Daftar Situs Terbaik Penyedia Layanan URL Shortener

Daftar Situs Terbaik Penyedia Layanan URL Shortener
URL shortener merupakan sebuah tools yang fungsinya adalah untuk memendekkan alamat url website atau blog. Sehingga alamatnya menjadi lebih pendek dan ringkas. Pada umumnya, alamat post link pada website atau blog lebih panjang dari alamat homepagenya. Ini terkait dengan jumlah keyword yang terdapat pada judul.

Mengapa harus diringkas?

Bagi seorang admin blog, biasanya masih berkutat bagaimana caranya menyebarkan artikel blognya agar menjadi viral dan populer. Dengan tujuan untuk menjaring visitor. Salah satunya menggunakan sosial media, seperti facebook, twitter, google plus, dan lain-lain. Beberapa media sosial memberikan maksimal penulisan teks status hanya beberapa karakter saja, seperti twitter maksimal twitnya sejumlah 140 karakter. Sehingga agar semua kata-kata status berikut alamat url postingan bisa masuk semua, maka dipendekkanlah url tersebut.

Apa dampaknya?

Timbul pertanyaan, bahwa saat url asli yang panjang kemudian diganti dengan url yang lebih ringkas dan notabene url yang lebih ringkas tersebut sangat berbeda dengan hasilnya, apakah memberikan dampak pada alamat tujuan? Jangan-jangan saat diklik, url tersebut menuju ke alamat lainnya? Jawabnya adalah Tidak. Tidak berpengaruh sama sekali. Url yang telah diringkas akan tetap mengarahkan ke alamat yang asli. Memang ada beberapa yang mengarahkan ke situs tertentu sebelum akhirnya diarahkan ke url aslinya. Pada intinya, tidak berdampak buruk, alias aman.

Manfaat url shortener

Ada beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan saat memakai url yang telah dishort. Pertama, seperti yang sudah saya sampaikan, yakni tidak memakan banyak ruang. Kedua, menyembunyikan alamat url asli agar tidak mudah dikenali lebih awal oleh calon pembaca. Hal ini sangat bermanfaat terutama bagi yang memakai website affiliate atau url yang berisi iklan sebuah produk. Ketiga, bisa mendapatkan penghasilan tambahan melalui url shortener ini. Sebab beberapa diantara website yang menyediakan layanan ini memberikan fee kepada setiap anggota yang berhasil menyebarkan url yang telah dishort oleh website tersebut. Dan tentu masih ada manfaat lainnya.

Cara membuat url shortener

Sampel pembuatannya akan mengambil contoh dari salah satu website url shortener dari google, yakni https://goo.gl/. Berikut tahap-tahapnya.
1. Letakkan url yang akan dishort ke dalam kotak yang tersedia.
2. Klik shorten URL.
3. Hasil url yang telah dishort. Silakan copy (Ctrl+C) url tersebut.


Setelah dishort menjadi http://goo.gl/AqmhS6.
Bila semua diklik, maka akan mengarah ke satu tujuan yang sama.

Daftar Situs Terbaik Penyedia Layanan URL Shortener

Baiklah demikian cara memendekkan alamat url dengan url shortener. Selanjutnya silakan memendekkan alamat url dengan menggunakan layanan url shortener dari beberapa website berikut. Untuk cara-caranya hampir mirip dengan url shortener dari google seperti contoh di atas.
** Copy situs berikut, lalu pastekan ke dalam browser.

http://y.ahoo.it/
https://bitly.com
bit.do/
tinyurl.com/
tiny.cc/
yourls.org/
https://tr.im/
https://bitly.com/
www.vanityurlshorteners.com/
http://adf.ly/
http://www.make.my/
http://miniurl.com/
http://pendek.in/
http://urlcutter.com/
http://urlcut.com/
http://tweetl.com/
http://tubeurl.com/
http://tighturl.com/
http://www.starturl.com/
http://snipurl.com/
http://shurl.net/
http://shrinkurl.us/
http://shoturl.us/
http://shorterlink.com/
http://rubyurl.com/
http://nutshellurl.com/
http://notlong.com/
http://memurl.com/
http://www.get-url.com/
http://easyurl.net/
http://www.canurl.com/


Demikian ulasan seputar url shortener dan daftar situs penyedia layanan url shortener. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Jika ada link atau tautan yang error atau broken, silakan untuk ikut meralatnya melalui respon ke dalam komentar. Terima kasih

3 comments