Aneka Produk Layanan Google yang Layak Anda Ketahui


Aneka Produk Layanan Google yang Layak Anda Ketahui
Aneka Produk Layanan Google - Tidak disangkal lagi, bahwa saat sekarang ini boleh dibilang adalah eranya google. Betapa tidak, hampir tiap sisi kehidupan terkait produk google di dalamnya. Dari mulai kehidupan rumah tangga, sosial, kantor, hingga urusan ketatanegaraan, google senantiasa masih tampil eksis mendampinginya. Layanan smart yang diberikannya seakan tiada habisnya. Selalu berbeda dengan inovasi progresif yang memukau.

Aneka Produk Layanan Google


Pada kesempatan kali ini, saya tidak akan membahas keberhasilan google yang memang sangat fantastis di dunia, akan tetapi saya akan membagikan kepada sahabat semua, apa saja produk layanan google yang bisa kita gunakan. Mari kita simak uraiannya berikut.

Google Search 

Layanan ini paling dicari dan populer seantero dunia. Bahkan saking populernya, khusus di Indonesia, layanan ini disebut sebagai 'Mbah Google'. Entah apa maksud sebenarnya pengistilahan ini, seakan-akan hendak menyematkan google sebagai orang tua yang banyak ilmunya, sehingga dipanggil mbah. Lain daripada itu, para webmaster seantero pelosok dunia berlomba-lomba untuk menampilkan situsnya menjadi yang terbaik di mesin pencari ini. Ini menunjukkan betapa pengaruh google search memang sangat luar biasa mendunia.
Artikel terkait Bagaimana Google Search Bekerja dan Pengaruhnya bagi Blog.

Google News 

Layanan ini berisi berita yang terkait dengan google. Fitur layanan yang diberikan bisa difilter sedemikian rupa sesuai tema berita yang ingin dicari. Sahabat juga bisa memasukkannya ke dalam sebuah widget khusus pada blog untuk menampilkan google news ini.

Google Translate 

Menurut berita yang beredar, hingga bulan Oktober 2015, pemakaian google translate telah mencapai 100 milyar terjemahan setiap bulan atau sekitar 138 juta perjam. Sebuah pencapaian yang luar biasa. Kemudahan terjemahan kata dalam berbagai bahasa telah menjelma menjadi sebuah buku terjemahan yang ekstra super besar. Tidak hanya kata tunggal atau singe phrase yang diterjemahkan, namun balutan kalimat utuh pun bisa diartikan dengan metode yang kini telah mendekati kesesuaian maka yang baik.

Google Trends 

Setiap detik ada saja kata atau keyword pencarian yang dilakukan orang sedunia dalam google search. Kata-kata atau phrase yang populer ini kemudian dirangkum ke dalam menu produk yang bernama google trends. Melalui google trends ini, sahabat akan dimudahkan mencari kata atau keyword apa saja yang populer pada periode tertentu. Layanan ini pun banyak diserbu para webmaster untuk mendapatkan keyword yang tepat untuk situs yang dikelalolanya.

Google Chrome 

Browser open source yang diciptakan google ini telah menjelma menjadi browsing ternama meski kalah start dengan browser lainnya seperti Firefox dan Safari. Namun jumlah penggunanya terus bertambah pesat seiring dengan layanan google lainnya yang terintegrasi dengan chrome. Sebuah trik marketing yang jitu dari google.

Google Calendar 

Fitur google yang tak kalah menariknya adalah google calendar. Fitur ini menyediakan kemudahan dalam memanage aktivitas harian, terutama bagi pengguna yang memiliki kesibukan harian yang padat. Layanan ini telah terintegrasi dengan gmail. Selain itu juga bisa membantu pengguna untuk membagikan event-event penting layaknya sebuah invitation.

Google Bookmarks 

Layanan ini menampilkan situs-situs favorite dengan hanya sekali klik. Selain itu, pengguna juga bisa mengatur elemen label, tags dan kategori dalam pencariannya. Sedangkan bagi blogger, google bookmarks adalah sarana ampuh menampilkan blognya ke dalam mesin pencari google. Blog yang telah dibookmarks google akan mudah terindeks google search.

Google Analytics 

Satu lagi layanan google untuk para webmaster. Google analytics akan menampilkan trafik, baik jumlah, sumber, demografi, dan lain-lain terkait sebuah situs. Dengan pemahaman yang baik, fitur ini menjadi bahan pertimbangan yang akurat guna menaikkan posisi situs atau blog yang lebih baik. Selain itu, para marketer juga masih mengandalkan google analytics untuk perekaman analisa produk yang ditawarkannya.
Artikel terkait Cara Daftar dan Memasang Kode Google Analytics di Blog.

Gmail 

Gmail merupakan layanan komunikasi menggunakan electronics mail. Layanan gratis yang sangat populer dan terintegrasi hampir semua fitur google. Maka, sudah menjadi keharusan bagi pecinta google apps untuk memilikinya. Selain itu, para blogger yang memakai paltform subdomain blogspot, tidak bisa tidak harus memilikinya. Sebab syarat utama membuatnya adalah dengan mempunyai alamat email dari gmail. Bagi sahabat yang ingin membuat email dari gmail ini silakan simak Cara Membuat Akun Gmail.

Google Plus

Fitur jejaring sosial ala google yang bisa digunakan untuk saling berkomunikasi dan saling berbagi berbagai bentuk file, baik image, video, teks, dan lain-lain. Para blogger pun kini memanfaatkan layanan google plus ini untuk menjaring visitor baru bagi blog yang dikelolanya. Selengkapnya tentang google plus, silakan simak artikel Seputar Google Plus.

Feedburner 

Fitur ini adalah semacam tools yang merangkum RRS Feed dan mengorganisasikan seluruh subscribernya. Layanan ini sangat berguna untuk mempromosikan konten blog melalui pemeliharaan para pelanggan yang bergabung. Seluruh update blog akan langsung tersebar setelah blog terisi konten terbaru.

Picassa 

Picassa adalah layanan photosharing dari google yang bermanfaat untuk berbagi image atau gambar. Fitur penyimpanan gambar tersendiri yang terintegrasi dengan blog sehingga tidak terlalu mengisi kepadatan kapasitas blog. Fitur ini bisa dibuat album untuk memudahkan dalam pengkategorian image yang ada.

Google Webmaster 

Fitur ini adalah tools wajib dimiliki oleh seorang blogger untuk mempercepat terindeks-nya blog ke dalam mesin pencarian google. Layanan submit, analisa, dan diagnosa situs sangat membantu meningkatkan kapabilitas sebuah blog. Boleh dibilang, bukanlah disebut blogger jika belum memahami fitur ini. Selanjutnya silakan simak Cara Agar Blog Cepat Terindex Google.

Google Adwords 

Google Adwords adalah layanan google untuk menampilkan iklan sesuai niche, keyword dan tema yang ada. Para pengiklan akan dipermudah untuk menampilkan iklannya agar tertarget dengan tepat. Selain itu, para webmaster pun tidak melewatkan fitur ini guna mencari keyword pencarian kata yang spesifik pada google search.

Google Adsense 

Layanan ini kebalikan dari google adwords, yakni fitur menempatkan iklan bagi marketer untuk mendapatkan jasa dari iklan yang ditampilkan. Marketer yang dimaksud biasanya para pemilik blog dan situs yang telah disetujui oleh google sebagai penayang iklan PPC atau Pay per Click. Boleh dibilang, fitur ini menjadi primadona pencarian tambahan bagi para blogger.

Youtube 

Satu lagi keunggulan google, yakni fitur sharing video yang sangat fenomenal. Apalagi kalau bukan youtube. Situs berbasis video ini telah memiliki jutaan channel aktif dengan subscriber berjumlah milyaran. Tidak itu saja, pageviews harian juga telah menyentuh angka milyaran. Sebuah pencapaian yang sangat luar biasa. Selain berbagi video, situs ini juga menawarkan penghasilan bagi yang telah terintegrasi dengan google adsense untuk ikut menampilkan iklannya di channel video yang dimilikinya.
Artikel terkait Gunakan Youtube Guna Mendapatkan Backlink Berkualitas.

Blogger 

Salah satu produk google yang tak kalah populernya dengan youtube adalah blogger. Platform pembuatan blog gratis ini hampir pasti dimiliki oleh para pembuat blog. Atau paling tidak pernah membuat blog dengan menggunakan platform ini. Keunggulan membuat blog melalui blogger ini adalah kemudahan pemakaian setiap fiturnya dan peluang mendapatkan penghasilan melalui monetisasi blog. Tidak disangkal, blogger adalah hal wajib dipahami oleh para blogger dimanapun berada. Dan yang paling utama, bahwa membuat blog itu mudah. Ga percaya? Silakan simak Membuat Blog itu Gampang.

Bagaimana sahabat, menarik bukan?

Sebenarnya masih ada layanan google lainnya yang bisa saya sampaikan. Namun paling tidak, fitur-fitur produk google di atas sedikit banyak menambah referensi seputar produk google yang ada.

Demikian ulasan seputar produk layanan google ini. Semoga bermanfaat.

0 comments