Tips Memperbaiki Duplicate Meta Descriptions pada Blog


Meta descriptions merupakan rangkaian kata yang disematkan dan menempel pada blog yang berfungsi untuk menjelaskan isi dan tema blog secara ringkas. Meta descriptions yang baik dan sesuai keyword blog akan memiliki tambahan peran guna memperkuat hasil pencarian di mesin pencari.

Fungsi meta descriptions

Struktur meta descriptions ini akan mempermudah googlebot dalam merayapi semua laman blog. Bisa diibaratkan, bahwa meta description ini seperti jembatan penghubung antar wilayah. Dan googlebot layaknya semua yang melewati jembatan tersebut, entah orang, mobil, dan lainnya. Struktur jembatan yang baik dan kokoh akan mampu menghantarkan siapa saja yang melawati jembatan tersebut dengan selamat.

Salah satu yang membuat googlebot terhambat dalam menelusuri laman blog adalah adanya dua atau lebih meta descriptions yang ada. Artinya terjadi duplikasi meta descriptions. Maka jika demikian adanya, akan berpengaruh pada SEO blog di mata search engine. Bagaimana hal itu bisa terjadi? Mari kita simak uraian selanjutnya.

Analisa webmaster tools

Saya akan memberikan contoh hasil duplicate meta descriptions pada sebuah blog. Contoh ini didapatkan dari hasil analisa pada google webmaster tools. Cara melihat link post atau postingan yang memiliki duplikasi meta descriptions adalah masuk ke webmaster tools, lalu klik HTML Improvements pada bilah menu Search Appearance. Silakan lihat screenshot di bawah ini.
Cara Memperbaiki Duplicate Meta Descriptions pada Blog
Pada contoh di atas terdapat 11 duplikasi meta descriptions. Untuk melihat link secara lengkap, silakan klik untuk unhide semua link yang terdapat meta descriptions yang sama.

Duplikasi meta descriptions di homepage dan postingan

Pernah saya ulas mengenai cara membuat meta descriptions yang benar pada blog. Dan perlu diperhatikan di sini, bahwa terdapat perbedaan antara diskripsi blog dan diskripsi postingan. Keduanya tidak boleh sama. Jika keduanya sama, maka yang terjadilah duplikasi meta descriptions tersebut.

Untuk menampilkan meta descriptions pada homepage blog, bisa digunakan kode meta tags berikut di bawah <head> pada Edit HTML pada menu Template Blogger.

<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
<meta content=' TULIS DISKRIPSI DISINI ' name='description'/>
<meta content=' KEYWORD ' name='keywords'/>
</b:if>

Ganti TULIS DISKRIPSI DISINI dengan diskripsi blog yang dikehendaki. Atau bisa pula dengan mengisi diskripsi pada jalur menu Search Preferences pada bilah menu Setting Blogger.
Cara Memperbaiki Duplicate Meta Descriptions pada Blog
Klik Yes pada Enable search preferences. Lalu isi diskripsinya. Hasil dari pengaturan ini akan tertera pada hasil penelusuran google. Letaknya di bawah judul blog atau judul postingan.

Disinilah letak perbedaannya. Bahwa jika postingan tidak diberi diskripsi pada search preferences nya, maka yang muncul adalah meta descriptions seperti pada homepage blog. Maka terjadilah duplikasi meta descriptions itu. Atau bisa pula terjadi apabila search preferences ditulis sama persis dengan meta descriptions homepage blog.

Cara memperbaiki duplicate meta descriptions blog

Sehingga, solusi untuk menghilangkan duplikasi ini adalah mengganti meta descriptions pada search descriptions pada postingan blog. Caranya adalah kembali ke hasil analisa webmaster tools tentang duplicate meta descriptions. Lalu klik tautan postingannya satu persatu. Kemudian lakukan secara manual untuk mengganti serach preferences.
Cara Memperbaiki Duplicate Meta Descriptions pada Blog
Jika sudah selesai, refresh hasil analisa webmaster tersebut. Apabila masih belum berubah, silakan tunggu beberapa saat atau beberapa hari tergantung sering tidaknya blog tersebut dirayapi googlebot.

Demikian artikel seputar duplicate meta descriptions pada blog. Semoga bisa membantu. Dan jika ada solusi lain, silakan ikut berbagi di sini. Trims atas perhatian dan responnya.

2 comments