Alexa Rank Meluncur Drastis dalam 21 Hari


Untuk kesekian kalinya, pembicaraan seputar Alexa Rank seakan tiada habisnya. Boleh dibilang, tema ini termasuk salah satu primadona di kalangan admin blogger. Ribuan, bahkan jutaan artikel mengenai Alexa telah beredar di dunia maya dan diakses oleh hampir seluruh admin web maupun blog.

Wajar memang, meski sebagian berpendapat ukuran alexa itu tidak penting, namun tidak sedikit pula mengungkapkan bahwa hasil analisa dan rangking di alexa sama pentingnya dengan pengembangan kualitas SEO blog itu sendiri. Artinya, semakin baik posisi alexa, maka makin baik pula posisi sebuah situs di mata mesin pencari dan makin populer di kalangan user.
Artikel terkait Perkecil Rangking Blog dengan Cara Klaim di Alexa.
Manfaat alexa ini sangat terlihat dari segi bisnis. Banyak advertise yang masih mengandalkan parameter rangking alexa sebagai panduan layak tidaknya sebuah situs dititipi iklan olehnya. Maka wajar, situs dengan alexa rangking kecil banyak diburu para pengiklan meski rela membayar lebih.

Sebagai contoh, Michael Arrington, blogger ternama asal Amerika Serikat. Termasuk salah satu blogger terkaya di dunia dengan penghasilan milyaran rupiah tiap bulannya. Ia mengelola TechCrunch.com yang fokus pada informasi teknologi terkini. Tahukah berapa harga spot iklan di blog tersebut? Menurut kabar, harganya adalah sebesar 10000 USD atau sekitar 130 juta rupiah (kurs 13.000/USD) dalam sebulan. Lalu berapa posisi alexa rank blog tersebut? Posisi per tanggal 26 November 2015 adalah 485 pada global rank dan 435 pada country rank. Untuk update posisinya, silakan klik tautan berikut http://www.alexa.com/siteinfo/TechCrunch.com.

Hal ini menunjukkan bahwa ada korelasi yang bagus antara posisi rangking blog di alexa dengan pendapatan blog itu sendiri.
Baca 500+ Backlink Gratis dari Situs Forum High PR Dofollow.
Dalam blog tutorial ini pun ada beberapa tulisan seputar alexa dan bahkan menempatkan alexa pada tags label khusus. Ini semua menunjukkan, bahwa memang posisi alexa di mata admin blogger adalah hal wajib yang harus diketahui.

Kali ini, saya tidak mengulas sesuai judul di atas, tetapi lebih tepatnya pengalaman pribadi dalam mengelola blog ini. Dengan harapan, apa yang saya bagikan ini menambah referensi bagi para pembaca agar lebih bersemangat dalam mengelola blog miliknya.

Perlu diketahui, bahwa blog ini diawali pada bulan April 2015. Kemudian berjalan lambat karena memang jarang diupdate dengan jumlah postingan yang tidak banyak. Hingga melewati akhir Oktober 2015, alexa rank blog ini masih dalam kondisi N/A, yang artinya tidak terdetak oleh alexa. Kemudian memasuki awal November, blog ini mencatat rekor pertama dengan muncul di alexa di posisi ke 16jutaan pada global rank dan masih N/A pada country rank.

Kemudian setelah melalui berbagai tahap dan belajar disana-sini, akhirnya alhamdulillah posisi sampai pada tanggal 26 November 2015, posisi alexa rank blog ini telah mencapai angka di bawah 2 juta pada posisi global rank dan 23 ribuan untuk country rank. Silakan lihat screenshot dari Alexa berikut.

Alexa Rank Meluncur Drastis dalam 21 Hari

Sekali lagi saya bersyukur untuk ini. Sebab jerih payah saya ada hasilnya, meski belum seberapa dibanding master blogger lainnya.

Namun jika sahabat memperhatikan, jangka waktu yang saya dapatkan, sekitar 3 minggu atau 21 hari, posisi alexa bisa meluncur drastis. Dari 16jutaan ke di bawah 2jutaan. Melewati 14jutaan dalam 21 hari. Sekali lagi ini bukanlah hasil yang terbaik, namun bagi saya sudah cukup menggembirakan. Lalu bagaimana saya bisa mendapatkan hasil seperti itu? Pakai softwarekah? Atau pakai autosurf traffic exchange? Atau cara yang bagaimana?
Artikel rekomendasi Bacaan Wajib : Cara Menaikkan Peringkat Alexa Rank.
Saya hanya ingin memastikan, bahwa cara yang saya pakai adalah 100% murni manual. Bukan memakai alat otomatis atau trik khusus. Apapun yang saya dapatkan, baik trafik, visitor, dan lain-lain adalah murni organik.

Bahasan selanjutnya adalah bagaimana cara meningkatkan posisi alexa dengan cepat dan tanpa rekayasa apapun. Silakan simak postingan selanjutnya.
Artikel selanjutnya Optimalisasi SEO untuk Blog Baru.
Sementara saya cukupkan sekian. Terima kasih atas perhatiannya. Semoga postingan ini menambah semangat kita dalam mengelola blog.

8 comments