Strategi Efektif Meningkatkan Internal Linking Blog


Strategi Efektif Meningkatkan Internal Linking Blog
Internal linking blog adalah tautan yang saling mengait antara satu sama lainnya di dalam blog. Berlawanan makna dengan external linking yang menautkan link di luar blog. Semua link yang ditautkan pada internal link semua diarahkan menuju ke dalam blog itu sendiri.

Sistem internal linking ini memiliki manfaat yang sangat baik bagi SEO blog. Diantaranya adalah membantu meningkatkan page views atau jumlah tampilan halaman sehingga berimbas pada rasio bounce rate yang tidak besar. Selain itu keberadaan link yang menarik, akan mendorong pembaca untuk lebih lama berada di blok. Dampaknya akan membantu meningkatkan peringkat postingan di dalam mesin pencari.
Artikel terkait Trik Agar Bounce Rate Blog Tidak Gendut.
Dengan demikian, mengingat pentingnya internal linking tersebut, maka saya tertarik untuk iktu berbagi trik atau strategi guna mengoptimalkan internal linking pada blog. Berikut ulasannya.

Trik meningkatkan internal linking blog

Gunakan sitemap

Sitemap atau peta situs tidak hanya penting untuk membantu pengunjung menemukan apa yang mereka cari, tetapi juga merupakan cara mudah menampilkan semua link postingan yang ada dalam blog.
Baca Cara Memanjakan Pengunjung Blog dengan Sitemap yang Simple dan Menarik.

Related posts

Related post juga merupakan sarana mudah menempatkan link postingan yang lain. Selain itu tentu membantu memudahkan pengunjung mendapatkan artikel atau informasi tambahan yang mungkin menarik bagi mereka. Cara menyematkan fitur related posts ini bisa dilakukan dengan memodifikasi kode HTML pada template blog. Sehingga postingan yang terkait akan dimunculkan secara otomatis. Atau bisa pula dengan cara manual. Yaitu dengan cara membuat kata-kata atau kalimat "Artikel terkait" atau "Artikel lainnya" atau "Baca juga" dan sebagainya.
Artikel terkait Cara Membuat Artikel Terkait atau Related Post yang Bergambar.

Popular posts

Sertakan widget popular post untuk menampilkan link-link postingan yang paling sering dikunjungi visitor. Dengan membuat widget ini, berarti pula membuat beberapa draft link ke dalam blog. Biasanya, popular posts lebih sering dilirik oleh pengunjung untuk ikut mengaksesnya langsung.
Simak Buat Widget Popular Posts di Blogmu jadi Berwarna-warni dan Menarik.

Postingan bersambung

Jika memang postingan sangat panjang dan terbagi dalam beberapa tahap, tidak ada salahnya untuk memecahnya menjadi beberapa postingan. Namun berhati-hatilah akan respon pengunjung yang mungkin merasa bahwa admin telah memanfaatkannya untuk mendapatkan tampilan halaman yang lebih banyak.

Rangkuman postingan

Tidak ada salahnya juga membuat rangkuman mingguan atau bulanan mengenai postingan blog yang paling populer atau paling banyak dikomentari dan sebagainya. Tentunya jumlah link yang tertanam pun akan bertambah.

Pasang link di Error Page 404

Halaman tidak ditemukan atau biasa yang diistilahkan sebagai Error Page 404 kadang membuat jengkel dan kecewa bagi pengunjung. Sebab mereka tidak jadi mendapatkan informasi yang mereka inginkan. Maka agar pengunjung tidak kecewa, sematkan link menuju Beranda atau homepage atau postingan tertentu untuk menjaga posisi pengunjung tetap berada di blog. Sehingga secara tidak langsung, internal linking pun makin bertambah.
Artikel terkait Seputar Error 404 : Page Not Found - Halaman Tidak Ditemukan.

Sertakan link di footer

Meski tempatnya berada di bawah blog, tetapi menurut beberapa penelitian tentang aktifitas pengunjung setelah membaca postingan adalah menggulirkan mouse hingga ke bagian bawah blog. Lalu memeriksa footer blog untuk mencari informasi yang relevan dengan yang mereka cari. Sehingga ada peluang untuk mengenalkan adanya postingan atau link lainnya yang dianggap penting dan menarik.

Hyperlink text dalam postingan

Jika dalam postingan memuat kata-kata atau kalimat yang bersesuaian dengan postingan yang lain, tidak ada salahnya untuk membuat hyperlink baginya. Ini juga merupakan peluang baik guna memuat link postingan lama agar mudah untuk diakses kembali. Para peneliti mengklain, bahwa penempatan hyperlink text paling efektif adalah di paragraft pertama postingan.
Referensi pilihan Cara Membuat Semua Eksternal Link di Blog Terbuka pada New Tab Window.
Demikian sedikit ulasan mengenai strategi meningkatkan internal linking blog. Semoga bermanfaat.


0 comments