Thursday, October 22, 2015

Cara Agar Blogger Terjaga dari Redirect URLs Specific Country

Cara Agar Blogger Terjaga dari Redirect URLs Specific Country
Kini blog dengan platform blogspot dari blogger akan otomatis terredirect atau dialihkan ke domain URL sesuai negara masing-masing. Sebagai contoh, urlblog.blogspot.com akan dialihkan menuju ke urlblog.blogspot.co.id bagi blogger dari Indonesia. Sedangkan untuk negara lain, misal Australia (blogspot.com.au), Perancis (blogspot.fr), Spanyol (blogspot.com.es), Brasil (blogspot.com.br), Italia (blogspot.it) dan sebagainya.

Dampak perubahan URL Specific Country

Lalu apa dampaknya bila hal ini tetap terjadi pada blog kita. Paling tidak ada beberapa hal yang berdampak kurang baik bagi blog yang teralihkan tersebut. Diantaranya menurunnya jumlah 'like' pada sosial media baik facebook, twitter maupun google plus. Selain itu, bila blog sahabat terintegrasi dengan komentar platform eksternal seperti disquss dan lainnya, maka akan ada masalah oleh karena berbedanya alamat URL. Belum lagi berpengaruh pada google adsense dikarenakan pembatasan domain khusus negara.

Cara mengatasinya

Untuk menjaga dari beberapa hal kurang baik tersebut, maka berikut akan saya coba share-kan sebuah kode yang bisa diletakkan pada template blog agar tidak terkena redirect specific country ini. Kode ini saya dapatkan dari Amit Agarwal. Berikut kodenya.

<script type="text/javascript">
  // Written by Amit Agarwal
    /* Get the full URL of the current blogger page */
  var blog = document.location.href.toLowerCase();
  /* Do not redirect if the domain is .com already */
  if (!blog.match(/\.blogspot\.com/)) {
    /* Replace the country TLD with .com and ncr switch */
    blog = blog.replace(/\.blogspot\..*?\//, ".blogspot.com/ncr/");
    /* Redirect to the new .com URL in the current tab */
    window.location.replace(blog);
  }
  // Source: http://labnol.org/?p=21031
</script>

Letakkan script kode di atas setelah kode tags <head>. Akhiri dengan Save template.

Kini blog sahabat terbebas dari redirect specific country. Meski dibuka di negara manapun, blog sahabat akan tetap berakhiran blogspot.com.

Demikian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat. Jika ada yang ditanyakan, silakan tulis dalam kolom komentar yang telah tersedia.

No comments:

Post a Comment

Setiap komentar yang masuk akan dimoderasi. So, waspadalah.