Cara Mengaktifkan Open ID untuk Komentar Backlink


Cara Mengaktifkan Open ID untuk Komentar Backlink

Seperti yang saya singgung sebelumnya pada postingan Seputar ID Blog dan Bagaimana Cara Mengetahuinya, bahwa setiap blog memiliki sebuah kode unik. Kode 'rahasia' ini hanya diketahui oleh admin dan author blog. Untuk melengkapi informasi ini, maka tutorial kali ini akan menguraikan seputar Open ID dan bagaimana agar akun tersebut aktif dan bisa digunakan.

Sekilas tentang Open ID

Open ID adalah semacam layanan tambahan blogger yang terintegrasi dengan layanan host internet. Dengan ID ini, maka para blogger bisa saling berinteraksi satu sama lainnya tanpa harus menyelipkan link URL blog miliknya. Cukup masuk dengan akun Open ID tersebut.

Manfaat Open ID

Manfaat menggunakan layanan Open ID adalah selain memudahkan para blogger berkomunikasi dengan blogger lain, juga dapat dijadikan senjata baru yang 'ampuh' untuk menanam backlink di sebuah situs atau blog ber-page rank tinggi, tanpa repot-repot meninggalkan URL link blog atau dengan metode anchor text dalam berkomentar. Jadi sangat efisien dan tentunya juga lebih efektif.

Cara Mengaktifkan Open ID

Lalu bagaimana cara mengetahui Open ID blog kita dan bagaimana agar akun tersebut aktif dan siap digunakan untuk berkomentar kapan saja ? Berikut uraiannya.

1. Buka dasboard blogger. Pilih Setting dan menuju ke sub menu Other. Di sana akan terlihat Open ID.
2. Alamat URL blog itulah yang sebenarnya menjadi akun Open ID sahabat.
Selanjutnya adalah cara mengaktifkannya. Silakan menuju ke menu Template. Pilih HTML. Paste kode di bawah ini sebelum </head>.

<link href='http://draft.blogger.com/openid-server.g' rel='openid.server'/>

<link href='http://bloging-gampang.blogspot.com/' rel ='openid.delegate'/>

Ganti URL blog warna merah dengan blog milik sahabat. Akhiri dengan Save template.


Dengan demikian, kini sahabat sudah bisa menggunakan akun Open ID untuk berkomentar ke blog lain.

Selanjutnya adalah bagaimana cara menggunakan Open ID untuk menanam backlink dalam berkomentar ? Silakan simak postingan Cara Lain Menanam Backlink yang Terbukti Ampuh.


48 comments