Bagaimana Cara Backup Data dan Template Blog

cara backup data blog dan template blog
Tutorial kali ini akan mengulas mengenai bagaimana cara backup seluruh data blog beserta template-nya dengan sekali klik. Cara ini sangat mudah, sebab platform blogger telah menyediakan layanan backup ini. Lalu mengapa sebuah blog harus dibackup?

Ada beberapa alasan mengapa seorang admin blogger membackup blog miliknya. Diantaranya adalah menjaga data dari kesalahan tidak sengaja seperti tidak sengaja menghapus postingan lama. Atau mungkin pula karena blog dibanned atau diblok pihak google karena dianggap melanggar policy violations-nya. Dan alasan-alasan lain yang pada intinya jika terjadi kehilangan data blog, maka melalui backup ini data-data postingan tetap aman dan bisa dipublikasikan kembali di tempat lain.

Artikel pilihan Alexa Rank Meluncur Drastis dalam 21 Hari.

Backup seluruh data blog


Cara ini akan membackup seluruh postingan dan komentar yang ada di blog. Istilahnya adalah Export blog, yakni melalui Setting, lalu pilih Other, klik Export blog.
Bagaimana Cara Backup Data Blog dan Template
Melalui cara ini bukan berarti mengambil keseluruhan data blog, akan tetapi lebih tepatnya meng-copy atau memindahkan saja. Sehingga data-data blog tetap ada dan aman pada blog tersebut. Kemudian hasil data yang didownload berupa file xml.

Backup template blog

Cara kedua lebih fokus pada membackup desain template. Hal ini biasa dilakukan bila ingin merubah kode script HTML template blog. Atau ketika ingin mengganti dengan template yang lain. Caranya adalah melalui Template, lalu klik Backup/Restore.
Bagaimana Cara Backup Data Blog dan Template
Klik Download full template. Selesai.

Hasil download yang berupa file xml dari blogger ini tidak bisa berfungsi pada platform blog lainnya.
Demikian tutorial cara backup data blog dan template. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

11 comments