Bagaimana Google Search Bekerja dan Pengaruhnya bagi Blog


Bagaimana Google Search Bekerja dan Pengaruhnya bagi Blog
Bagaimana Google Search Bekerja dan Pengaruhnya bagi Blog - Jika kita mengetik sebuah kata yang ingin kita ketahui ke dalam kotak browser, maka kita akan dituntun untuk mengklik pilihan searching. Lalu dari hasil klik tersebut menghasilkan deretan tautan dalam bentuk hasil penelusuran.  Jumlah hasil searching tersebut tergantung dari pilihan kata atau keyword yang diketik. Semakin populer kata tersebut, maka hasil dalam penelusuran akan makin banyak. Yang kemudian menjadi pertanyaan adalah, bagaimana google search bisa menampilkan deretan situs web hasil penelusuran tersebut?

Kita bisa membayangkan sesuatu yang sangat sulit dilakukan manakala bila secara manual kita harus mencari buku-buku sesuai tema yang dibutuhkan di sebuah perpustakaan yang sangat besar. Akan tetapi, mesin pencari google ini mampu memberikan hasil penelusuran yang makin hari makin akurat. Padahal jumlah situs baik website, weblog, online store, forum dan sebagainya sangatlah besar di seluruh dunia. Ditambah lagi aktifitas pencarian dalam sebulan mencapai ratusan millyar searching. Namun tetap saja google bisa memberikan layanan yang bagus, bahkan tanpa pernah down.
Postingan pilihan 25+ Situs Cek Backlink Gratis Terbaru.
Tutorial blogging kali ini bukan membicarakan tentang keberhasilan google dalam dunia internet, akan tetapi lebih fokus kepada, bagaimana 'si mbah' google ini mengindex, merayapi dan memberikan service bagi semua web yang ada. Dan tentunya, salah satu yang menikmati pelayanan tersebut adalah blog milik kita. Dengan mengetahui dan memahaminya, maka diharapkan kita sebagai admin mampu memperbaiki posisi blog kita dalam mesin pencarian, terutama google.

Memahami bagaimana google search bekerja

Tiga proses kunci dalam memberikan hasil pencarian adalah:
  • Crawling, apakah google mengetahui blog kita? Bagaimana google menemukan blog kita?
  • Indexing, bagaimana google bisa mengindex blog kita?
  • Serving, Apakah blog kita memiliki konten yang baik, berguna dan relevan dengan pencarian pengguna?
Mari kita simak satu persatu.

Crawling

Crawling bisa diartikan sebagai proses dimana googlebot menemukan halaman baru dan diperbarui untuk ditambahkan ke dalam indeks google. Googlebot ini memiliki robot, bot dan spider yang siap merayapi seluruh halaman yang ada. Milyaran halaman dirayapi untuk mencari situs yang tepat dan relevan dengan pencarian pengguna. Proses ini dinamakan proses algoritme atau algorithmic process. Program algoritmic ini menentukan situs mana yang layak dan sering dirayapi dan berapa jumlah halaman yang layak diambil dalam hasil perayapan. Maka dalam webmaster google disediakan layanan Fetching by google. Layanan inilah yang mempermudah dan mempercepat halaman sebuah situs untuk dirayapi. Selengkapnya mengenai Fetching ini, silakan sahabat simak artikel Agar Konten Cepat Terindex Google.

Bagaimana proses penjelajahan situs berlangsung? Google pertama kali merayapi situs adalah dari alamat URL. Maka gunakan URL dengan keyword yang tepat, populer dan kuat di mata google agar mudah dirayapi. Perayapan selanjutnya adalah data peta situs atau sitemaps yang diberikan oleh webmaster. Hasil dari tiap perubahan dalam tiap halaman dan postingan akan senantiasa terus dirayapi googlebot. Mengenai sitemaps di webmaster, silakan simak pada Agar Blog Cepat Terindex Google.

Pada tataran bisnis, fitur perayapan ini tidak dikenakan biaya sedikit pun, alias gratis. Meskipun setiap detik, google senantiasa terus bekerja dalam sebuah situs.

Indexing

Indexing merupakan layanan kelanjutan dari crawling. Hasil perayapan googlebot akan dikumpulkan atau dikelompokkan dalam indeks besar yang berisi semua kata yang relevan dalam pencarian. Selain itu, juga menempatkan kata yang relevan dengan lokasi tertentu pada setiap halaman. Tags konten kunci atau keywords yang tepat akan mudah terindeks oleh googlebot ini. Selain itu pilihan atribut yang tepat seperti judul konten dan atribut ALT juga menjadi prioritas pengindeks-an google. Googlebot mampu memproses indeks dalam jumlah besar halaman, akan tetapi tidak semua bisa tercakup. Halaman dinamis dan rich media files tidak mampu diproses olehnya.

Dengan demikian, gunakan judul dengan menggunakan keyword yang tepat. Selain itu, bila konten berisi beberapa image atau gambar, usahakan beri atribut ALT pada propertiesnya. Dan jangan lupa untuk memperbanyak konten yang berisi keyword blog sebanyak-banyaknya.
Artikel menarik Backlink Apa Saja yang Berpengaruh Besar bagi Blogmu? Ini Cara Mengetahuinya.

Serving

Fokus serving disini adalah serving result atau pelayanan hasil pencarian yang relevan dan cocok bagi pengguna. Saat pengguna memasukkan kata kunci, maka mesin pencari akan bekerja untuk mencocokkannya dan kemudian mengembalikannya dalam bentuk hasil pencarian yang relevan. Ada banyak faktor yang mempengaruhi relevansi sebuah situs. Salah satunya yang paling pokok adalah page rank. 

PageRank merupakan ukuran seberapa penting sebuah halaman berdasarkan link halaman lain yang masuk. Mudahnya adalah, setiap link yang menuju ke halaman sebuah situs akan menambah pagerank situs tersebut. Semakin banyak link yang masuk, maka semakin bertambah pula angka pagerank-nya. Halaman yang paling kuat memberikan pengaruh page rank ini adalah halaman dengan page rank yang lebih tinggi dari situs tersebut. Perlu diperhatikan banyaknya link yang masuk, apakah relevan dengan situs tersebut ataukah tidak. Sebab kini google akan terus mengembangkan penelusuran link spam yang justru akan merusak pagerank sebuah situs. Dengan demikian, perbaikilah konten blog sahabat. Lalu aktiflah untuk mencari backlink yang sebanyak-banyaknya dari situs atau blog yang berpage rank lebih tinggi dan tentunya pada situs yang sesuai dengan niche blog agar tidak dianggap spam.
Demikianlah beberapa ulasan bagaimana google search bekerja. Kesimpulan yang diambil adalah kemudahan mesin pencari dalam bekerja pada blog kita akan meningkatkan posisi blog kita pada hasil penelusuran. Untuk itu silakan mencari pengetahuan sebanyak-banyaknya tentang google webmaster dan google analytics. Keduanya akan memberikan gambaran bagaimana kondisi blog kita di mata pencarian. Silakan simak Cara Menggunakan Google untuk Mendapatkan Backlink Berkualitas dan Artikel lengkap Seputar Google Analytics.

Baiklah, demikian dahulu sharing pada tutorial blogging kali ini. Semoga bermanfaat dan menambah referensi kita dalam dunia blog. Kita sama-sama berdoa, agar blog kita menjadi yang terbaik dan bermanfaat untuk sesama. Trims...salam..

2 comments