Cara Mengetahui Spesifikasi Komputer dan Laptop


Seperti yang telah kita pahami bahwa komputer merupakan salah satu perangkat yang paling populer. Hampir tiap device teknologi, pasti menyertakan komputer sebagai sarana pendukung atau bahkan komponen utama dalam membuat program.

Sebagai admin blog, saya yakin pengetahuan ini pun pantas untuk diketahui. Karena menyangkut kemampuan perangkat yang akan digunakan untuk membuat blog. Maka saya merasa perlu untuk sedikit mengulas spesifikasi komputer atau laptop.

Fungsi spesifikasi komputer

Mengapa spesifikasi komputer itu diperlukan? Sebab tidak semua komputer bisa digunakan untuk semua aktivitas. Dalam artian, tiap aktivitas tertentu juga memerlukan spesifikasi komputer terentu pula. Misalnya, komputer pentium 4 yang tanpa VGA (video graphics adapter) tidak akan mungkin digunakan untuk main game. Aktifitas gaming memerlukan spesifikasi tertentu, seperti adanya VGA dedicated yang besar, RAM memory yang besar pula dan lain-lain.
Artikel rekomendasi 15 Platform Gratis Terbaik untuk Membuat Blog.
Memahami tentang spesifikasi ini juga sangat bermanfaat bagi kita yang akan membeli komputer atau laptop, baik second hand atau yang baru.

Cara Mengetahui Spesifikasi Komputer dan Laptop

Baiklah, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui spesifikasi komputer atau laptop.

Cara pertama, klik start di pojok kiri bawah monitor. Lalu isikan kata 'dxdiag', kemudian Enter. Tunggu beberapa detik, akan muncul spesifikasinya.

Cara kedua, klik Start >> Compter >> Properties.

Cara ketiga, klik Start >> Computer >> Manage. Setelah terbuka tab baru, pilih Device management untuk mengetahui drive yang terpasang. Atau Disk management untuk mengetahui kapasitas hardisk.
Cara Mengetahui Spesifikasi Komputer dan Laptop

Cara keempat, mengetahui VGA dedicated untuk komputer grafis dan gaming. Klik kanan pada monitor, lalu pilih Screen resolution. Kemudian Advanced settings.


Cara Mengetahui Spesifikasi Komputer dan Laptop
Pada tab baru muncul nama VGA dan memory dedicatednya.
Artikel lainnya Inilah Rahasia Sebelum Membuat Blog yang Harus Anda Siapkan.
Bagaimana, mudah bukan? Cara di atas adalah untuk operasional sistem windows 7. Jika masih ada yang belum paham, mungkin video dalam TAUTAN ini dapat membantu.

Demikian ulasan cara mengetahui spesifikasi komputer dan laptop. Semoga bermanfaat.

0 comments