Manfaat Klik Preview Sebelum Publish yang Tak Terduga

Manfaat Klik Preview Sebelum Publish yang Tak Terduga
Pernahkah sahabat membaca sebuah artikel dengan ejaan kata-kata yang tidak teratur? Atau mungkin pula pernah melihat artikel dengan struktur kalimat yang baik, isinya juga baik, namun huruf-hurufnya tidak tertulis dengan benar? Meski artikel tersebut bagus, saya yakin sahabat akan berpikir ulang untuk membacanya kembali. Dan juga tidak lagi mood untuk melihat-lihat artikel lain yang ditulis oleh penulis yang sama.

Apa jadinya bila hal ini menimpa blog kita? Tentu sangat disayangkan, sebab sedikit demi sedikit pengunjung akan lari dari blog kita. Sebuah kerugian yang pantas untuk dihindari sebagai admin blog.

Pada prinsipnya, membuat artikel yang baik itu memang belum ada parameter standarnya. Bahkan cenderung bersifat relatif. Sebuah artikel bisa bernilai baik bagi seseorang, namun belum tentu baik pula di mata orang lain. Hanya ada parameter yang mendekati standar artikel yang baik. Nah, untuk mendekati standar artikel yang baik ini, paling tidak struktur dan ejaan kalimat dalam artikel tersebut tidak ada yang keliru. Soal isi atau konten, biarlah pengunjung yang menilai. Maka perlu untuk melihat hasil sementara artikel yang telah selesai dibuat, sebelum benar-benar dipublikasikan. 
Artikel pilihan Teknik SEO buat Blog Baru.


Fitur Preview

Dalam platform blog apapun, termasuk blogger dan wordpress atau yang lainnya, pasti ada satu fitur untuk melihat hasil sementara setiap perubahan yang dilakukan. Fitur ini bernama Preview. Hampir semua sisi struktural dalam mendesain, mengupdate dan membuat postingan blog, pasti disertakan fitur preview ini. Baik saat mengganti template, merubah dan kostumisasi tampilan, serta dalam membuat artikel dalam postingan.

Fitur preview ini sangat jelas fungsinya, yaitu untuk melihat hasil sementara setiap ada perubahan atau pembaruan. Sudah layakkah perubahan, pembaruan atau postingan ini untuk dipublikasikan. Sehingga, saat tiba waktunya untuk dipublikasikan, tidak ada lagi edit berulang-ulang.
Artikel rekomendasi Strategi Ampuh Meningkatkan Page Rank Blog.


Dampak salah ketik

Selain itu, fitur preview juga berpengaruh untuk meminimalisir own page views yang dilakukan oleh admin. Dan ternyata, di beberapa kesempatan, tindakan own page views seperti ini tidak disukai google. Terutama google adsense, karena dianggap telah ikut tracking blog milik sendiri. Maka wajar, jika ada rekan-rekan sesama blogger tiba-tiba kena banned tanpa diketahui alasannya, setelah dicek dan ricek, ternyata klik own page views nya terlalu tinggi. Karena seringnya merubah dan mengedit ulang tanpa preview sebelumnya.

Selanjutnya, dampak dari kesalahan ketik dalam tulisan artikel, tentu akan mengurangi bobot keyword yang ada. Tulisan yang salah ketik, tidak akan ikut dirayapi oleh googlebot. Karena tidak dihitung atau tidak dibaca sebagai sebuah kata yang komplit. Jika kesalahan ini berulang-ulang, bisa berakibat pada menurunnya tingkat posisi di hasil pencarian karena kalah bersaing dengan blog lainnya.
Artikel terkait Cara Mengatur Don't Track Your Own Pageviews pada Blog
Dengan demikian, lengkaplah kiranya maksud adanya fitur Preview ini. Blog makin sempurna dengan minimnya kesalahan ketik di tiap-tiap artikelnya, juga meningkatkan kredibilitas admin di mata visitor dan google.

Demikian saran yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat dan sekali lagi, klik Preview dulu sebelum benar-benar klik Publish. Trims and happy weekend.

I am not mastah or newbie, but I am a Blogger.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

comments
Dec 28, 2015, 9:04:00 PM delete

heheeh kebanyakan pada malas review dlu min. enakan langsung publish. maklum orang maunya cepat2 kan, termasuk saya.

Reply
avatar
Dec 29, 2015, 7:48:00 AM delete

@paket: yang penting sudah ada aksi untuk membuat postingan, itu sdh poin plus bagi blogger. soal isi dan konten, biarlah pengunjung yang menilai.

Reply
avatar

Setiap komentar yang masuk akan dimoderasi. So, waspadalah.