Inilah Rahasia Sebelum Membuat Blog yang Harus Anda Siapkan


Inilah Rahasia Sebelum Membuat Blog yang Harus Anda Siapkan
persiapkan secara matang sebelum membuat blog
Membuat blog adalah sebuah aktivitas. Dan setiap aktivitas membutuhkan persiapan sesuai kadar pentingnya aktivitas tersebut. Jika sahabat menganggap bahwa membuat blog termasuk aktivitas yang penting, maka persiapan untuk memulainya juga menjadi penting. Namun bila anggapan sebaliknya, maka lakukan saja seadanya.

Membuat blog atau blogging, bagi sebagian orang adalah aktivitas biasa dan sekedar tempat penyaluran hobby lewat tulisan saja. Namun sebagian lain, mengatakan bahwa blogging adalah sebuah pekerjaan. Pekerjaan yang bisa menghasilkan. Sehingga butuh banyak waktu, tenaga, pikiran dan pengorbanan untuk melakukannya demi mendapatkan hasil yang banyak dari pekerjaan tersebut.
Artikel rekomendasi Inilah Alasan Mengapa Membuat Blog itu Sangat Mudah.
Jika sahabat termasuk orang yang bertipe kedua, yang menganggap bahwa blogging adalah sebuah pekerjaan yang menghasilkan, maka mari kita sama-sama belajar menguraikan apa saja yang mesti disiapkan sebelum membuat sebuah blog.

Tetapkan tujuan

Siapapun orangnya, apapun kondisinya, haruslah memiliki tujuan. Karena hidup pun ada tujuannya. Maka sebelum membuat blog, kita harus menetapkan tujuan yang jelas. Untuk apa kita membuat blog itu. Apakah untuk menyalurkan hobi? Mengajar secara online? Menyalurkan ilmu? Atau untuk mendapatkan penghasilan tambahan? Atau bahkan sebagai pekerjaan pokok?

Jika tujuannya sudah jelas, maka membuat blog pun akan terarah. Selain itu, penetapan tujuan akan menjadi parameter motivasi saat mengelola blog.

Siapkan tema

Tema blog ibarat tulang dalam tubuh manusia. Ia menjadi struktur utama kemana arah blog dibuat. Penetapan tema juga berkaitan dengan laku tidaknya blog di dunia maya. Tema-tema yang populer dan viral tentu lebih mudah diserap pengunjung daripada tema yang tidak populer. Maka, tentukan tema yang jelas sebelum membuat blog agar blog mudah dikunjungi visitor.

Riset kata kunci

Kata kunci menjadi komponen utama blog terindex oleh mesin pencari semisal google, bing, yahoo, yandex dan lain-lain. Sedangkan mesin pencari merupakan alat utama calon pembaca dalam mencari informasi yang mereka butuhkan. Sehingga pemanfaatan kata kunci yang tepat akan memudahkan blog terindex google dan lebih berpeluang dibaca oleh pengunjung.

Gunakan judul yang tepat

Setelah tema dan kata kunci disiapkan, maka akan membuahkan kesimpulan judul dari blog yang akan dibuat. Blog yang baik adalah memiliki keterkaitan yang kuat atara tema, kata kunci dan judul. Bila ketiganya mengarah pada satu hal dalam mesin pencarian, maka akan mudah masuk ke dalam halaman awal mesin pencari. Blog dengan judul yang fokus pada tema dan kata kunci akan lebih baik posisi di mata mesin pencari dibandingkan blog yang berisi judul dengan tema dan kata kunci yang gado-gado atau campuran.

Selain itu hindari penggunaan kata-kata yang panjang pada judul blog. Usahakan maksimal menggunakan dua kata dengan kosa kata bacaan yang jelas. Makin sedikit, makin baik di mata pencarian google.

Tetapkan URL

URL blog merupakan kesimpulan dari tema, kata kunci dan judul. Buat url sesimple mungkin untuk memudahkan pengunjung mengingatnya kembali. Sebab URL blog ibarat alamat sebuah lokasi. Makin simple dan mudah dieja, maka tamu yang pernah datang ke lokasi tersebut pun akan mudah menemukannya kembali. Bila blog yang ingin dibuat adalah personal blog, maka bolehlah menggunakan kata dari nama sendiri. Namun jika bukan personal blog, maka saya sarankan agar membuatnya sesuai tema, keyword dan judul blog agar lebih SEO friendly di mata search engine.
Artikel terkait Cara Ganti Alamat URL Blog.

Gunakan template yang baik

Template yang baik itu seperti apa? Bukankah template itu sudah disediakan secara default sesuai platform blognya? Benar, namun template yang ada belum memiliki kekuatan untuk bertarung di search engine. Maka sebaiknya gunakan template yang seo friendly agar mudah diserap oleh mesin pencari. Selain itu, ada baiknya menggunakan template yang responsive. Mengingat google kini telah banyak merespon pencarian melalui device atau perangkat selain desktop komputer, yakni melalui smartphone baik ponsel maupun tablet. Dan tampilan yang menarik dan suitable pada device mobile adalah menggunakan template yang responsive.
Rekomendasi artikel Koleksi Template Blogger Terbaik.

Pilih plaform

Platform dalam membuat blog tersedia banyak di internet. Sahabat bisa memilih salah satu atau beberapa diantaranya. Namun ada dua platform yang populer di dunia saat ini, yakni dari blogger dan wordpress. Kedua platform ini kini menjadi rajanya paltform dalam membuat blog. Saya menyarankan, sahabat menggunakan blogger. Karena apa? Diantara beberapa alasan platform blogger bisa dipilih adalah blogger merupakan turunan dari google. Sehingga dari sisi search engine akan mudah terindex. Selain itu, blogger juga menawarkan penghasilan tak terbatas melalui akun adsense dari google. Dan perlu diketahui, sudah banyak blogger yang telah menikmati hasil dari blogger ini. Uang milyaran rupiah dalam sebulan bisa didapatkannya. Hal ini saya sampaikan dengan tidak menafikan keberhasilan blog dari platform lain yang bisa sukses dengan menggunakannya.
Artikel terkait 15 Platform Gratis Terbaik untuk Membuat Blog.

Siapkan mental

Mengelola blog bukan seperti membuat lukisan. Setelah selesai, sudah, lalu buat lagi. Tidak seperti itu. Akan tetapi, membuat blog berarti mengelola blog. Tidak ada kata berhenti dalam mengelola blog. Ada yang bisa memberi paramater seperti apa blog itu dikatakan telah jadi? Apakah dengan konten ribuan berarti blog sudah jadi? Atau desain blog yang menarik berarti blog sudah jadi dan selesai tanpa pengelolaan lanjutan? Bukan. Mengelola blog adalah pekerjaan continyu dan terus berlanjut. Sehingga wajar bila blog yang sudah berjaya dengan jumlah visitor jutaan setiap hari dan menghasilkan pendapatan milyaran dalam sebulan masih saja harus dikelola. Dengan demikian, mental yang kuat harus disiapkan untuk mengelola blog yang seakan tanpa akhir ini.

Fokus

Rahasia persiapan terakhir adalah fokus. Persiapan dari awal hingga kemudian telah berhasil membuat blog akan sia-sia jika akhirnya berbelok di tengah jalan. Tema yang jelas di awal harus berganti hanya karena ada tema lain yang lebih menjanjikan. Bahkan banyak blogger yang merasa lelah dan bosan mengelola blog, kemudian blog dibiarkan begitu saja tanpa terurus. Atau karena alasan ingin membuat blog baru dengan tema lain yang lagi ngetrend, sementara blog yang satunya ditinggalkan. Akibatnya, sekali-lagi, sia-sia.

Fokus akan menjadi prinsip lanjutan saat blog harus terus berjalan dan konsisten di jalurnya. Maka, mulai dari sekarang, siapakan diri dengan niat yang kuat agar tetap fokus dalam membuat blog meski banyak tantangan ke depan yang akan menghadang.
Artikel terbaik Membuat Blog Dalam 5 Menit, Terbukti.
Demikianlah rahasia persiapan sebelum membuat blog. Saya tidak menganggap paling pintar, tidak, tidak sama sekali. Sekali lagi, ini adalah bagian dalam rangka menularkan ilmu dan berbagi informasi. Semoga bermanfaat dan selamat beraktivitas.

6 comments