Monday, October 26, 2015

Cara Mudah Verifikasi dan Mendaftarkan Blog ke Bing Webmaster

Cara Mudah Verifikasi dan Mendaftarkan Blog ke Bing Webmaster - Tidak dipungkiri, bahwa situs Bing kini menjadi salah satu search engine yang sangat populer di dunia selain google. Apalagi setelah beberapa tahun yang lalu, Bing sukses menjalin kerja sama dengan Yahoo. Kolaborasi antar kedua situs populer tersebut hampir dipastikan akan terus menempel ketat kepopuleran google saat ini. Maka wajar apabila para owner situs dan admin blog berlomba-lomba mandaftarkan blognya ke situs pencarian dari microsoft ini.

Cara Mendaftarkan Blog

Tahapan mendaftarkan blog ke bing webmaster sebenarnya sangat simple dan mudah. Perangkat yang harus disiapkan adalah URL blog, Sitemap blog, dan akun email dari microsoft, yakni hotmail. Selengkapnya mengenai pembuatan akun email ini silakan simak artikel Cara Membuat Email Hotmail Terbaru Gratis.

Setelah sahabat memiliki akun email hotmail, maka langkah selanjutnya adalah sebagai berikut:
1. Masuk ke bing webmaster.
2. Klik Sign in. Lalu akan diarahkan ke dasboard webmaster.
Cara Mudah Verifikasi dan Mendaftarkan Blog ke Bing Webmaster
3. Masukkan URL blog sahabat di kotak yang telah tersedia. Lalu ADD.
4. Isi semua form yang ada dengan benar. Isi email dengan akun email hotmail. Sedangkan untuk form Add a Sitemap, sahabat masukkan peta situs atau bisa pula RSS Feed. Contohnya:
http://NAMABLOG.blogspot.com/feeds/posts/default
http://NAMABLOG.blogspot.com/sitemap.xml

Sampai disini proses pendaftaran telah selesai. Akan tetapi blog belum terverifikasi oleh webmaster. Maka proses selanjutnya adalah memverifikasi blog ke bing webmaster.

Verifikasi Blog

Jika pada tahap pendaftaran blog di atas telah selesai, maka sahabat akan mendapatkan kode unik verifikasi.
Cara Mudah Verifikasi dan Mendaftarkan Blog ke Bing Webmaster
Lokasi kodenya seperti dalam gambar. Copy kode unik tersebut. Lalu letakkan di homepage blog sahabat. Berikut caranya.
1. Buat tab baru pada browser. Lalu masuk akun blogger.
2. Pilih Edit HTML pada menu Template.
3. Letakkan kode yang telah didapat tadi ke area <head> atau sebelum body. Atau sahabat ketik saja Ctrl+F lalu tulis <head>. Maka akan tampak kode tersebut. Kemudian letakkan kode verifikasi dari bing webmaster tadi tepat di bawah kode <head>. Kemudian klik Save template.
4. Setelah itu menuju ke tab verifikasi bing webmaster. Gulir mouse hingga paling bawah, lalu klik 'Verify'. Jika peletakan kode telah tepat, sahabat akan diarahkan ke area dasboard bing webmaster. Artinya blog sahabat berhasil terverifikasi dengan benar.

Selesai. Kini blog sahabat telah terdaftar di Bing webmaster. Dengan demikian, blog sahabat kini akan bertambah friendly dengan pencarian melalui Bing dan Yahoo.

Kemudian bila sahabat ingin mendaftarkan blog yang lainnya, silakan klik saja 'Add a Site' pada menu sebelah kiri dasboard Bing webmaster. Ikuti prosesnya seperti tahap-tahap di atas.

Demikian ulasan cara verifikasi dan cara mendaftarkan blog ke bing webmaster. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment

Setiap komentar yang masuk akan dimoderasi. So, waspadalah.