Mengatasi Error Page not Found dengan Broken Link Checker

Mengatasi Error Page not Found dengan Broken Link Checker
Mengatasi Error Page not Found dengan Broken Link Checker - Mengatasi halaman blog yang tidak ditemukan pada browser sangatlah penting bagi seorang admin. Paling tidak, banyaknya link atau tautan yang rusak atau link hilang pada sebuah blog akan memberatkan googlebot dalam merayapinya.

Apa Error 404 itu?

Error 404 adalah sebuah kode kesalahan yang terjadi akibat gagalnya googlebot dalam merayapi sebuah situs. Selengkapnya silakan simak Seputar Error 404 : Page Not Found - Halaman Tidak Ditemukan.

Apa dampaknya?

Hasilnya bisa ditebak, blog kita lama-kelamaan akan hilang dari peredaran search engine dengan sendirinya. Meski hal ini dibantah tegas oleh para master seo. Bahwa broken link yang menyebabkan Error 404 tidak memberikan dampak yang signifikan pada peringkat blog. Argumen yang disampaikan adalah kesalahan seperti ini masih dalam taraf normal. Seorang admin pasti akan merasa kesulitan jika harus meneliti satu persatu link yang menyebabkan terjadinya error 404 tersebut. Apalagi bagi blog yang sudah sangat populer. Link yang masuk tiap detiknya juga akan terus bertambah.
Artikel pilihan 14 Ide Judul Postingan Menarik yang Bisa Anda Gunakan Sekarang.

Cara mengatasi Error Page not Found

Nah, berkaitan dengan itu, satu hal yang pasti semua setuju adalah bagaimana menghilangkan link rusak atau broken link yang menyebabkan error 404 itu. Jika permasalahannya adalah kesulitan dalam mencari satu persatu mana link yang rusak dari seluruh halaman blog, maka ada solusinya. Yakni menggunakan broken link checker secara online. Ada beberapa situs yang menawarkan cek broken link pada sebuah situs atau blog. Namun menurut pengalaman saya, diantara yang terbaik adalah http://brokenlinkcheck.com.

Situs ini menawarkan pengalaman perayapan link rusak yang handal. Selain melaporkan link yang rusak, situs ini juga mampu melaporkan link yang telah mati dengan sangat detail. Penasaran ingin mencoba? Silakan menuju ke http://brokenlinkcheck.com/broken-links.php.
  • Isikan kotak alamat URL tanpa http://.
  • Tulis kode verifikasi yang ada.
  • Beri tanda pada 'Report distinct broken links only' jika ingin mendapat laporan link rusak saja. Atau beri tanda pada 'Report all occurrences of each dead link' jika ingin mendapatkan hasil laporan menyeluruh, baik link rusak maupun link mati secara akurat. Pilihan kedua ini memerlukan waktu yang agak lama dibanding pilihan pertama.
  • Klik Find broken links now!
  • Tunggu hingga proses Complete. Lalu lihat hasilnya.Mengatasi Error Page not Found dengan Broken Link Checker
Artikel pilihan Strategi Efektif Meningkatkan Internal Linking Blog.
Pada gambar terlihat semua hasil link yang broken. Lalu bagaimana cara menghapusnya?

Sahabat klik kode 'src' pada tiap link. Lalu akan terbuka pada jendela baru. Setelah terlihat linknya, silakan menuju ke blogger untuk menghapus link tersebut secara manual.

Lakukan cara ini secara berkala untuk mengantisipasi menumpuknya link yang rusak. Semakin pendek interval penghapusan broken link, maka hasilnya akan semakin baik.

Cara lain juga bisa dilakukan tanpa melalui situs broken link checker, yakni melalui pantauan webmaster tool. Bagaimana caranya? Selanjutnya akan kita bahas.

Demikian ulasan mengenai cara mengatasi error page not found pada blog. Semoga bermanfaat.
Jika ada yang ditanyakan, silakan bergabung ke dalam komentar. Sahabat juga bisa share artikel ini melalui link yang tersedia. Trims

I am not mastah or newbie, but I am a Blogger.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

comments
Nov 3, 2015, 11:35:00 AM delete

terima kasih untuk artikelnya... bermanfaat sekali bagi pegelola blog.

Reply
avatar

Setiap komentar yang masuk akan dimoderasi. So, waspadalah.