kelola. Bukankah hanya menulis ringan, meriew situs dan produk, melihat kondisi sekitar atau menyebarkan link dan sebagainya tidak membutuhkan energi yang banyak kan?

Semoga saya tidak sedang menggurui, namun sebaliknya, hanya ingin tetap belajar dari setiap momen dalam kehidupan semata. Saya tunggu responnya. Sebab mungkin sahabat mempunyai ide, tanggapan atau tips lain yang bisa dibagikan. Trims.

I am not mastah or newbie, but I am a Blogger.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

3 comments

comments
Apr 4, 2016, 11:34:00 AM delete

Terima kasih ya atas informasinya, sangat berguna dan juga bermanfaat sekali :)

Reply
avatar
Apr 8, 2016, 7:48:00 AM delete

memang tidak mudah menjaga konsistensi, tetapi semua pasti bisa asal ada semangat dan tetep fokus.

Reply
avatar
Apr 15, 2016, 8:10:00 AM delete

salam kenal, Gan. saya mau tanya. berapakah maksimal posting blog dalam sehari? bila terlalu banyak, apakah akan dianggap spam sama google? Trims

Reply
avatar

Setiap komentar yang masuk akan dimoderasi. So, waspadalah.