Cara Membatasi Siapa Saja yang Diperbolehkan Mengakses Blog Kita


Ada aneka macam tujuan seorang blogger membuat blog. Mayoritas mereka masih mengutamakan agar blog yang dikelola bisa diakses oleh khalayak umum tanpa batas. Sebab, memang esensi sebuah blog sebagai wadah penyampaian informasi adalah agar mudah diakses oleh semua orang.

cara membatasi akses blog
Akan tetapi, sebagian yang lain ada yang lebih memilih agar blognya diakses oleh beberapa orang saja. Alias membatasi siapa saja yang diperbolehkan untuk mengunjungi sekaligus mengakses seluruh isi blog. Biasanya, pembatasan akses blog ini berkaitan dengan privatisasi si blogger itu sendiri. Bisa dikarenakan untuk membatasi komunitas, grup atau organisasi tertentu. Atau bisa pula digunakan sebagai ajang komunikasi interpersonal pada orang tertentu saja.

Bahkan, pada kondisi tertentu, blogger sengaja membuat isi konten blog hanya untuk kepentingan dirinya sendiri, tanpa ada seorangpun yang diperbolehkan mengakses blog miliknya. Lalu bagaimana caranya membatasi akses blog? Berikut caranya.

Cara mengatur akses blog

1. Masuk ke menu Setting.
2. Pilih Basic, lalu klik Blog Readers.
cara membatasi akses blog
Pilih Private - Only blog authors untuk membatasi akses blog hanya untuk admin dan author blog saja. Selain mereka, tidak bisa mengakses blog tersebut.
Artikel terkait Cara Menambah Author dan Admin Baru pada Blog.
Pilih Private - Only these readers adalah untuk membatasi akses blog hanya bagi pembaca atau visitor tertentu saja. Dan para reader dan visitor ini bisa dipilih oleh admin blog. Disediakan form log in untuk memulai akses blog tersebut.

Untuk menambahkan reader yang diperbolehkan mengakses blog, masukkan alamat emailnya melalui kotak yang tersedia. Akhiri dengan Save changes.

Selesai. Dan kini blog telah dirubah dengan pangaturan akses.
Artikel basic Cara Mengatur Postingan dan Komentar pada Blog.
Demikian cara membatasi akses blog. Semoga bermanfaat. Dan sebelum melakukannya, ada baiknya mempertimbangkan akan pentingnya informasi yang harus tersebar tanpa batas. Trims atas responnya.

0 comments