Cara Menautkan Akun Adsense ke Google Analytics


Cara Menautkan Akun Adsense ke Google Analytics
Bagi sahabat blogger yang telah memiliki akun adsense, pemahaman tentang lalu lintas situs sangat diperlukan. Analisa statistik dibutuhkan untuk meningkatkan laju pertumbuhan penghasilan dari google adsense ini. Maka diperlukan cara khusus untuk mempermudah melihat dan mencermati semua hal tentang trafik dan visitor dalam blog. Dan salah satu caranya adalah mengaitkannya dengan property pada google analytics.

Seperti yang kita ketahui, google analytics adalah tempat yang tepat guna mengalisa perkembangan blog dari segi trafik dan kunjungan visitor. Sehingga wajar bila sebuah situs atau blog tidak lengkap jika belum didaftarkan menjadi salah satu property di google analytics ini. Begitu pula dengan akun adsense.
Artikel terkait Cara Daftar dan Memasang Kode Google Analytics di Blog.
Lalu bagaimana cara menautkan atau mengaitkan antara akun adsense dengan google analytics tersebut. Berikut ulasannya.

Cara manautkan adsense ke google analytics

1. Masuk ke google analytics.
2. Klik bilah menu Admin. Pilih property nya lalu klik Adsense linking.
Cara Menautkan Akun Adsense ke Google Analytics

3. Pastikan ID akun sudah benar. Lalu klik Continue.
Cara Menautkan Akun Adsense ke Google Analytics

4. Tahap kedua pilih Link configuration, lalu lanjutkan dengan Enable link.
Cara Menautkan Akun Adsense ke Google Analytics
Selesai.

Selamat, kini akun adsense yang sahabat miliki telah terkait di google analytics. Selanjutnya, silakan dianalisa perkembangan blognya, khususnya laju pertumbuhan penghasilan dari adsense.
Artikel lain Cara Menempatkan Iklan Adsense dengan Sekali Klik.

Penyebab data statistik berbeda

Muncul pertanyaan, mengapa data statistik di adsense berbeda dengan data statistik yang terdapat pada google analytics? Hal ini disebabkan karena google analytics hanya mencatat untuk unit iklan adsense saja, bukan yang lainnya seperti tautan, search box, iklan seluler dan produk adsense lainnya. Maka perlu untuk memasang kode pelacakan di setiap halaman yang mengandung iklan adsense. Selain itu ada beberapa hal lain yang menyebabkan kedua data statistik bisa berbeda.

1. Adanya software pemblokir iklan atau firewall yang dipasang pengguna akan menghilangkan iklan adsense. Sehingga tidak masuk hitungan statistik adsense, namun tetap dihitung dalam analytics.
2. Proses penautan akun adsense dengan analytics membutuhkan waktu paling tidak 1x24 jam. Sehingga, pelaporan analytics akan lebih besar dari data statistik adsense.
3. Ada tidaknya dukungan iFrame pada browser juga memungkin perbedaan data statistik. Iklan adsense menggunakan tags iFrame. Sehingga datanya akan lebih sedikit dari data statistik google analytics.
4. ID tracking hilang atau collaps. Sehingga data statistik adsense akan terus terhitung sementara data google analytics masih menunggu perbaikan pelacakan ID tracking tersebut.
Cegah plagiarisme, simak Pengertian dan Cara Mendaftarkan Blog ke DMCA.
Demikian ulasan cara menautkan atau mengaitkan akun adsense ke google analytics. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

10 comments