Daftar Seo Tools Gratis Terbaik untuk Optimalisasi Blog

Daftar Seo Tools Gratis Terbaik untuk Optimalisasi Blog
Daftar Seo Tools Gratis Terbaik untuk Optimalisasi Blog - Search Engine Optimization atau biasa dikenal dengan istilah SEO merupakan upaya visibilitas website dalam mesin pencari. Semakin sering dikunjungi, maka peringkatnya pun akan naik. Demikian pula, apabila sebuah web atau blog mampu berada di posisi awal halaman pencarian, maka peluang mendapatkan kunjungan trafik semakin besar.

Sebagai strategi pemasaran Internet, SEO mempertimbangkan bagaimana mesin pencari bekerja, apa yang dicari orang, istilah pencarian yang sebenarnya atau kata kunci yang diketik ke dalam mesin pencari dan mesin pencari yang lebih disukai oleh pengguna yang ditargetkan. Mengoptimalkan website, konten, kode HTML, kata kunci spesifik dan menghilangkan hambatan mesin pencari dalam melakukan aktifitas perayapan.

Maka, sebagai admin blogger merasa sangat perlu untuk (minimal) mengetahui alat-alat atau tools apa saja yang harus (wajib) dipakai untuk mengoptimalkan SEO blog miliknya. Pada tataran selanjutnya, bukan hanya pengetahuan yang didapat, namun adanya action langsung terjun mendalami tools tersebut. Tujuan utama adalah membuat blog semakin baik di mata mesin pencari. Berikut beberapa tools yang disediakan gratis dengan opsi berbayar, yang bisa kita gunakan untuk mengoptimalkan blog kita.

Daftar Seo Tools Gratis Terbaik

Google keyword planner

Gunakan tools ini untul merencanakan penggunaan kata kunci atau keyword yang tepat untuk blog.

Google analytics

Google analytics merupakan tools paling populer guna menganalisa keseluruhan sisi blog, baik dari segi trafik, jumlah kunjungan, real time visitor, demografi, geo targetting dan lain-lain. Silakan simak Cara Daftar dan Memasang Kode Google Analytics di Blog.

Google page speed insight

Tools yang digunakan untuk memperbaiki kecepatan halaman web. Kecepatan loading page sangat erat korelasinya dengan peringkat di mesin pencarian.

Google SERP Snippet Optimization Tools

Tools yang digunakan untuk tampilan web di mesin pencarian, seperti struktur data, review bintang dan sebagainya.

Google trends

Tools yang berguna untuk mengetahui tema populer pada mesin pencarian. Sehingga dengan menggunakannya akan menambah ide pembuatan keyword postingan.

Google webmaster

Tools yang sangat populer guna mempercepat pengideks-an web. Selengkapnya silakan simak

Bing webmaster tools

Memiliki kemiripan fungsi pada google webmaster. Sahabat bisa menyimak seputar Bing webmaster ini

Get listed

Tools yang sangat baik guna mengetahui berapa score SEO pada sebuah web. Tools ini memberikan layanan next steps untuk meningkatkan score.

Copyscape

Tools untuk mendeteksi adanya pelanggaran plagiarism konten dan duplikasi konten. Tools yang sangat bagus untuk meminimalisir tindak penyontekan artikel.

SEO toolbar

Salah satu tools yang banyak digemari admin web. Tools ini menyediakan informasi yang komplet terkait kondisi sebuah web.

SEOQuake

Tools yang bisa diakses melalui add ons firefox dan ekstensi google chrome ini terbilang efektif dalam menyediakan informasi tentang web yang terbuka pada browser.

Sitemap Generators

Tools paling dicari untuk membuat sitemap web atau blog. Buat sitemap-nya, lalu submit ke google dan bing webmaster.

XML Sitemaps

Mirip dengan google sitemap, tools ini juga mempermudah admin membuat sitemap kapan pun dengan sangat cepat.

Ahrefs

Salah satu tools link research dan link building yang sangat lengkap.

SEMrush

Tools yang sangat baik digunakan untuk merencanakan keyword dan meneliti iklan kompetitor.

Demikianlah tools terbaik dan gratis yang bisa digunakan untuk mengopstimalkan blog. Semoga bermanfaat.

3 comments