Agar Pendaftaran Adsense Berhasil, Siapkan Dulu 5 Widget Ini di Blog


Pembicaraan mengenai google adsense seakan tidak ada habisnya. Sepertinya telah menjadi primadona bagi setiap blogger. Segenap cara dilakukan, baik berupa tips, dan trik hingga jual beli akun adsense menghiasi halaman pencarian google.

Namun demikian, dari sekian pembicaraan yang ada, rincian mengenai widget apa saja yang mesti disiapkan oleh admin sebelum mendaftarkan blognya ke program adsense masih jarang diulas. Maka pada kesempatan yang baik ini, saya akan coba untuk meninjau kembali tentang persiapan blog sebelum didaftarkan ke adsense. Terutama pada macam widget apa saja yang perlu disiapkan dan mengapa harus ada dalam blog. Berikut ulasannya.

5 Widget sebagai syarat pendaftaran adsense

#1. About Me

5 widget wajib agar pendaftaran adsense berhasil
Widget ini berfungsi untuk memberitahukan mengenai siapa orang atau admin dibalik blog ini. Google sangat memperhatikan widget ini. Lalu mencocokkan antara admin blod dengan nama akun yang didaftarkan di adsense. Maka gunakan widget ini untuk memperkenalkan diri secara singkat profil diri sebagai pengelola blog. Saran terbaik adalah menggunakan nama yang sama dengan nama akun yang didaftarkan di adsense. Meski bukan yang utama, namun lebih memudahkan pihak google memverifikasi identitas pengelola blog dengan pemilik akun adsense.

Widget ini bisa diperoleh dalam wujud widget Profile. Bisa pula diganti dengan Google plus badge atau Google plus followers.

#2. Postingan populer

5 widget wajib agar pendaftaran adsense berhasil
Widget ini memuat beberapa postingan yang lebih sering diakses oleh pengunjung. Widget ini disediakan untuk memastikan bahwa blog telah siap untuk mendapatkan akses dari calon visitor. Google akan mengapresiasi adanya fitur ini di blog. Google menilai, bahwa admin telah memberikan fasilitas tambahan guna mempermudah akses postingan terpopuler. Widget ini dinamakan Popular Posts.

#3. Arsip blog

5 widget wajib agar pendaftaran adsense berhasil
Widget ini berisi semua artikel yang ada di dalam blog. Dari mulai pertama, hingga terakhir kali diupdate. Keberadaannya memudahkan pengunjung mengakses informasi apapun yang ada di dalam blog. Sangat baik untuk menambah kredibilitas di mata google. Widget ini dinamakan Blog Archive.

#4. Label

5 widget wajib agar pendaftaran adsense berhasil
Tags label disusun dalam sebuah widget untuk mengelompokkan masing-masing postingan pada kategori tertentu. Namun perlu diperhatikan agar tidak terlalu berlebihan dalam membuat kategori. Jika ada beberapa kategori yang serupa atau mirip, ada baiknya disatukan dalam satu nama saja.

#5. Kotak pencarian

5 widget wajib agar pendaftaran adsense berhasil
Widget kotak pencarian atau Search Box juga merupakan widget yang harus ditampilkan. Tidak ada argumen khusus selain fungsinya yang sangat baik bagi pengunjung untuk menemukan artikel yang mereka cari.
Artikel terkait Aneka Cara Membuat Kotak Search pada Blog.
Kelima widget di atas, adalah hasil dari pengalaman penulis sendiri. Keberadaannya ternyata sangat mempengaruhi keputusan google soal layak tidaknya blog tersebut mengikuti program adsense. Dan tentunya juga mempertimbangkan faktor lainnya yang tidak kalah penting.

Widget-widget tersebut bisa diletakkan di sidebar atau di bagian footer atau bawah. Dan cukup 5 saja, sementara widget lainnya, hanya sebagai tambahan.
Referensi menarik 10 Kesalahan Fatal yang Sering Terjadi Saat Membuat Blog.
Demikian ulasan mengenai macam widget apa saja yang harus disiapkan sebelum mendaftarkan ke program google adsense. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

5 comments