HARBOLNAS atau singkatan dari Hari Belanja Online Nasional tahun ini telah resmi digelar mulai tanggal 10-12 Desember 2015. Diskon besar-besaran menjadi ikon tiap-tiap perusahaan e-commerce yang mengikuti ajang tahunan ini. Bahkan diantaranya ada yang berani memberikan diskon hingga 99%. Ini artinya, hanya 1% harga jualnya.
Selain diskon, pesta cashback, bonus voucher, dan masih banyak lagi promo 'gila-gilaan' yang dihadirkan dalam ajang yang mengadopsi ajang promo Cyber Monday atau Black Friday yang telah lebih dulu sukses di negara-negara maju seperti Jepang, Amerika Serikat, Kanada, Inggris dan Jerman ini.
Artikel wajib baca Membuat Blog Dalam 5 Menit, Terbukti.
Di Indonesia sendiri, ajang Hari Belanja Online Nasional ini pernah digelar pertama kali pada tahun 2012. Saat itu pelaku e-commerce yang mengikutinya baru berjumlah 7 e-commerce. Kemudian meningkat di tahun berikutnya 2013 berjumlah 22 e-commerce, lalu naik pesat hingga 78 e-commerce di tahun 2014 dan pada tahun 2015 ini diikuti oleh 140 e-commerce dari seluruh Indonesia.
Daftar lengkap 140 e-commerce Harbolnas 2015
Pelaku e-commerce yang terlibat diantaranya Lazada, Zalora, Mataharimall, BerryBenka, PinkEmma, Bilna, Luxola, Mobiloka, Babyzania, Bimbi, Metroishka, Moxy, Tororo, Dotstoyland, TokoEdukasi, Unipin, Benscrub, Sociolla, The Body Shop, Perfect Beauty, Jejualan, Sirclo, Kukuruyuk, Mentimun, Metrodataonline, Ralali, Wearinasia, Electronic City, Cantik, Aksenbelanja, Asmaraku, Blackspex, Blanja, Bobobobo, Bohwatch, Bukalapak, Carousell, Character-land, Chocochipsboutique, Cottonink, Dealparfum, Dot Dtails, Etclo, FlowerAdvisor, Franc Nobel, Frozenshop, Hijabenka, HijUp, Jam Tangan Jakarta, Kudo, Kuki-style, Lakupon, Lolalo, Map Emall, Maskooli, MetroxOnline, Mufayra, Muslimarket, Optikseis, Orori, Penner, PrettyCuteThings, RaDaTime, RajaKarcis, Rakuten, Rumah Parfum, Salestockindonesia, Saqina, Shopee, SoepShop, Sportdeca, Tees, Tulola, VIPPlaza, Zataru, GO-JEK, Jakarta Fashion House, Tokopedia, Wacoal, Bhinneka, Cipika, Erafone, Oke, Pekku, Qwords.com, Plaza Kamera, Zigzagmarket, Kioson, Sepulsa, HappyFresh Indonesia, Seroyamart, Sukamart, Blackgarlic, Gogomall Homeshopping, Greenshop, Lensza, Fabelio, Genflix, HargaHot, Livaza, Modena, Rumah123, Orangetv, Shopdeca, BIG TV, Club Bali, Panghegar, Evoucher, Elevenia, Kadokadi, Brooks Running, LFC Official Online store, Kawan Lama, Perkakasku, Berrykitchen, Fish n Blues, Food Panda, Alfaonline, Airpaz, Bayu Buana, DBudget, Ezytravel, Travel, Go Indonesia, HotelQuickly, Hulaa, Pegipegi, HARRIS Hotel, Ticktab, Tiket, Travelio, Bolamandi, Grivy, Scoop, Wayang Force, Lojai, Supplemen, Cermati, LabSatu, Ruangguru.
Awal kemunculan Harbolnas adalah mengumpulkan kesimpulan atas respon dari masyarakat yang sangat besar terutama dari media sosial tentang transaksi jual beli online. Hingga kemudian dipertemukan dalam satu wadah dan digelar secara serentak setiap akhir tahun sebagai perayaan belanja online.
Artikel rekomendasi Cara Buat Blog Terbaru Lengkap Bergambar dari A-Z.
Pesta belanja online ini juga dikenal dengan sebutan #hari #1212Sale. Karena tepat pada tanggal 12 bulan 12 merupakan puncaknya Harbolnas ini. Jadi buruan belanja, sebab kesempatan ini hanya ada setahun sekali.
0 comments