Cara Mengatur Postingan dan Komentar pada Blog

Cara Mengatur Postingan dan Komentar pada Blog
Postingan dan komentar pada sebuah blog saling berkaitan antara satu sama lainnya. Adanya postingan akan menghadirkan respon berupa komentar. Demikian pula sebaliknya, keberadaan komentar menunjukkan bahwa postingan dalam blog tersebut telah berhasil memberikan pengaruh kepada reader. Maka ada baiknya keduanya ditata sedemikian rupa demi memberikan kenyamanan bagi pengunjung blog.

Pengaturan postingan

Pengaturan postingan dan komentar telah tersedia secara default di blogger. Berikut ulasannya.
1. Silakan masuk akun blogger.
2. Menuju Settings, lalu Posts and Comments.
Cara Mengatur Postingan dan Komentar pada Blog
Keterangan:
  • Show at most adalah jumlah postingan yang muncul di homepage blog. Jika sahabat memilih days, maka jumlah postingan yang boleh dimunculkan maksimal 500 post.
  • Post template adalah pre format editor berupa text dan kode HTML yang muncul setiap kali membuat postingan baru.
  • Showcase images with lightbox adalah memunculkan gambar hasil upload atau hasil link dalam overlay box. Jika terdapat beberapa gambar, maka semuanya akan terhampar pada postingan. Pilih 'no' jika ingin menonaktifkannya. Perlu diketahui, showcase lightbox ini tidak berfungsi pada template dinamis (dynamic template) dari blogger.

Pengaturan Komentar

Cara Mengatur Postingan dan Komentar pada Blog
Keterangan:

  • Comment location adalah tempat komentar berada. Terdapat beberapa pilihan. Pilih embedded untuk memudahkan reader langsung memberikan komentar.
  • Who can comment adalah mengatur siapa saja yang diperbolehkan untuk memberikan komentar. Tedapat beberapa pilihan. Anyone untuk siapa saja, termasuk reader anonymous. Hingga pilihan hanya member yang terdaftar saja yang diperbolehkan berkomentar. Untuk sesama blogger agar bisa saling berkomunikasi, pilih Registered User dan User with google account.
  • Comments moderation adalah layanan moderasi komentar setelah ada komentar masuk. Pilihan Always untuk selalu memoderasi setiap ada komentar yang masuk, sedang Never berarti semua komentar langsung terpublish tanpa menunggu diapprove oleh admin. Untuk menjaga komentar spam dan malware, saya sarankan untuk memilih Always. Kemudian nanti akan diarahkan untuk memberikan alamat email yang digunakan untuk melakukan proses moderasi. Gunakan email apa saja, namun sebaiknya memakai email yang sama untuk blog milik sahabat.
  • Show word verification adalah kode verifikasi yang harus diselesaikan oleh reader setelah memasukkan komentar. Kode ini bermanfaat untuk meminimalisir adanya komentar spam. Sedangkan bagi admin, kode verifikasi ini tidak akan muncul.
  • Show backlink memungkinkan sahabat melacak situs yang membuat link pada postingan blog kita.
  • Comment from message adalah rangkaian kata-kata dari admin yang terletak sebelum kolom komentar. Layanan ini biasanya berfungsi untuk memberikan informasi kepada reader agar berkomentar dengan baik dan aturan-aturan lainnya.

Jika semua telah terisi dengan benar, akhiri dengan Save settings. Sahabat jangan khawatir apabila terjadi kekurangan atau kesalahan dalam pengaturan ini, sebab settingan ini bisa dirubah sewaktu-waktu.
Baik, demikian ulasan pengaturan postingan dan komentar blog. Semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan tulis ke dalam kolom komentar yang tersedia. Sahabat juga bisa menshare artikel ini melalui tombol media sosial di bawah. Trims

6 comments