Solusi Jika Email Subscriptions Tidak Berfungsi (The feed does not have subscriptions by email enabled)


Menjaring reader atau pembaca merupakan hal wajib bagi admin situs atau blog. Hal ini memang dimaklumi sebab salah satu tujuan mengelola blog adalah agar blog dikunjungi dan seluruh isi kontennya dibaca oleh pengunjung. Bahkan bisa dikatakan pula bahwa memiliki visitor bagi blog adalah parameter kemjuan blog itu sendiri. Makin banyak visitor, makin populer blog tersebut. Dan pastinya, konten yang disediakan makin diterima oleh khalayak umum.

Dan salah satu sarana untuk menjaring visitor adalah dengan menyediakan widget khusus untuk berlangganan blog yang kita kelola saat update. Namanya adalah widget rss email subscribe. Widget yang menjadi sarana bagi visitor untuk ikut berlangganan artikel blog melalui email yang dikirimkan. Ada beberapa referensi widget menarik yang bisa digunakan. Silakan simak artikel Aneka Macam Cara Membuat Widget Subscribe Blog.

Namun bukan macam widget yang ingin dibicarakan, melainkan bagaimana cara mengatasi apabila email subscribtion ini tidak berfungsi. Notifikasi yang muncul setelah seseorang mengirimkan email berlangganan adalah "The feed does not have subscriptions by email enabled." Contohnya adalah tampilan gambar berikut ini.
cara mengatasi email subsriptions error
Apa jadinya saat visitor yang ingin berlangganan artikel blog kita ternyata namun gagal saat mengirimkan emailnya? Pasti rugi kan? Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut teknik yang bisa kita lakukan.
Trik menarik Bagaimana Membuat Redirect Blog ke URL yang Lain.

Cara mengaktifkan email subscriptions

1. Silakan sahabat buka feedburner.google.com.
cara mengatasi email subsriptions error
2. Pada menu tab Publicize pilih Email Subscriptions. Lalu klik Activate. Sampai pada tahap ini, bagi blog yang memakai template bawaan dari blogger sudah selesai. Email subscriptions sudah bisa aktif kembali. Namun ada beberapa template buatan dari pengembang yang tetap masih belum bisa berfungsi kembali setelah pengaktifan ini. Masih harus ada tindakan untuk bisa mengaktifkan kembali email sunscriptions ini. Caranya adalah dengan menempatkan form yang disediakan Feedburner ke dalam body template.
Referensi widget Membuat Widget Recent Comment Blog yang Menarik.
cara mengatasi email subsriptions error
3. Silakan klik Subscription Management pada tab Email Subscriptions. Di sana sudah disediakan kode HTML berupa form. Silakan copy kode itu, lalu letakkan pada body template blog. Untuk panjang dan lebar form, silakan diatur sendiri sesuai dengan template yang dipakai.

Selesai. Dan kini email subscriptions sudah bisa digunakan bagi pengunjung yang ingin berlangganan blog kita.
Artikel menarik lainnya Seputar ID Blog dan Bagaimana Cara Mengetahuinya.
Demikian ulasan singkat mengenai mengatasi email subscriptions yang error. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Jika ada yang mau ditambahkan atau mungkin pertanyaan seputar topik ini, silakan masukkan ke dalam kolom komentar yang ada. Trims

2 comments