Friday, October 9, 2015

Seputar Custom Domain pada Blogger

Salah satu keuntungan blog dari blogger dengan subdomain blogspot.com adalah mudahnya menggunakan domain apa saja, baik yang berakhiran .com, .net, .org, .us dst dengan tetap menggunakan platform blogspot. Sahabat bisa membelinya melalui jasa penyedia hosting yang terpercaya. Lalu setting melalui DNS google dan settingan blogspot hingga DNS terupdate.

Setelah itu blog sahabat yang sebelumnya menggunakan sub domain blogspot.com, kini berubah lebih ringkas. Misalnya, sebelumnya blog milik sahabat beralamat www.sayahebatsekali.blogspot.com, setelah merubah domain menjadi www.sayahebatsekali.com atau dengan nama lain sesuai keinginan dan kebutuhan sahabat. Inilah yang dikatakan sebagai custom domain.
Artikel pilihan Benarkah Akun Adsense Youtube Tidak Bisa Untuk Blog ?.

Definisi custom domain

Secara gratis besar, custom domain adalah salah satu fasilitas dari blogger.com yang memungkinkan kita mengubah alamat blog kita di subdomain blogspot.com dengan domain yang kita miliki sendiri. Seperti contoh di atas.

Semua traffic yang menuju alamat blog lama akan diarahkan ke alamat domain baru. Seperti contohnya www.sayahebatsekali.blogspot.com akan otomatis diarahkan ke www.sayahebatsekali.com. Sehingga sahabat tidak akan kehilangan traffic dari pengunjung lama.

Berdampak negatifkah?

Lalu bagaimana dengan link-link blog kita yang sebelumnya telah terindex dengan baik oleh google. Apakah URL baru itu akan menghilangkan index yang lama ? Tidak. Jika pengunjung mengakses alamat tersebut, maka akan otomatis diarahkan oleh system ke link yang baru. Jangan kuatir. Link sahabat di google search akan tetap diarahkan ke domain yang baru. Dan pelan-pelan alamat link yang lama akan digantikan dengan alamat yang baru oleh google.
Demikian artikel seputar Custom Domain pada blogger. Semoga bermanfaat.

2 comments:

  1. suatu saat akan saya rubag jadi TLD. Salam sukses dan ditunggu kunjungannya ke blogku.

    ReplyDelete

Setiap komentar yang masuk akan dimoderasi. So, waspadalah.