Enam Aktivitas Harian Seorang Blogger Sukses, Layak Anda Simak SEKARANG

aktifitas harian blogger sukses
Sebelum terjun menjadi seorang blogger, seseorang mungkin tidak berpikir akan mendapatkan atifitas baru. Membuat artikel, update konten, browsing untuk mengumpulkan informasi, menjalin komunikasi dengan orang lain selain memakai media sosial, belajar SEO dan sebagainya. Beberapa aktifitas ini seakan muncul begitu saja saat mulai benar-benar terjun dalam dunia blogging.

Memang tidak banyak perubahan aktiftas. Hanya sedikit saja. Namun sudah begitu terasa. Bagaimana tidak. Jika sebelumnya tidak pernah berpikir untuk membuat artikel setiap hari, maka tuntutan itu kemudian menjadi aktifitas yang harus dilalui.

Bagi sebagian blogger, blogging tidak hanya sekedar new activity. Sebagian mereka blogging adalah salah satu jalan menuju sukses. Sebagian yang lain mengatakan, bahwa blogging hanya hobi semata. Sebagian lain bahkan rela berinvestasi dengan dana yang tidak sedikit, sebab baginya, blogging adalah investasi masa depan. Ada sisi keuntungan yang pasti akan didapatkan darinya. Dan sebagian lainnya berimprovisasi bahwa blogging adalah gaya hidup untuk menjadi kaya.

Selaras antara tujuan dan proses

Well, silakan saja semua berpendapat. Beragam tujuan pasti ada dalam setiap pekerjaan. Sah-sah saja setiap individu mencetak tujuannya masing-masing. Dan blogger pun demikian. Blogging dapat memiliki aneka macam tujuan. Dan memang tujuan adalah sebuah idealisme tersendiri yang layak diperjuangkan. Namun demikian, jangan sampai dilupakan. Sebaik apapun tujuan, bila dilakukan dengan proses yang tidak benar, maka semuanya akan sia-sia. Seorang blogger yang sukses adalah mereka yang mampu menyelaraskan antara tujuan dan proses yang benar. Tidak hanya fokus dan semangat, diperlukan pula kesabaran tingkat tinggi untuk meraih kesuksesan.


Aktifitas harian blogger sukses

Dan berikut akan coba saya rangkum aktifitas keseharian seorang blogger yang bisa dijadikan ukuran sejauh mana kita yang mengaku sebagai blogger telah berhasil melaluinya. Coba pasangkan kata fokus, semangat dan kesabaran dalam tiap-tiap aktifitas berikut ini.

#1. Update reguler

Tidak bisa tidak, update konten adalah komponen yang tidak bisa terlepas dari kesuksesan blog itu sendiri. Idealnya setiap hari blog diperbarui. Dan perbaruan blog tidak hanya soal membuat artikel baru. Akan tetapi banyak hal yang dapat digunakan untuk memperbarui blog. Beberapa diantaranya adalah dengan mengupdate informasi artikel blog. Sebab ada kemungkinan seiring berjalannya waktu, informasi dapat berubah dan perlu untuk diperbarui. Selain itu, membaca dan menanggapi komentar yang masuk. Bisa pula dengan mengupdate informasi blog dari sisi penambahan widget, space iklan, pengaturan header dan lain sebagainya.
Artikel terkait Segarkan Blogmu dengan 10 Cara Ini.
Namun jika bisa meluangkan waktu untuk membuat artikel setiap hari, maka itu akan menjadi kredit poin penting. Tidak saja bagi mesin perayap, namun sangat baik untuk menjaga ketersediaan informasi terbaru bagi pengunjung. Layanan yang makin sempurna untuk googlebot dan visitor.

#2. Menanggapi komentar

Menanggapi komentar sangat baik dilakukan untuk menjaga interaksi dengan pembaca. Sebab ada sebagian mereka yang benar-benar memperhatikan semua isi konten blog. Tidak hanya blog walking yang hanya mementingkan untuk menanamkan link semata. Hanya perlu memberikan kata penghormatan dan pujian atas respon yang mereka berikan. Beragam respon yang masuk juga dapat menjadi bahan acuan untuk menanggapi komentar. Ada komentar yang berupa pujian atas informasi yang ada. Ada yang memberikan tambahan dan juga ralat. Bahkan tidak sedikit yang memberikan pertanyaan. Semua ini jika dilakukan setiap hari, maka makin banyak yang menaruh perhatian sekaligus penghormatan pada blog kita akibat perlakuan yang kita berikan atas respon pembaca yang masuk.
Artikel layak baca 5 Aktifitas Mengerikan bagi Seorang Blogger.
Menanggapi komentar juga berfungsi untuk mencegah hadirnya komentar spam. Pilihan memoderasi apakah akan tetap dimunculkan sebagai komentar atau sebaiknya didelete atau dihapus saja atau pilihan yang lain. Makin minimnya komentar yang bernada spam, link judi, porno dan lainnya akan menambah kewibawaan blog kita di mata pembaca yang lain.

#3. Belajar dan terus belajar

Mengingat pentingnya update blog, maka secara sengaja ataupun tidak seorang blogger dengan sedirinya akan memperbarui dirinya sendiri. Setiap hari berusaha untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan. Belajar mendapatkan informasi dari media yang ada, baik dari majalah, koran, televisi, bahkan browsing internet. Meski demikian, sebenarnya hal ini begitu membosankan jika dipaksakan. Lebih baik mengambil langkah-langkah kecil namun berarti dalam menjaga diri tetap mendapatkan informasi bagi diri.
Artikel pilihan Enam Bulan Krusial Bagi Blogger.

#4. Menyukai hal-hal baru

Akibat seringnya mencari, mendata, menganalisa dan merangkum informasi, secara tidak sadar seorang blogger menjadi penyuka akan hal-hal baru. Membuka komputer, lalu broiwsing berita terkini adalah bagian dari hal-hal baru tersebut. Entah hanya sekedar berita, bahkan mungkin mendapatkan ide untuk memulai hal-hal bari itu sebagai sebuah aktifitas. Terkadang setiap hal memang perlu ‘dipaksa’, yang pada akhirnya menjadi kebiasaan baru dan berkesinambungan.
Artikel referensi 20 Tips Marketing Buat Para Blogger.

#5. Slow down

Membuat artikel update setiap hari adalah hal penting. Menanggapi komentar dan berinteraksi dengan sesama blogger juga tidak kalah penting. Namun demikian, tentu diperlukan rehat dan cut sebentar meski hanya untuk sekedar menarik nafas dalam-dalam untuk menikmati perubahan keadaan sekitar. Luangkan waktu untuk merasakan ini. Sebab justru di saat istirahat inilah muncul ide dan gaagsan yang lebih besar dan tidak pernah diperkirakan sebelumnya. Maka, ambillah waktu isirahat untuk menikmati perubahan dan datangnya ide fantastis lainnya.
Artikel menarik 5 Pelajaran Berharga Menjadi Seorang Blogger.

#6. Update tujuan

Seorang yang sukses itu memiliki cita-cita dan tujuan yang sudah terpatri. Setiap tingkah laku kesehariannya adalah dalam rangka untuk mencapai tujuan tersebut. Akan tetapi, setiap tujuan tidak akan pernah serta merta tercapai secara langsung. Ada tahapan-tahapan yang pasti dilalui sebelum meniti puncak kesuksesan. Maka, diperlukan update tujuan setiap saat sebagai bagian dari tahapan untuk mencapai sukses tersebut. Entah target setiap hari, setiap minggu ataupun setiap bulan. Asalkan target tersebut tidak melenceng dari tujuan utama.
Simak Fakta Menghasilkan Uang Melalui Blog yang Layak Anda Pahami.
Hal yang sama dimiliki oleh seorang blogger. Pastikan target utama telah tertulis. Kemudian lanjutkan dengan menetapkan target-target sebagai tahapan untuk mencapai tujuan utama. Buat target harian, mingguan atau bulanav pada blog yang dikelola. Sekian hari harus mencapai tujuan apa. Misalnya mendapatkan visitor berapa pada bulan tertentu. Bagaimana posisi halaman di hasil pencarian google. Bagaimana peringkat blog di Alexa. Dan sebagainya. Yang pada akhirnya akan menuju ke tujuan utama yang lebih besar.

Sukses adalah hak setiap insan

Saya yakin sahabat akan lebih baik dan baik lagi manakala mampu mengatur setiap periode blogging dengan baik. Ingatlah, kesuksesan hanyalah soal waktu. Fokus, semangat dan kesabaran adalah modal utama. Lanjutkan setiap langkah yang tertarget setiap masanya. Yakinlah bahwa menjadi sukes adalah hak setiap manusia, termasuk kita sebagai seorang blogger. Wake up and act now. 

8 comments