Meletakkan Kode Script dan Text Area dengan Tombol Highlight


Dalam dunia blogging, pasti membutuhkan script dalam postingan. Terutama blog yang fokus pada cara atau tutorial membuat sesuatu. Termasuk blog tutorial blogging ini. Kode yang disematkan pada postingan terkadang sangat banyak, sehingga membutuhkan ruang khusus agar lebih efisien. Jika kode itu dibiarkan tanpa memakai text area, maka tampilan kode akan memenuhi area postingan. Tentunya akan menurunkan tampilan blog itu sendiri.

Tutorial kali ini akan membagi trik membuat kode script dan text area dengan fasilitas tombol highlight. Fungsi dari tombol highlight ini adalah untuk mempermudah pembaca yang ingin menyalin kode tersebut. Hanya tekan tombol, semua kode telah tersorot dan tinggal mengcopy-nya. Baik, berikut caranya.

Cara Meletakkan Kode Script dan Text Area dengan Tombol Highlight

1. Buka News Post, buat postingan awal seperti biasa. Siapkan kode atau text yang ingin disematkan. Copy kode berikut :

<div><form name="copy"><div align="center"><input onclick="javascript:this.form.txt.focus();this.form.txt.select();" type="button" value="Highlight All"> </div><div align="center"></div><p align="center"><textarea style="WIDTH: 468px; HEIGHT: 100px" name="txt" rows="100" wrap="VIRTUAL" cols="55" readonly="">LETAKKAN TEXT DI SINI, AKAN MUNCUL SCROLL JIKA TEXT TERLALU PANJANG</textarea></p></div></form>

2. Lalu alihkan area Compose ke area HTML, pastekan kode di atas. Ganti tulisan warna merah dengan teks yang ingin dicantumkan. Warna biru diganti menyesuaikan besar kecilnya kotak area. Width untuk lebar. Height untuk tinggi. Hasilnya akan seperti berikut :
Demikian, tutorial trik meletakkan kode script dan text area dengan tombol highlight. Semoga bermanfaat untuk sahabat blogging semua.

0 comments