Cara Menghapus Akun Google Lengkap Disertai Backup Data

Memiliki akun google adalah hal wajib bagi seorang blogger. Sebab paling tidak salah satu fitur layanannya, yakni gmail, harus dimiliki oleh pembuat blog dari blogger. Sedangkan dengan mempunyai akun google, berarti kesempatan memiliki akun online lainnya pun akan semakin mudah.


Melalui jargon, 'Satu akun untuk banyak produk', google telah merancang penggunanya untuk berlangganan produk-produknya. Dan dengan cara ini pula, google berhasil menggaet ratusan juga pengguna baru untuk produk lainnya. Sebut saja google plus, google play store, google drive, google photo, dan banyak lagi.

Maka jika ditanya mengapa sahabat harus menghapus akun google? Sangat sulit untuk mencari alasan yang tepat. Eman-eman, kalo orang Jawa bilang. Meski sebenarnya, soal hapus menghapus akun bukan perkara yang sulit. Bahkan khusus akun google, menghapusnya sangat mudah dan telah disediakan caranya.
Artikel terkait Cara Membuat Email dari Yahoo dan Penjelasan Fitur di Dalamnya.
Namun jika memang ingin menghapus akun google ini, saya sarankan untuk mengunduh data terlebih dahulu. Sebab setelah proses penghapusan akun selesai, sahabat tidak bisa lagi mengakses data akun. Untuk cara backup data akun, silakan simak caranya berikut ini.

Backup data akun google

2. Pilih semua item produk Google yang ingin disertakan dalam unduhan. Lalu klik Next di bagian bawah.
3. Kemudian sahabat bisa memilih jenis file dan cara mendapatkannya, yakni dengan melalui link unduhan atau langsung ke Google Drive.
4. Klik Manage Archive.
5. Setelah arsip dibuat, sahabat akan menerima email tentang kesiapan untuk diunduh. Rentang waktu kesiapan unduhan ini tergantung dari jumlah informasi pada akun. Proses ini bisa selesai dalam beberapa menit, jam atau bahkan dalam satu hari. Namun biasanya telah siap dalam waktu kurang dari 24 jam.
Artikel rekomendasi 10 Tips Agar Artikel Lebih SEO Friendly dan Disukai Google.
Hasil file data unduhan ini bisa digunakan untuk layanan lain atau untuk arsip pribadi. Khusus untuk pengguna akun yang telah memiliki blog, maka saya sarankan juga harus membackupnya terlebih dahulu. Untuk caranya silakan berkunjung ke Bagaimana Cara Backup Data Blog.

Cara menghapus akun google

Setelah selesai mengunduh data, maka kini saatnya sahabat untuk menghapus akun google. Ingin lanjut untuk menghapusnya? Berikut penjelasan dan tahap-tahapnya.

1. Masuk ke akun saya di https://myaccount.google.com/.
2. Login dengan pasword yang ada.
3. Scroll ke bawah, lalu pilih Account preferences.
4. Kemudian Klik Delete your Account or services.
5. Klik Delete Google Account and data.
6. Lalu login kembali dengan akun yang dimaksud.
7. Setelah itu sorot semua item yang ingin sahabat hapus.
8. Akhiri dengan Delete Account.

Dengan terhapusnya akun google ini, maka seluruh akses yang terkait google secara otomatis akan ditutup.

Demikian cara menghapus akun google dengan mudah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

1 comments: