Seputar Error 404 : Page Not Found - Halaman Tidak Ditemukan

Seputar Error 404 : Page Not Found - Halaman Tidak Ditemukan
Seputar Error 404 : Page Not Found - Sahabat mungkin pernah mengalami masalah saat membuka sebuah situs. Alih-alih ingin segera menikmati surfing pada situs tersebut, malah situs tersebut tidak bisa dibuka. Justru kemudian yang muncul pada layar monitor tulisan Page Not Found atau Halaman Tidak Ditemukan atau kata-kata lain yang semisal. Padahal alamat URL sudah tertera dengan benar di browser. Jangan terkejut, itulah yang dinamakan dengan Error 404.


Apa Error 404 itu?

Error 404 adalah sebuah kode kesalahan yang terjadi akibat gagalnya googlebot dalam merayapi sebuah situs. Google menemukan konten dengan cara mengikuti link atau tautan yang terjalin antara satu halaman ke halaman yang lainnya. Pada umumnya, kesalahan ini berinisial kode status HTTP 404.
Simak juga Berikut Cara Memasang Aneka Kode Warna HTML di Blog.

Apa penyebabnya?

Saat googlebot mengunjungi tiap laman pada sebuah situs, lalu laman tersebut hilang atau crash, maka terjadilah status error tersebut. Hal ini dikarenakan oleh sebab:
  • Salah mengetik alamat link atau tautan
  • Salah konfigurasi terutama pada konten pengelolaan otomatis
  • Halaman telah dihapus
  • Mengubah nama tanpa membuat redirect ke halaman yang baru

Apa dampak terhadap situs?

Sesuai perangkat google, kesalahan ini tidak berdampak secara fatal pada peringkat situs di google. Dampak yang terlihat nyata, justru pada kekurangnyamannya user atau reader terhadap situs tersebut. Paling tidak mereka mulai merasakan adanya aksi tidak profesional pada pengelolaan situs tersebut.
Trik pilihan Trik Agar Bounce Rate Blog Tidak Gendut.

Bisakah diperbaiki?

Error 404 adalah salah satu kesalahan sistem yang dibuat oleh manusia. Sehingga, pasti ada solusinya. Diantaranya adalah menelusuri jejak link yang broken atau rusak lalu setelah ketemu, hapus saja link tersebut. Tidak itu saja, script kode pada template yang tidak kompatibel juga akan dianggap error oleh googlebot, sehingga secara cermat harus mencarinya. Lalu apakah kita harus membuka satu persatu tiap postingan dan halaman pada blog kita untuk mengetahui mana link yang rusak? Tidak, karena saya yakin akan banyak terkuras tenaga. Untuk mencarinya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Selengkapnya sahabat simak artikel Cara Mengatasi Error 404.

Demikian ulasan singkat seputar Error 404. Semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan berkomentar pada kolom yang tersedia.
Artikel pilihan Alexa Rank Meluncur Drastis dalam 21 Hari.
Jika sahabat menyukai artikel ini, silakan ikut menyebarkannya melalui link di bawah. Semoga jadi amal kita bersama. 

I am not mastah or newbie, but I am a Blogger.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

comments
Dec 27, 2015, 2:12:00 AM delete

Apakah peringatan "Page Not Found 404" tadi harus diatur terlebih dahulu agar muncul ketika ada broken link, atau tersetting otomatis ada/bawaan di setiap template blog??

Reply
avatar
Dec 27, 2015, 5:18:00 AM delete

template bawaan blogger biasanya sdh tersetting scr otomatis, namun dlm bentuk spt biasa. tetapi pd template buatan, ada yg sdh tersetting dan ada pula yg belum. untuk pengaturan dan solusinya, silakan simak artikel kelanjutannya atau melalui google help.

Reply
avatar

Setiap komentar yang masuk akan dimoderasi. So, waspadalah.