50+ Situs Penyedia Foto dan Gambar Gratis


Situs Penyedia Foto dan Gambar Gratis
Manusia adalah makhluk visual. Sehingga wajar, jika mayoritas orang menyukai gambar. Hal ini bisa dibuktikan bahwa mata kita akan mudah mencerna gambar lebih cepat daripada teks biasa. Bahkan hanya dengan satu gambar saja bisa memvisualisasikan rangkaian beberapa kata.

Hal ini menunjukkan bahwa gambar adalah salah satu alat efektif guna menarik perhatian. Maka wajar jika para marketer, baik produk maupun konten, hampir bisa dipastikan mereka menggunakan setidaknya satu gambar di dalam artikel atau postingannya. Mereka sengaja memecahkan perhatian dengan menghadirkan gambar untuk lebih mempermudah topik yang disampaikan.

Pada dasarnya, adanya gambar dalam artikel bukanlah sesuatu yang utama. Namun bukan berarti bisa ditinggalkan begitu saja. Sebab, artikel tanpa gambar akan terasa membosankan. Apalagi artikel yang berisi lebih dari 1000 kata.

Artikel pilihan Trik Agar Visitor Mudah Menemukan Blog Milik Kita.
Ironisnya, tidak semua webmaster maupun marketer menaruh perhatian pada keaslian gambar yang ditampilkannya. Mereka masih menggunakan ‘senjata’ comot sana comot sini. Asal bisa dicopy, kenapa tidak? Lalu klik paste, selesai. Gambarpun muncul dengan cepat.

Maka, dalam kesempatan kali ini, coba bagikan beberapa sumber pencarian gambar atau foto yang benar-benar free alias gratis tanpa bayar namun aman dalam penggunaannya. Tidak tersandung plagiat, pencurian karya, dan lisensi yang ilegal. Tidak berlabel copyright atau memiliki saham royalty tersendiri. Baiklah berikut beberapa situs penyedia foto dan gambar secara gratis.



Situs penyedia gambar gratis

1. Pexels, Situs yang sangat popular untuk menghadirkan gambar yang nol license. Sahabat bisa menggunakan gambar tanpa batas. Bahkan bisa digunakan untuk tujuan komersial. Tidak mengharuskan untuk menyertakan link di dalamnya.

2. Wikimedia Commons, Menghadirkan gambar gratis setiap hari. Dihadirkan dalam bentuk urutan terpopuler.


3. Getty Images, Sumber gambar gratis yang sangat direkomendasikan. Terdapat lebih dari dari 50 juta gambar. Hanya perlu menyalin kode embed yang disediakan, gambar pun sudah bebas untuk disematkan di blog.

4. Public Domain Archive, Berisikan gambar gratis yang sangat menarik, baik kontemporer maupun klasik.


5. Free Images, Terdapat ratusan ribu gambar gratis yang bisa dipilih. Ada pula gambar yang khusus diperuntukkan bagi akun premium. Namun kualitas gambar yang gratis pun sudah sangat mencukupi.


6. Open Photo, Tersedia gambar-gambar dengan kualitas bagus. Sebagian besar tentang alam, cuaca dan seni.


7. New Old Stock, Gambar yang tersedia bernuansa klasik warna hitam putih. Namun jangan sangka, kualitas dan macamnya akan membuat sahabat berdecak kagum. Semua didapatkan secara gratis, baik untuk pribadi maupun komersial.


8. Picography, Sebagian besar gambar yang ditampilkan memiliki kualitas resolusi gambar yang tinggi.

9. Creatice Market, Tersedia gambar yang terbagi dalam beberapa tema. Ada yang gratis, ada pula yang berbayar.

10. Stokpic, Menyediakan gambar dan file vector yang berkualitas. Bisa dipakai untuk pribadi maupun komersial.


11. Foodies Feed, Gambar yang ditampilkan kebanyak tentang makanan dan bahan makanan. Cocok untuk blog bertema kuliner.


12. Stockvault, Gambar yang ditampilkan bernuansa modern dengan penuh warna. Pastikan hanya memilih yang gratis, sehingga tidak perlu mempergunakan izin lisensi.


13. SplitShire, Situs ini menyediakan pilihan donwload secara masal untuk mendapatkan gambar secara gratis. Bisa digunakan untuk keperluan pribadi atau komersial.

14. Deat to The Stock Photo, Mendapatkan gambar setiap bulan dalam jumlah terbatas melalui email. Namun bila ingin mendapatkan jumlah gambar yang lebih banyak, bisa didapat dengan upgrade keanggotaan atau membayar beberapa dollar.


15. Pixabay, Kualitas gambar yang disediakan sangat bagus meski tidak berbayar. Sangat baik untuk para desainer dan arsitektur.

16. Free Photo, Tersedia ribuan gambar gratis, namun memerlukan atribusi dan link.


17. iStock Photo, Gambar yang disediakan cukup banyak dan beragam. Ada kartun, file vektor dan animasi.


18. Gratisography,  Gambar-gambarnya unik. Layak untuk sahabat gunakan sebagai koleksi pribadi, komersial ataupun posting blog.

19. Dreamstime, Terdapat gambar yang berbayar, sehingga pastikan hanya memilih gambar yang gratis pada menu tab yang disediakan.

20. Boss Fight, Koleksi yang dihadirkan sangat banyak. Tampaknya pemilik situs ini mengumumkan dirinya sebagai penyedia gambar paling besar.


21. Flickr Creative Commons, Termasuk tempat pencarian gambar terpopuler. Pastikan hanya gambar yang gratis dan tanpa atribusi serta tanpa lisensi yang dipilih.
 

22. Unsplash, Menyediakan beragam gambar dengan resolusi tinggi. Namun agak sulit untuk mengaksesnya. Pastikan sahabat ikut menjadi subscribernya guna mendapatkan update gambar tiap pekan sekali.
 

23. Photopin, Tersedia gambar beraneka ragam, bersifat umum. Namun ada atribusi yang harus disematkan.

24. A Prettie Web, Seperti namanya. Situs ini menyediakan gambar-gambar yang didominasi kaum hawa. Kombinasi cantik dan pinky adalah dua unsur pokoknya.


25. Picjumbo, Situs ini sangat mudah digunakan. Menu navigasi, tags dan fitur pencarian user friendly.


26. Morguefile, Gambar-gambar yang disediakan sangat unik dan berkualitas. Namun harus disertakan link atribusi sebelum menggunakannya.


27. IM Creator, Tersedia gambar yang berkualitas. Link atribusi juga harus disematkan.

28. Replashed, Meski menu navigasinya tidak menggunakan kotak pencarian, alias harus scroll ke bawah, namun kualitas gambar yang disediakan situs ini sangat bagus.

29. Life of Pix, Setiap sepekan sekali gambar diupdate. Kualitasnya pun tidak kalah dengan gambar premium. Sayang, menu navigasinya kurang bersahabat. Tapi sudah cukup lumayan.

30. Picdan, Aneka macam gambar gratis siap digunakan. Menu navigasinya berbetuk kolom kategori dan kotak pencarian.

31. Frankenfotos, Menyediakan gambar gratis yang dapat digunakan untuk pribadi maupun komersial. Pilihannya terdapat dalam halaman utama.

32. Kaboompics, Gambar-gambar yang disajikan sangat berkualitas. Cocok untuk para desainer.

33. Raumrot, Situs penyedia gambar gratis dengan menu navigasi berbentuk kategori. Sehingga sangat mudah digunakan.

34. Hires Stock, Gambar yang disediakan ada yang gratis dan berbayar. Namun koleksi gambar yang gratis sudah mencukupi untuk keperluan desain.

35. Barn Images, Situs penyedia gambar bisa digunakan untuk apa saja, bahkan dapat diperjualbelikan secara komersial.

36. MMT, Juga menyediakan gambar-gambar yang bisa didapatkan secara gratis dan bisa pula dikomersialkan.

37. Little Visual, Menyediakan gambar alam dan nature berkualitas tinggi. Diupdate setiap pekan sekali.

38. Super Famous, gambar-gambar yang ada dapat diambil secara gratis untuk tujuan pribadi maupun komersial. Bertema alam dan abstak.

39. Start Up Stock Photos, Tema gambar pada situs ini sangat cocok untuk topik teknologi. Kualitasnya bagus dan siap digunakan secara gratis.

40. Magdeleine, Gambar yang disajikan tergolong high contras. Menu navigasi yang mudah, berupa pilihan kategori sesuai selera.

41. Jay Mantri, Gambar yang disediakan umumnya bertema city atau perkotaan, namun dibungkus dengan kualitas yang memadai. Selalu diupdate setiap pekan. Bisa digunakan secara komersial.

42. Stock Snap, Menu navigasi pencarian gambar yang mudah. Situs ini terkenal dengan kekuatan keyword dalam pencarian google. Sangat diisarankan untuk menggunakan gambar dari situs ini untuk mendongkrak hasil di SERP.

43. Iso Republic, Situs penyedia gambar yang bagus buat blog atau toko online. Pilihan kategori dan menu navigasi mudah digunakan.

44. Wefunction, Desain gambarnya sangat trendi. Cocok buat desain dan interior.

45. Bucket Listly, Sangat disarankan untuk blog atau situs travel. Gambar yang ditampilkan beresolusi tinggi yang ditangkap dari belahan penjuru bumi.

46. Cup Cake, Situs yang menyediakan gambar yang bertemakan fotografi alam. Bisa digunakan untuk keperluan pribadi atau komersial secara gratis.

47. Get Refe, Situs penyedia gambar berkualitas tinggi. Bertemakan perkotaan. Dan fasilitas menu navigasi yang user friendly.

48. Free Media Goo, Menyediakan ribuan gambar gratis tanpa atribusi dan link. Semua gratis untuk pribadi maupun komersial.

49. Photogen, Semua gambar yang disediakan gratis dengan kualitas tinggi. Namun hanya digunakan nuntuk keperluan pribadi, tidak untuk komersial.

50. Every Stock Photo, Situs yang disajikan gratis dan bebas atribusi. Menu pencarian yang terintegrasi dengan sangat baik, sehingga mudah digunakan.

51. Free Photos Bank, Sahabat bisa mengunduh gambar-gambar dalam situs ini. Sangat cocok digunakan unhtuk situs, blog maupun buku. Namun tidak diperbolehkan untuk dijual kembali, atau diubahsesuaikan.

52. Fotolia, Dalam situs ini, selain mendapatkan gambar secara gratis, sahabat juga bisa menhasilkan uang melalui upload.
Untuk optimasinya silakan simak 7 Cara Optimalisasi Image agar Lebih SEO Friendly.
Jika image thumnail tidak muncul dalam homepage, ini triknya Image Thumbnail Tidak Muncul di Homepage, Ini Solusinya.

Demikian situs-situs pencarian gambar gratis yang bisa saya bagikan. Sengaja saya ulas secara singkat mengingat jumlahnya yang cukup banyak. Bila sahabat memiliki referensi yang lain, jangan ragu untuk berbagi melalui blog ini. Masukkan ke dalam komentar. Terima kasih atas responnya.

6 comments