Seputar HTTPS dan Cara Mengaktifkannya pada Blog


Sebuah situs atau dalam hal ini adalah blog, merupakan fasilitas perangkat internet untuk mengintregasikan informasi melalui jaringan dunia maya. Sehingga keamanan menjadi satu hal yang wajib dimiliki guna menangkal setiap aktifitas yang tidak baik. Bagi admin blog, pengetahuan mengenai keamanan ini harus dimiliki. Atau paling tidak secara sederhana memahami celah keamanan pada blog miliknya.

Blogger sangat paham akan kebutuhan ini. Sub domain yang menjadi andalan situs ini, yakni blogspot, kini telah dilengkapi layanan baru untuk keamanan. Fitur ini bernama HTTPS.
Artikel pilihan Agar Pendaftaran Adsense Berhasil, Siapkan Dulu 5 Widget Ini di Blog.

Definisi https

HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) adalah protokol komunikasi internet yang melindungi integritas dan kerahasiaan data antara komputer pengunjung dan blog. Sebagai contoh, ketika pengunjung memasukkan data ke dalam formulir di blog sahabat untuk berlangganan update atau membeli produk, HTTPS melindungi informasi pribadi pengunjung dan blog. Pengunjung mengharapkan pengalaman online yang aman ketika memberikan data melalui sebuah blog.

Jaminan keamanan

Data yang dikirim menggunakan HTTPS dijamin melalui protokol Transport Layer Security (TLS), yang menyediakan tiga lapisan perlindungan:
  • Enkripsi data agar tetap aman dari penyadap. Ini berarti saat pengunjung browsing di blog, maka dipastikan tidak ada yang bisa "mendengarkan" percakapan mereka, melacak aktivitas mereka di beberapa halaman, atau mencuri informasi mereka.
  • Data integritas yang tidak dapat dimodifikasi atau rusak selama transfer, sengaja atau tidak, tanpa terdeteksi.
  • Otentikasi yang membuktikan bahwa pengunjung blog sahabat berkomunikasi dengan blog yang dituju tetap terlindungi orang ketiga. Hal ini bisa mempengaruhi kepercayaan pengunjung blog sahabat.
Sehingga dengan demikian, saya yang juga admin di beberapa blog ikut menyarankan kepada para sahabat yang juga pemilik atau admin blog agar segera bermigrasi ke fitur HTTPS ini. Saya yakin bahwa keamanan ini dijamin tidak mempengaruhi apapun dalam blog sahabat. Sebab layanan ini murni dari blogger dan hanya bisa digunakan oleh sub domain blogspot saja.
Artikel menarik lainnya 14 Ide Judul Postingan Menarik yang Bisa Anda Gunakan Sekarang.
Untuk mengetahui bagaimana mengaktifkan fitur HTTPS ini pada blog, silakan sahabat menyimaknya dalam postingan Cara Mengaktifkan HTTPS untuk Keamanan Blog dan Pengunjung.

Demikian sekilas info terbaru dari blogger. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan berkomentar di kolom yang tersedia.

0 comments