Waspada Ancaman Virus, Malware dan Spyware Saat Browsing


Waspada Ancaman Virus, Malware dan Spyware Saat Browsing
Internet kini telah menjelma menjadi gaya hidup manusia. Seakan ada yang kurang manakala sehari tanpa berselancar di dunia maya. Betapa tidak, jaringan internet menawarkan kepuasan tanpa batas. Semua sisi kehidupan kini telah beralih ke layar monitor baik komputer ataupun layar handphone. 


Aktifitas 'wira-wiri' di dunia internet ini jumlahnya kian hari kian tinggi. Baru-baru ini google merilis data jumlah pencarian dalam sebulan, yakni September 2015, adalah sebanyak 100 milyar pencarian. Itu hanya dari google, belum search engine lainnya seperti bing, yahoo dan lain-lain. Belum pula aktifitas sosial media seperti facebook, twitter, instagram dan lain-lain yang jumlahnya pasti juga sangatlah besar. Demikian pula aktifitas onpage tiap situs dan blog yang jumlahnya juga banyak, dan sebagainya. Artinya internet seakan menjadi wajah kehidupan baru bagi manusia.

Waspadai ancaman

Namun demikian, sadar atau tidak sadar, saat seseorang memasuki jaringan internet, maka bersiap siagalah akan gangguan pada device atau perangkat hingga gangguan pada diri pribadi pengguna internet. Berbagai macam virus, malware dan spyware dan seluruh keturunannya siap mengintai kelengahan seorang pengguna. Apa jadinya bila data-data penting kita berhasil dicuri orang lain dan digunakan untuk hal-hal yang justru merugikan kita. Atau data-data keuangan kita berhasil dirampok oleh tangan-tangan jahil penyusup spyware. Tentu masih ingat kejadian beberapa waktu yang lalu, manakala akun para artis berhasil diretas oleh hacker. Data-data dan gambar-gambar pribadi artis tersebar bebas dan menjadi santapan empuk para fans dan juru media. Tentu akan sangat berbahaya bila itu terjadi pada diri kita. Dan semoga saja tidak.

Yang patut diwaspadai adalah, penyusupan virus, malware, spyware dan gangguan lainnya ternyata dilakukan dengan sangat mudah tanpa sepengetahuan kita. Mereka para peretas mencoba mengaburkan gangguannya dengan informasi yang dibuat sewajar-wajarnya. Hingga tanpa sengaja kita berkomunikasi dengannya. Lalu infeksi virus merambah dengan mudah. Cara-cara yang menonjol pun tidak sedikit, seperti mendompleng kata-kata porno, bokep, bugil dan kata atau frasa lain yang sering dipilih oleh pengguna.

Maka saya menyarankan kepada Anda para sahabat blogging, agar senantiasa berhati-hati dalam menggunakan jaringan internet. Meningkatkan kewaspadaan terutama kita sesama admin situs atau blog, supaya tidak terjadi bahaya yang besar bagi blog kita. Secara umum pun harus ekstra waspada dengan aktifitas virus ini. Bukan menakut-nakuti, akan tetapi memberi peringatan agar tetap waspada. 

Gunakan Antivirus

Lalu bagaimana agar internet yang kita pakai ini aman? Jawaban paling mudah adalah, gunakan anti virus. Baik yang free ataupun yang premium. Jika ada kelebihan dana, silakan memakai yang premium untuk mendapatkan fasilitas dan fitur yang lebih banyak. Sedangkan bila memakai antivirus free version, maka sering-seringlah untuk mengupdate versi terbarunya. Kemudian aktifkan mode real time protection dan web protection saat berselancar di internet. Untuk menggunakannya, silakan download aplikasi antivirusnya pada link di bawah.
Dan anti virus lainnya.

Jika pembahasan di atas adalah seputar menjaga browser kita dari ancaman virus, malware, spyware dan semisalnya dengan menggunakan aplikasi antivirus, maka ada satu cara lagi yang juga ampuh untuk membentengi jaringan kita dari bahaya para peretas. Silakan simak artikel Ghostery, Add On Pengaman Saat Browsing.

Catatan: Link unduhan di atas hanya untuk memberikan informasi tautan link menuju web yang tersedia, bukan sebagai sarana plagiat admin. Mohon dimengerti bahwa ini untuk penyampaian ilmu semata.

Demikian informasi dari saya. Saya sangat berharap referensi ini sanggup menambah pengertian bagi sahabat agar lebih berhati-hati saat surfing di internet. Trims..

1 comments: