Thursday, December 24, 2015

7 Alasan Mengapa Google Adsense Layak Ditinggalkan

Tidak dapat dipungkiri, google adsense adalah jaringan periklanan global online yang terpopuler. Dan merupakan salah satu cara terbaik guna menghasilkan uang dari blog.

Pahit dan manis mengisi histori pengalaman dari para blogger. Ada yang mampu meraup sukses dengan gelontoran uang dollar tiap bulannya dari program adsense ini. Namun tidak sedikit pula harus terseok-seok tanpa pasti kapan bisa ikut menampilkan iklan adsense di blognya dan meniti karier kaya darinya.

Saya harus ucapkan selamat bagi blogger yang telah sukses melalui adsense ini. Dan saya harap postingan ini tidak mengendurkan semangat bagi blogger yang masih gagal mengikuti program adsense dari google ini. Lalu mengapa postingan ini dibuat? Karena memang google adsense sangat menyebalkan sekali. Ingin tahu apa saja yang membuatnya begitu menyebalkan dan layak ditinggalkan? Silakan simak ulasan berikut.

Alasan meninggalkan google adsense

1. Trafik menurun

Ketika pengunjung mengklik iklan, bisa dipastikan mereka akan langsung meninggalkan blog. Sebab mayoritas iklan adsense tidak terbuka dalam tab baru. Saya bisa katakan, bahwa memelihara pengunjung untuk menerima informasi dan ilmu dari kita lebih penting dari pada hanya sekedar beberapa sen dollar saja. Dalam tataran lebih besar, seperti pada situs perusahaan atau organisasi, tentu akan disayangkan apabila pengunjung harus beralih darinya dan melupakan produk, jasa dan niaga bisnis di dalamnya. Pemasaran tetap jalan, namun penjualan menurun bahkan hingga kehilangan pelanggan. Dan efek lainnya akibat menurunnya trafik pengunjung karena iklan adsense ini.
Artikel rekomendasi Cara Mendaftar Jadi Penjual di Amazon dalam 5 Langkah Mudah.

2. Sulit mendapatkan persetujuan

Google adsense hari demi hari makin ketat proses approve-nya. Mereka tidak mudah menyetujui blog apapun meski telah berumur 6 bulan atau setahun lebih. Tidak pula blog dengan jumlah postingan hingga ratusan. Bahkan situs TLD pun tidak mudah mendapatkan persetujuannya.

Saya katakan, ada banyak hal yang bisa dikerjakan selain hanya menunggu atau memikirkan bagaimana blog disetujui oleh adsense. Seperti membuat postingan baru, membuat blog lain, membaca komentar dan membalasanya, dan membuat kedekatan yang baik dengan pembaca dan dengan blogger lain. Bukankah hal-hal ini lebih banyak kebaikannya.

3. Kebanyakan aturan

Aturan dibuat memang untuk diikuti, namun kebanyakan aturan justru akan membuat ruang gerak makin sempit. TOS google adsense terlalu banyak. Bahkan ada pengalaman dari teman-teman blogger harus rela kehilangan akun adsense-nya hanya gara-gara melanggar aturan-aturan itu. Padahal hampir setengah mati membuat akun adsense tersebut.

Lebih keras lagi, pelanggaran taraf tertentu bisa mengakibatkan tidak bisanya membuat akun adsense selamanya.
Ada yang menarik Si Tukang Tidur Main Adsense.

4. Respon email sangat lambat

Saya yakin, dari sekian banyak teman-teman blogger yang pernah sukses dari adsense ini pernah merasakan dukungan email google adsense yang sangat lambat sekali. Sepertinya mereka tidak pernah merasa ditunggu. Padahal, dag dig dug jantung kerap mengisi harapan mendapatkan persetujuan dan layanan lainnya. Seperti saat withdraw money. Bagi blogger yang berakarakter tak mau menunggu, jangan sekali-kali ikut program ini. Pasti akan sangat menyebalkan bagi mereka.

5. Layanan satu akun palsu

Silakan sahabat membuat akun adsense dari youtube. Lalu kemudian, pasang iklannya di blog. Saya pastikan iklan tersebut tidak bisa tampil. Sebagian besar blogger pernah merasakan pengalaman ini. Pertanyaannya adalah, bukankah youtube adalah salah satu produk turunan dari google? Lalu mengapa tidak bisa mengaitkan antara salah satu fiturnya ke dalam produk pada jaringan yang sama?
Artikel terkait Cara Dapat Uang dari Upload Video Youtube.

6. Fee perklik rendah

Jika mayoritas visitor blog bukan dari Amerika dan Eropa, maka dipastikan harga tiap klik akan sangat rendah. Maka, blog yang berbahasa Indonesia akan sulit bersaing untuk mendapatkan harga klik yang tinggi. Lupakan untuk menjadi kaya dalam sekejap bila tetap memakai sistem ini. Ada banyak perusahaan lain yang berani membayar tinggi bagi blog yang memiliki alexa rendah dan bervisitor banyak. Seperti blog ini. Ada beberapa bisnis dan online shop yang ingin ikut menampilkan iklannya di sini. Namun tetap saya tahan, karena kebanyakan pengunjung di blog ini adalah sesama blogger dan webmaster. Mereka lebih intens ke SEO blog, dan lebih paham bagaimana menghindari iklan.

7. Proses pembayaran lambat

Jika ingin menerima penghasilan, harus melewati serangkaian proses lagi. Verifikasi akun pun harus minimal mendapatkan 10$. Lalu menyertakan alamat lengkap guna mendapatkan PIN. Jangka waktu menerima PIN pun ternyata berubah-ubah. Dalam notifikasi ditulis 2-3 minggu. Namun ternyata surat PIN datang 2-3 bulan berikutnya.

Kemudian, payout mimimum harus sebenar 100$. Bagi blog yang sepi pengunjung, jumlah ini tidak mudah didapatkan dalam waktu 1 bulan. Setelah berhasil menjangkau payout minimum pun masih harus menunggu cek tiba di depan rumah.

Bagaimana menurut sahabat?

Sekelumit ulasan di atas, menurut saya, google adsense layak untuk ditinggalkan. Dan saya yakin, argumentasi ini ada yang tidak bersesuaian dengan blogger lain. Atau bahkan sahabat pun demikian.
Artikel pilihan Terbaru, Cara Buat Akun Paypal 100% Full Verified.
Jadi, saya akan senang mendengar pendapat sahabat tentang argumentasi mengenai adsense ini.

42 comments:

  1. Wah, sudah ada yang berani keluar dari zona Adsense. ya, belum lagi masalah dengan adblock. Setiap blogger memang punya hak untuk itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Prasetyo: benar, memang jarang blogger yang berani mematahkan argumen sukses dari adsense. namun, artikel ini bukan berarti benar atau tidaknya, setuju atau tidaknya, hanya semacam sebagian argumen yang muncul ke permukaan setelah lama terpendam.

      Delete
  2. emang susah sih gan di full approve sama google adsense. Btw, agan ada rekomendasi iklan lain gak selain Adsense? kalo bisa sih CPM :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas Naufal, searching aja di google atau bisa juga di forum ads.id. disitu malah lengkap disertai pengalaman para pemain ads CPM.

      Delete
  3. wah saya belum pernah mencicipi penghasilan dari adsense , blog saya belum pernah diaccept :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. tenang mas Nyoman, ada banyak cara lain. lagi pula buat blog itu tidak melulu soal uang dan adsense. ada kebaikan lain yang bisa disebarluaskan. :)

      Delete
  4. yang saya sukai dari adsense adalah adsense sudah terpercaya dan resmi dari google. jadi saya tidak ada perasaan takut untuk main adsense

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Muhammad: itulah salah satu alasan mengapa adsense banyak peminatnya. trims masukannya.

      Delete
  5. dari dlu daftar adsense gak pernah approved. entahlah susah kali itu adsense. jadi males saja. duitnya juga gak gedhe2 amat. mending pakai ads saja lah hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @paket: tetap semangat, ada banyak cara untuk mendapatkan pemasukan lewat blogging.

      Delete
  6. bagi yang sudah berpengalaman di bidang GA mungkin artikel ini kurang begitu di setujui oleh mereka atau bahkan di anggap artikel yang menyesatkan.Akan Tetapi bagi para blogger yang masih belum di terima GA seperti ane ini,artikel di atas bisa jadi reference bahwa bergelut di bidang GA itu tidak semudah menulis status di facebook. wkwkwkwkkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maka buat @Zaini dan rekan2 yg blm diapprove, jangan patah semangat. artikel di atas hanya sebatas pendapat dan argumen semata. bkn jadi parameter utama.

      Delete
  7. Replies
    1. mas Rifki, artikel di atas hanya pendapat saja, bukan parameter utama. yg penting tetap semangat trs.

      Delete
  8. Yah buat yang tidak disetujui jangan patah semangat.. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar gan Putu, tetap semangat. artikel di atas hanya argumen saja, bkn patokan. sah2 saja jika tetap masih memilih adsense untuk monetize blog.

      Delete
  9. iya sih min, ada benarnya juga...masih banyak pengiklan di luaran sana yang berani kasih lebih besar di banding adsense google. Tapi entah mengapa nih, hampir kebanyakan blogger yang saya kenal masih berpatokan pada penghasilan adsense...

    ReplyDelete
    Replies
    1. namun bukan berarti artikel ini sebagai patokan lho gan Ifex, hanya argumen sj. sebab faktanya mayoritas blogger tetap memperjuangkan adsense untuk blognya.

      Delete
  10. mungkin kalo GA itu yang penting konsisten aja, insha Allah bakal memuaskan

    ReplyDelete
  11. saya pun merasakan hal yang sama mas, dulu pernah punya akun GA , namun setelah mencapai batas pengiriman PIN, malah pin nyangkut entah kemana ndak nyampai2, kemudian akun sy hapus,, kemudian vakum lama.. belakangan ini saking penasarannya pengin ngrasain bayaran dari GA, sy nyoba mbuat akun via yutube trus sy alamatkan kantor supaya pin nyam[ai, akhirnya sudah bisa bayaran sekali dan semoga masih bisa berlanjut terus. yach njemput rejeki itu ndak segampang membelanjakan rejeki

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya ucapkan selamat kpd bapak, memang jalan rezeki tidak semudah yg disangka, namun tidak sesulit yg dibayangkan. asal ada kemauan, semangat dan kesabaran, pasti ada jalan. matur nuwun saya sampaikan kpd bapak sdh bergabung di blog ini. :)

      Delete
  12. Ngasih tips saja sih klo pengen gampang di approve ads. Beli domain,Kalo saya sendiri beli artikel bahasa inggris dengan minimal 500 kata. Dalam penulisan artikel pastikan jangan terlalu banyak gambar, jangan pasang gambar di awal artikel pastikan rekomendasi klo mau pasang gambar sesudah 300 kata atau lebih baik di tengah konten jika lebih dari 1000 kata. Kalo nyimpen gambar di awal dijamin ditolak dengan alasan konten tidak memadai. Jangan lupa setting di webmaster kalo gx di setting dijamin bakalan ditolak dengan alasan Belum sesuai dengan pedoman webmaster. Pastikan artikel lebih dari 10, pake template default aja supaya gx ditolak dengan alasan situs sulit dinavigasi gx pake privacy,disclaimer juga gx pp gx ngaruh menurut saya.Hindari kata2 seperti p4yudara,s3x,p3raw4n (kalo pake blog indo) cara cek kata-kata tersebut tinggal cek di Google contoh"site:http://www.domainanda.com s3x" blog saya ada yang baru 3 hari di approved, Alhamdullilah saya selalu diterima dengan baik oleh Google.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mbak Anisa, atas ilmu dan pengalamannya. sangat bermanfaat sekaligus menjadi tambahan berharga dalam artikel ini. sukses selalu buat Anda. trims

      Delete
  13. iya juga sih benar yang dikatakan si admin tapi semua pekerjaan memang begitu min tak ada yang instan semua butuh sebuah proses yang sangat rumit

    ReplyDelete
    Replies
    1. proses inilah yang sebenarnya paling menentukan. sebab keberhasilan tanpa proses yang benar tidak akan sesuai target. dan tentu pula butuh kesabaran.

      Delete
  14. saya setuju dengan artikel diatas saya juga merasakan dari susahnya di terima oleh google dan sampai saat ini masih keok berjuang agar bisa ngerasain gajian tiap bulan dari google dan betapa ketatnya aturan dari google namun saya ingin mencoba sampai akhir hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. tetap semangat, kesuksesan tidak serta merta didapatkan dengan mudah. butuh ketekunan, fokus dan kesabaran. saya ikut berdoa, semoga sobat dimudahkan usahanya dalam mendapatkan approve adsense ini.

      Delete
  15. Kalau menurut saya Mending jadi SEO ekspert daripada publisher GA

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin sobat bisa lebih memperinci maksud SEO expert ini, agar visitor yang lain mengerti. salam sukses.

      Delete
  16. @Dean: makasih sdh ikut berargumen, krn memang artikel utk bkn utk diperbdebatkan. dlm akhir tulisan disebutkan "Jadi, saya akan senang mendengar pendapat sahabat tentang argumentasi mengenai adsense ini."
    Dan maaf sy orang beriman, dan apa yang sy tulis berdasarkan ilmu dan pengalaman. setahu saya youtube itu bkn bergabung, tapi diakuisisi google.inc, shg satu atap dg GA. Artinya trmsk produk google. :)
    Oiya, open ID-nya diganti aja mas, krn setelah sy cek, kok domain sdh expired. hehe
    Salam kenal mas Dean..

    ReplyDelete
  17. makasih gan infonya, beguna sekali infonya gan

    ReplyDelete
  18. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf, komentar Anda tidak relevan dan cenderung SPAM.

      Delete
  19. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau iklan di blog tutorial blogging ini? silakan hubungi admin melalui form contact us. dan dapatkan penawaran yang menarik.

      Delete
  20. Replies
    1. wong mung pendapat aja kok, heha :)

      Delete
  21. Pro kontra pasti ada ya gan,
    Tinggal kita fokus aja, gimana caranya bangun image blog yg baik dan kembangin terus visitornya toh lama-lama menjadi bukit dan earning terus bertambah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sob, semua hal terkadang belum lengkap jika tidak ada pro dan kontranya. namun pada intinya seperti yang sobat samapikan, tetap fokus pada langkah yang telah kita lakukan agar menjadi sukses.

      Delete
  22. alalhamdulah saya tidak pernah ditolak adsese

    ReplyDelete
  23. untuk 3 tahun yang lalu memang masih mudah daftar adsense dan juga bisa makai youtube , namun sekarang 2016 ini memang semakin ketat aturan aturan yg diterpkan oleh adsense bahkan youtube tidak bisa dikaitkan dengan blog sebelum blog itu sendiri di setujui oleh adsense,
    saya pernah merasakan mudahnya mendaftar adsense sekitar 3 tahun yang lalu sayangnya tidak bertahan sampai sekarang karena ada kesalahan yang fatal yaitu temen saya minjam komputer saya dan menonton youtube video hasil upload saya dan iklan tampilan tersebut diklk. alhasil akhirnya dapat email adsense say langsung dinonaktifkan , dan kini saya harus mulai lagi dari NOL
    yang jelas untuk saat sekarang kalau daftar adsense sangat sangat sulit sekali .. tapi saya tetap akan berusaha semaksimal mungkin
    itulah sekilas curhat saya, semoga admin blog ini berkenan dengan tulisan yg banyak ini
    salam kenal semuanya -title keyword blog uang

    ReplyDelete
  24. Blog saya juga gak di approve sama GA. Terakhir udah setengah jalan (widget iklam udah ada namun masih blank), namun akhirnya ditolak. Sulit juga, padahal artikel blog gak ada yg copas dan tidak melanggar kebijakan Google.

    ReplyDelete

Setiap komentar yang masuk akan dimoderasi. So, waspadalah.