Sunday, April 24, 2016

Alasan Kenapa Blog Tidak Bisa Menghasilkan Uang

Alasan Kenapa Blog Tidak Bisa Menghasilkan Uang
Satu diantara alasan seseorang terjun menjadi seorang blogger adalah mendapatkan penghasilan melalui aktivitas blogging yang mereka lakukan. Tidak sedikit dari mereka berhasil mewujudkannya dengan mendapatkan jatah dollar dan rupiah setiap bulannya. Bahkan beberapa diantaranya menjadikan aktifitas blogging sebagai pekerjaan pokok. Bukan hanya sekedar untuk uang jajan. Lebih dari itu, bisa untuk memenuhi kebutuhan hidup keseharian.

Bagi sahabat yang cukup yakin dengan pernyataan, “Build Blog and Get Money” atau “Membuat blog berarti siap mendapatkan uang”, pasti tambah percaya saat uang hasil dari blogging terus mengalir di kantongnya. Akan tetapi sebaliknya, ternyata tidak sedikit pula yang harus menerima kenyataan tidak mendapatkan uang sepersen pun dari aktifitas blogging-nya. Atau berhasil mendapatkannya, namun jumlahnya tidak seberapa.

Lalu apa yang salah? Apakah blog-nya? Atau bloggernya? Atau memang situasi blogging memang tidak lagi menguntungkan?


Memahami tujuan blogging

Uang memang bukan alasan pokok dalam membuat blog. Ada tujuan lain yang lebih bijak jika dibandingkan dengan hanya sen per sen dollar saja. Lebih dari itu, blogging adalah seni. Seni bagaimana menjadikan diri lebih dewasa. Membuat diri menjadi person yang bermanfaat dan merasa dibutuhkan oleh orang lain.

Namun bukan berarti harus menghapus uang sebagai salah satu tujuan blogging. Sebab memang faktanya, banyak blogger yang telah menikmati keuntungan ratusan ribu dollar dari blog yang mereka kelola. Sahabat pun juga demikian. Dan jika belum berhasil, itu hanya proses yang masih berjalan. Belum berakhir. Masih ada waktu untuk memperbaiki situasi yang ada.


Alasan kenapa blog tidak bisa menghasilkan uang

Nah, berikut akan coba saya ulasan sedikit alasan kenapa blog tidak bisa menghasilkan uang. Selamat menyimak.

#1. Minim keterampilan menulis

Tidak bisa dipungkiri, bahwa kualitas artikel konten pada postingan blog merupakan faktor utama mengapa visitor rutin berkunjung. Mereka merasa mendapatkan sesuatu yang bermanfaat setelah membaca kata demi kata yang ada di dalamnya. Kesan yang ditimbulkannya akan menjadikan paradigma yang baik bagi sebuah blog.
Silakan simak Khusus Pemula : 11 Tips Sederhana Menulis Postingan Blog.
Oke, bahwa SEO blog itu penting. Namun tidak menjadi penting lagi saat visitor kecewa dengan blog yang baik secara SEO, namun buruk dari segi kualitas artikel. Inilah mengapa banyak advertiser yang rajin mencari blog dengan kualitas yang memadai dari segi isi kontennya. Sebab dari sinilah awal pengunjung menjadi subscriber blog.

#2. Hanya bergantung pada Adsense

Adsense memang jadi primadona sebagai pengeruk dollar. Banyak blogger yang telah membuktikannya. Namun bukan berarti penghasilan hanya dari Adsense semata. Tidak. Bahkan sahabat perlu ekstra tenaga untuk menghasilkan dollar dari adsense. Ribuan dollar yang didapatkan blogger sukses tidak didapatkan dari satu, dua atau tiga blog saja. Melainkan hasil dari jerih payahnya dalam mengelola 50an blog yang terkait dengan akun Adesense. Operasional untuk mempertahankan sekaligus merawat puluhan blog tersebut juga besar.
Sangat menarik disimak 7 Alasan Mengapa Google Adsense Layak Ditinggalkan.
Beralihlah segera untuk memanfaatkan celah lain dalam mendapatkan penghasilan dari blog. Banyak yang bisa dikreasikan lebih dari sekedar Adsense. Jangan sampai patah arang, patah semangat saat berkali-kali ditolak untuk menjadi publisher Adsense.

#3. Tidak layak dipasarkan

Penghasilan merupakan korelasi positif dengan penawaran yang dipasarkan. Pemasaran baik, maka potensi penghasilan juga baik. Demikian pula sebaliknya. Nah, teliti kembali blog yang sahabat kelola. Sudah layakkah untuk dipasarkan? Bagaimana tampilan, isi konten dan sebagainya telah memberikan daya tarik bagi visitor? Jujurlah dalam melihat situasi dan kondisi blog.
Lanjutkan dengan artikel 5 Alasan Mengapa Blog Sepi Pengunjung.

#4. Niche tidak menguntungkan

Inilah pembeda untuk blog yang berkualitas. Pemakaian niche yang viral tentu lebih menarik perhatian banyak visitor dibandingkan dengan niche lainnya. Contohnya, blog tutorial blogging tentu kalah bersaing dengan blog lain yang bertema gossip artis, berita populer, diet dan sebagainya. Meski sama-sama berkualitas dalam hal isi konten, namun berbeda dari jumlah trafik yang didapatkannya.

Maka wajar jika blog yang tidak ‘menjual’ karena memakai niche yang tidak viral jarang dikaitkan dengan akun Adsense atau advertise lainnya.

#5. Tidak memiliki network

Inti bisnis adalah membuat jaringan. Jika sahabat sebagai blogger tidak mengusahakan diri membuat jaringan, maka blog tidak mudah tumbuh dan menghasilkan. Pilihan jaringan sangat banyak, baik secara online maupun offline. Memasuki komunitas tertentu untuk melebarkan jaringan sangat bermanfaat untuk menyalurkan apa saja yang kita miliki, baik keterampilan, produk bisnis, dan lain sebagainya.
Artikel terkait 20 Tips Marketing Buat Para Blogger.
Dan blogging sendiri pada hakekatnya adalah proses membuat jaringan. Untuk itu, tetaplah bersemangat untuk terus beraktifitas mengelola blog. Jika saat ini belum ada hasil, bukan tidak mungkin satu, dua, tiga hari atau bulan depan adalah milik sahabat. Uang akan mengalir dengan sendirinya seiring dengan suksesnya sahabat menjadi blogger yang baik.

Penutup
Menghasilkan uang melalui blog itu tidaklah sulit. Luaskan pandangan sahabat. Tujuan memang utama, tetapi proses untuk meraihnya adalah hal yang harus dilalui dengan cara yang bijak. Jangan pernah menyerah meraih apa yang sahabat cita-citakan. Hari ini belum berhasil, yakinlah, suatu saat pasti berhasil. Jika orang lain bisa, kenapa kita tidak?

Itulah beberapa alasan kenapa blog sulit menghasilan uang. Semoga bermanfaat dan salam sukses.

13 comments:

  1. Bener tuh gan...dari kelima poin tersebut ternyata blm semua ada pada ane...terlihat dari visitor blog ane & pendapatan iklan yg sangat minim.

    ReplyDelete
  2. Nice and helpful one Website thanks for you dear. http://apkwell.blogspot.com/

    ReplyDelete
  3. Terima kasih atas info nya gan ^^
    kunjungi juga ya http://www.maskacung.com

    ReplyDelete
  4. Makasih infonya, gan.
    Lam kenal dari Film Bioskop Indonesia

    ReplyDelete
  5. Baru tau ini toh blog mas owen..

    kalau tau udah lama datang kemari..

    kalau saya sih jangan patah arang aja, terus menerus blogging akan membuat kita belajar apa saja kekurangan kita dalam blogging

    ReplyDelete
  6. Memang benar hal-hal yang dibahas sangatlah penting, saya pernah gagal dalam mengurus 2 blog dikarenakan tidak mengindahkan hal-hal tersebut. Thanks

    ReplyDelete
  7. jual pasir galunggung kualitas terjamin http://www.pasirgalunggung.tk/

    ReplyDelete

Setiap komentar yang masuk akan dimoderasi. So, waspadalah.