Internet Marketing (Definisi, Tujuan dan Ragamnya)


Perkembangan pesat dunia teknologi terkait dengan progressivitas di dalam dunia internet. Layanan provider yang ada di seluruh dunia telah menghasilkan era baru. Era digital yang terpadu dengan internet berhasil menjamah setiap sisi kehidupan. Dan salah satu yang paling populer adalah internet marketing.

Perkembangan internet memudahkan seseorang untuk terhubung dengan seluruh penduduk dunia. Seakan hampir tanpa sekat. Sehingga sangat wajar jika kemudian internet dijadikan ajang mempromosikan bisnis atau menjual produk yang paling efektif. Selain jangkauan lebih luas, biayanya pun lebih murah serta lebih mudah pemakaiannya.

Akan tetapi faktanya tidak sedikit pula yang belum mengenal, apa internet marketing itu? Apa fungsi dan manfaatnya? Dan bagaimana caranya. Maka, saya harap ulasan singkat ini akan membuka wacana kita seputar internet marketing. Berikut ulasannya.

Artikel pilihan Mau Tahu Cara Dapat Uang dari Blog ?


Definisi internet marketing

Internet marketing atau biasa disingkat dengan IM, secara bahasa adalah pemasaran melalui internet. Dan makna pemasaran di dunia online itu sendiri sangat beragam. Namun pada dasarnya hanya ada dua komponen pokok dalam internet marketing, yakni menghasilkan uang secara online dan promosi secara online.


Tujuan internet marketing

Sesuai komponen dasarnya, maka tujuan utama dari internet marketing adalah mendapatkan profit atau keuntungan dan meningkatkan informasi pada sebuah brand atau produk.

Ragam internet marketing

#1. Promosi secara online

Hadirnya jangkauan internet yang makin luas, menjadi pilihan tepat guna memasarkan bisnis secara online. Untuk memasarkan bisnis online, tidak perlu memiliki akta perusahaan yang tentunya sangat rumit dilakukan terutama pebisnis pemula, tidak perlu mengeluarkan budget tinggi untuk memiliki SDM sales marketing, dan sebagainya. Sebab, pengunaannya sangat mudah sekali. Hanya cukup dengan memiliki akses internet, maka bisnis dan produk apapun dapat diinformasikan ke seluruh dunia. Bahkan bisa dilakukan tanpa modal, alias gratis. Inilah yang kemudian menjadi pertimbangan utama bagi entrepreneur pemula untuk menaikkan brand bisnis dan produk yang dimilikinya.

Akan tetapi, jangan salah, bahwa ternyata internet marketing juga menjadi hal wajib bagi perusahaan besar untuk menaikkan citra, branding dan profit.

Pasar global yang bisa digaet dalam internet marketing ini adalah perangkat untuk mengakses internet yang semakin mudah. Seperti smartphone dalam berbagai variannya, jaringan wifi, hotspot area, provider dari operator telekomunikasi dan lain-lain.


Contoh promosi online

Terdapat banyak cara melakukan promosi secara online yang bisa diterapkan. Berikut beberapa diantaranya.
a. Email marketing, merupakan cara promosi dengan mengirimkan pesan kepada orang lain melalui kontak email.
b. SEO, atau Search Engine Optimization, adalah cara promosi dengan menggunakan teknik mengoptimalan website dalam mesin pencarian.
c. Social marketing, merupakan cara mempromosikan bisnis melalui jaringan media social. Seperti facebook, google+, twitter, dan lain-lain. 
d. PPC Ads, adalah memasang iklan dalam jaringan publisher yang terdapat dalam perusahaan penyelenggaran layanan PPC.
Rekomendasi artikel Kumpulan Artikel SEO Blog, Alexa dan Backlink 2015.
Layanan promosi online di atas bisa dilakukan tanpa biaya sedikit pun alias gratis. Namun ada pula yang berbayar, seperti jasa sebar email, jasa backlink, fb ads dan tentunya memasang iklan dalam PPC Ads.


#2. Menghasilkan uang secara online

Selain promosi online, internet marketing juga mencakup bagaimana menghasilkan uang secara online melalui internet. Ada banyak ragam dan jenis yang bisa dilakukan untuk mengumpulkan penghasilan dari internet. Berikut beberapa diantaranya.

a. Jual produk sendiri, merupakan frase yang mudah dipahami. Yakni melakukan pemasaran produk yang dimiliki secara online. Ada banyak yang bisa diterapkan untuk menjual produk sendiri, yakni melalui toko online milik sendiri atau menjadi member toko online yang lebih besar, seperti OLX dan semisalnya.
b. Lelang online, adalah cara memasarkan produk sendiri atau produk orang lain dalam jaringan perusahaan lelang online, misal eBay dan Flippa.
c. Dropship, adalah cara mudah mendapatkan pelanggan tanpa harus memiliki produk sendiri. Hanya ikut mereferensikan produk yang dijual oleh perusahaan yang telah terikat kontrak untuk menjadi dropshiper.
d. PPC, atau pay per click, adalah semacam program untuk menghasilkan uang dari klik iklan. Baik melalui jaringan publisher iklan, seperti google adsense atau jaringan advertise, seperti neobux, clixsense dan lain-lain.
e. Afilliate marketing, merupakan teknik mendapatkan penghasilan dengan cara mereferensikan orang lain untuk membeli atau menjadi member sebuah perusahaan, misalnya amazon, lazada dan lainnya.
Artikel pilihan Cara Mendaftar Jadi Penjual di Amazon dalam 5 Langkah Mudah.
Dan masih banyak lagi cara menghasilkan uang secara online ini. Jika dilihat, rata-rata hampir sebagian besar tidak harus dimulai dengan modal tertentu. Meski ada pula yang harus menyertakan dana untuk memulainya.


Kesimpulan

Pada prisinsipnya, internet marketing itu sangatlah mudah. Namun ternyata banyak para pelaku atau pebisnis online gagal memanfaatkannya. Sehingga pemahaman yang baik tentang internet marketing ini sangat dibutuhkan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Jalani step by step, fokus, dan konsisten adalah tiga hal yang wajib dimiliki seorang marketer.

3 comments